Jokowi soal Golkar-PAN Dukung Prabowo: Urusan Parpol, Saya Presiden

Jokowi mengaku tidak ada pembahasan politik

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengaku tidak ada urusan dengan dukungan yang diberikan Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) kepada Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) 2024.

"Ya itu urusannya partai-partai lah. Urusannya Golkar, urusannya PAN, urusannya Gerindra, urusannya PKB. Itu urusannya partai-partai," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/8/2023).

Baca Juga: Gerindra: Dukungan Golkar-PAN ke Prabowo untuk Lanjutkan Pembangunan

1. Jokowi mengaku tak ada pembicaraan politik dengan Golkar dan PAN

Jokowi soal Golkar-PAN Dukung Prabowo: Urusan Parpol, Saya PresidenPresiden Jokowi saat berbincang santai dengan tim IDN Times di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (25/11/2022). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengaku tidak ada pembahasan politik dengan Golkar dan PAN sebelum memutuskan mendukung Prabowo.

"Ndak, ndak. Itu urusan mereka. Urusan koalisi, urusan kerja sama. Saya bukan ketua partai, saya Presiden," kata dia.

Baca Juga: Cak Imin Ditanya Gerindra soal Golkar-PAN Gabung: Asal Cawapres Saya

2. Golkar dan PAN resmi deklarasi dukung Prabowo Capres 2024

Jokowi soal Golkar-PAN Dukung Prabowo: Urusan Parpol, Saya PresidenDeklarasi Golkar dan PAN dukung Prabowo Subianto jadi Capres 2024 (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya, Golkar dan PAN resmi mendeklarasikan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto sebagai Capres 2024. Deklarasi itu disampaikan di Museum Naskah Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat.

Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto, terlebih dulu menyampaikan dukungannya kepada Prabowo.

"Partai Golkar memberikan dukungannya kepada Bapak Letnan Jenderal (Purn) Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden 2024-2029," ujar Airlangga, Minggu (13/8/2023).

Baca Juga: Waketum Gerindra: Marzuki Alie dan Jimly Asshidiqie Aktif di Gerindra 

3. Alasan Golkar dan PAN dukung Prabowo

Jokowi soal Golkar-PAN Dukung Prabowo: Urusan Parpol, Saya PresidenDeklarasi Golkar dan PAN dukung Prabowo Subianto jadi Capres 2024 (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas) juga menyampaikan deklarasi partainya mendukung Prabowo Subianto sebagai Capres 2024.

"Melalui pertimbangan yang matang, DPP PAN telah memutuskan untuk memberikan calon presiden periode 2024-2029 kepada Letnan Jenderal (Purn) Prabowo Subianto. Semoga Allah SWT meridai apa yang telah kita sepakati apa yang kita putuskan," kata Zulhas.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Golkar dan PAN Susul PKB-PBB Dukung Prabowo, Siapa Cawapresnya?

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya