Kata Paspampres soal Viral Spanduk Emak-Emak Dirampas Saat Ada Jokowi

Paspampres membantah

Jakarta, IDN Times - Sebuah video perampasan spanduk yang dibentangkan seorang emak-emak ketika kedatangan Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Pasar Gelugur, Kabupaten Labuhan Batu, Sumatra Utara, Jumat (15/3/2024) viral di media sosial.

Dalam video itu, terlihat seorang pria mengenakan baju merah merampas spanduk bertuliskan 'Kami mau sehat, tidak dicemari PT PPSP.'

Asintel Paspampres, Kolonel Kav Herman Taryaman, membantah perampasan spanduk tersebut dilakukan oleh anggotanya.

"Apabila kita perhatikan, dalam video yang beredar di media sosial (medsos), terkait adanya seseorang yang berbaju sipil warna merah lengan panjang merebut spanduk dari warga, kami yakinkan itu bukan anggota Paspampres," ujar Herman dalam keterangannya, Senin (18/3/2024).

Baca Juga: Program Hilirisasi Jokowi Berkontribusi pada Kemiskinan Perempuan

1. Paspampres gunakan seragam resmi

Kata Paspampres soal Viral Spanduk Emak-Emak Dirampas Saat Ada JokowiIlustrasi Paspampres (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Menurutnya, setiap Paspampres yang sedang bertugas wajib menggunakan baju resmi. Sementara, pria yang merebut spanduk emak-emak itu hanya mengenakan baju merah biasa.

"Dalam setiap pelaksanaan tugasnya Paspampres menggunakan seragam resmi dilengkapi dengan tanda pengenal berupa pin yang menempel di kerah baju," kata dia.

Baca Juga: Sidang HAM PBB Singgung Netralitas Jokowi, Timnas AMIN: Harusnya Malu

2. Paspampres yang sedang bertugas gunakan baju warna biru

Kata Paspampres soal Viral Spanduk Emak-Emak Dirampas Saat Ada JokowiMobil Presiden Jokowi dikawal Paspampres (IDN Times/Juliadin)

Saat itu, Paspampres yang bertugas mengamankan Jokowi di Pasar Gelugur menggunakan baju biru.

"Saat melaksanakan tugas pengamanan obyek VVIP Presiden RI Joko Widodo di Pasar Gelugur, Kabupaten Labuhan Batu, Paspampres menggunakan baju resmi tacktickal lengan panjang warna biru untuk main group dan baju resmi tacktical lengan pendek warna merah marun untuk tim advance," ujar dia.

Baca Juga: Paspampres Alami Cedera Setelah Ditabrak Begal di Bekasi

3. Paspampres fokus pengamanan VVIP

Kata Paspampres soal Viral Spanduk Emak-Emak Dirampas Saat Ada JokowiPresiden Jokowi dan ibu negara Iriana Jokowi olahraga di CFD Solo dengan pengawalan paspampres. (Dok Humas Pemprov Jateng)

Herman menerangkan, tugas Paspampres berdasarkan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Pengamanan VVIP adalah melaksanakan tugas dengan cara pengamanan fisik jarak dekat terhadap VVIP.

"Kami sampaikan sekali lagi bahwa tugas Paspampres fokus terhadap pengamanan fisik jarak dekat terhadap VVIP," imbuhnya.

Baca Juga: Kasus Pungli Rutan Rp6,3 M, Eks Pegawai Minta Pimpinan KPK Dipecat

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya