Jokowi Resmikan Tol Ciawi-Sukabumi Ruas Cigombong-Cibadak

Pembangunan menggunakan anggaran Rp3,2 triliun

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meresmikan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak pada Jumat (4/8/2023). Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan tol yang baru diresmikannya memiliki panjang 11,9 kilometer.

"Ruas ini menelan anggaran biaya Rp3,2 triliun," ujar Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 Ditargetkan Rampung Desember 2022

1. Jokowi harap mobilitas masyarakat dan barang bisa lebih cepat

Jokowi Resmikan Tol Ciawi-Sukabumi Ruas Cigombong-CibadakPresiden Jokowi meresmikan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak, pada Jumat (4/8/2023) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi berharap dengan adanya Tol Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong Cibadak mobilitas masyarakat dan barang bisa lebih cepat.

"Dengan selesainya ruas jalan ini, nanti kalau kita ke Pelabuhan Ratu, ke Cireteu, ke Ujung Genteng, ke Gunung Gede yang sebelumnya dari Jakarta kalau ke Sukabumi itu memakan waktu sampai 5 jam, kadang bisa sampai 6 jam, sekarang dengan adanya jalan tol ini hanya kurang lebih 2,5 jam. ini akan mempercepat mobilitas orang, mempercepat mobilitas barang," ucap dia.

Baca Juga: Viral Penumpang Taksi Online Jakarta-Ciawi Tidak Bayar, Berujung Damai

2. Jokowi harap investasi di Jawa Barat semakin meningkat

Jokowi Resmikan Tol Ciawi-Sukabumi Ruas Cigombong-CibadakPresiden Jokowi meresmikan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak, pada Jumat (4/8/2023) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Lebih lanjut Jokowi juga berharap, nilai investasi di Jawa Barat juga bisa meningkat dengan adanya Tol Ciawi-Sukabumi. Menurutnya, jalan tol terbanyak ada di Jawa Barat.

"Karena dari survei para investor yang ada kenapa di Jawa Barat, Provinsi Jawa Barat menduduki ranking yang pertama untuk investasi, alasannya yang pertama karena jalan, jalan tol yang ada di Jawa Barat itu yang paling banyak dibangun," kata dia.

3. Tarif tol Jakarta Sukabumi 2023 via Bocimi

Jokowi Resmikan Tol Ciawi-Sukabumi Ruas Cigombong-CibadakIDN Times/Toni Kamajaya

Ruas Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) membentang sepanjang 54 km. Tol Bocimi terbagi menjadi empat seksi, yaitu Seksi 1 Ciawi-Cigombong (15 km), Seksi 2 Cigombong-Cibadak (11,9 km), Seksi 3 Cibadak-Sukabumi (13,7 km), dan Seksi 4 Sukabumi Barat-Sukabumi Timur (13 km).

Berikut tarif Tol Bocimi 2023:

  • Golongan I: Rp14.000
  • Golongan II: Rp21.000
  • Golongan III: Rp21.000
  • Golongan IV: Rp28.000
  • Golongan V: Rp28.000

Baca Juga: Sejarah Jalan Tol di Indonesia, Jagorawi Jadi Pionir

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya