Jokowi Tak Pakai Baju Adat di Upacara Penurunan Bendera HUT ke-78 RI

Presiden dan Wapres mengenakan setelan jas

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo tidak menggunakan pakaian adat di upacara penurunan bendera peringatan HUT ke-78 RI di Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis (17/8/2023). Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga tidak mengenakan pakaian adat.

Keduanya kompak menggunakan setelan jas. Jokowi mengenakan setelan jas biru dongker dan dasi merah, lengkap dengan peci hitam.

Dalam upacara pengibaran bendera pagi tadi, Presiden Jokowi mengenakan baju adat Ageman Songkok Singkepan Ageng, Surakarta. Sementara, Wapres Ma'ruf mengenakan baju adat dari Sumatra Barat.

Paskibraka yang bertugas saat upacara penurunan bendera adalah Tim Indonesia Jaya. Keyla Azzahra Purnama yang merupakan perwakilan dari Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih.

Anggota Paskibraka yang bertugas menurunkan bendera adalah Frans Timothy Prawira Siallagan yang mewakili Provinsi Lampung. Sementara pembentang bendera adalah Made Guruh Anggara Putra dari Provinsi Bali, dan pengerek bendera adalah Shiam Al Ghiffary Panjiyoga dari Jawa Barat.

Komandan upacara penurunan bendera adalah Kombes Pol Victor Dean Mackbon, yang merupakan Kapolresta Jayapura Kota, Polda Papua.

Kemudian untuk Komandan Kompi Paskibraka ialah Kapten Pom Herlan Auriza, yang bertugas sebagai Danunitpom Puspomau.

Brigadir Jenderal TNI Arkamelvi Karmani akan kembali bertindak sebagai Perwira Upacara.

Baca Juga: Pasukan Upacara HUT ke-78 RI Mendadak Berjoget di Hadapan Jokowi

Baca Juga: Kahitna Hibur Tamu Undangan HUT ke-78 RI, Jokowi Ternyata Ikut Nonton

Baca Juga: Seperti Raja Zaman Dulu, Jokowi Pakai Baju Adat Ini di HUT 78 RI

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya