Jokowi Resmikan Akses Evakuasi Merapi di Wilayah Muntilan-Keningar

Warga apresiasi perbaikan jalan evakuasi Gunung Merapi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo ditemani Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, meresmikan Inpres Jalan Daerah Ruas Muntilan-Keningar, Sukomakmur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Jalan itu merupakan akses evakuasi apabila Gunung Merapi terjadi erupsi.

"Ruas Muntilan-Keningar, Sukomakmur ini merupakan akses evakuasi untuk Merapi, sehingga perlu saya lihat, saya tinjau dan sudah selesai," ujar Jokowi dalam pernyataannya di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (22/1/2024).

Baca Juga: Istana Tegaskan Jokowi Kunker ke Jateng Tak Ada Kaitan Pilpres 2024

1. Pemerintah total sediakan anggaran inpers jalan daerah sebesar Rp14,6 triliun

Jokowi Resmikan Akses Evakuasi Merapi di Wilayah Muntilan-KeningarPresiden Jokowi resmikan Inpres Jalan Daerah Ruas Muntilan-Keningar, Sukomakmur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah (dok. Sekretariat Presiden)

Jokowi menjelaskan, pemerintah total menyediakan anggaran inpers jalan daerah pada 2023 sebesar Rp14,6 triliun. Menurutnya, Pemprov Jawa Tengah sudah mengeluarkan Rp1,36 triliun untuk memperbaiki 40 ruas jalan, termasuk Muntilan-Keningar.

"Di Kabupaten Magelang dibangun empat ruas jalan sepanjang 18,2 kilometer dengan biaya Rp31,9 miliar," kata dia.

Baca Juga: Jokowi Kunker ke Salatiga Ditemani Iriana, Bagi Bansos dan Kunjungi RSUD

2. Jalan evakuasi dibangun menggunakan rigid beton

Jokowi Resmikan Akses Evakuasi Merapi di Wilayah Muntilan-KeningarPresiden Jokowi meresmikan Inpres Jalan Daerah Ruas Muntilan-Keningar, Sukomakmur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah (dok. Sekretariat Presiden)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, jalan evakuasi Gunung Merapi itu dibuat bukan dengan aspal, tapi menggunakan rigid beton. Menurutnya, hal itu bisa lebih awet.

"Karena yang lewat di sini adalah truk-truk pasir besar-besar sehingga dibangun dengan rigid beton. Kita harapkan ini lebih awet dan juga ruas-ruas jalan yang ada di Jawa Tengah lebih mulus, lebih baik lagi. Besok saya akan melihat beberapa ruas yang lainnya," beber dia.

3. Warga beri apresiasi

Jokowi Resmikan Akses Evakuasi Merapi di Wilayah Muntilan-KeningarPresiden Jokowi resmikan Inpres Jalan Daerah Ruas Muntilan-Keningar, Sukomakmur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah (dok. Sekretariat Presiden)

Warga kemudian mengapresiasi pemerintah yang sudah memperbaiki akses Jalan Muntilan-Keningar. Warga kini bisa melewati jalan tersebut dengan nyaman.

"Alhamdulillah wa syukurilah, puji tuhan sekarang jalan sudah bagus, sudah baik enggak berlubang-lubang, jadi semua akses untuk ekonomi lancar semua," ujar salah seorang warga Ani.

Menurutnya, akses jalan tersebut sangat bermanfaat. Terlebih, Gunung Merapi kini sering erupsi.

"Dari Gunung Merapi kan tiap hari sekarang hampir erupsi jadinya sewaktu-waktu kalau Gunung Merapi itu meletus bisa gampang untuk evakuasi warga," kata Ani.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya