Comscore Tracker

Jokowi Minta BMKG Petakan Daerah Bencana 2023

"Segerakan bantuan-bantuan kemanusiaan."

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta kepada jajarannya untuk memastikan warga yang terdampak bencana mendapat bantuan secara merata. Hal itu dilakukan agar korban bencana merasa negara hadir di tengah kesulitan mereka.

"Memastikan negara betul-betul hadir dan segerakan bantuan-bantuan kemanusiaan, dan juga segerakan rekonstruksi bangunan yang terdampak gempa maupun bencana lainnya," ujar Jokowi di sidang kabnet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Selasa (6/12/2022).

Baca Juga: Jokowi Instruksikan Sekolah yang Rusak di Cianjur Segera Diperbaiki

1. Jokowi juga minta BMKG untuk memetakan daerah rawan bencana 2023

Jokowi Minta BMKG Petakan Daerah Bencana 2023Presiden Jokowi memimpin sidang kabinet pada Selasa (5/4/2022). (dok. Sekretariat Presiden)

Mantan Gubernru DKI Jakarta itu juga meminta kepada Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk memetakan daerah rawan bencana 2023. Dengan adanya peta rawan bencana, diharapkan ada antisipasi yang bisa dilakukan masyarakat dan pihak terkait.

"Antisipasi bencana, cuaca, ekstrem dan yang berkaitan dengan keselamatan lalu lintas, agar kita semuanya memberikan perhatian, memaksimalkan informasi cuaca dari BMKG sebagai peringatan dini, dan juga mitigasi bencana di seluruh daerah yang memiliki potensi bencana harus diperhatikan," ucap dia.

Baca Juga: Jokowi Pastikan Rumah Warga Cianjur Direlokasi ke Daerah Aman

2. Jokowi minta waspada terkait dengan krisis keuangan

Jokowi Minta BMKG Petakan Daerah Bencana 2023Presiden Jokowi memimpin sidang Kabinet di Istana Negara, Jakarta, Selasa (6/12/2022). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Jokowi juga mengingatkan kepada jajarannya untuk waspada terhadap krisis keuangan. Dia meminta jajarannya untuk menghitung secara cermat pengeluaran.

"Kemudian juga krisis pangan, hati-hati mengenai ini. Karena nanti bisa larinya ada masalah sosial dan politik. Sehingga, utamanya yang berkaitan dengan beras betul-betul hitung-hitungannya itu," kata dia.

3. Jokowi minta harga beras diperhatikan

Jokowi Minta BMKG Petakan Daerah Bencana 2023Presiden Jokowi memimpin sidang Kabinet di Istana Negara, Jakarta, Selasa (6/12/2022). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Jokowi meminta agar harga beras diperhatikan. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kenaikan harga beras.

"Hitung-hitungan lapangan, jangan sampai perhitungan kita baru, sehingga kita tidak menyiapkan resource cadangan dan pada suatu titik cadangan kita habis dilihat oleh pedagang dan akhirnya harga beras pasti akan naik. Ini supply dan demand pasti akan menyimpulkan itu," imbuhnya.

Baca Juga: Serahkan Bantuan, Dirut Pertamina Sambangi Posko Korban Gempa Cianjur

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya