Komentar Jokowi soal Johnny Plate Kembali Diperiksa Kejagung 

Jokowi minta semua pihak hormati proses hukum

Jakarta, IDN Times - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate kembali akan menjalani pemeriksaan di Kejaksaan Agung (Kejagung) terkait dugaan korupsi penyediaan menara Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastuktur pendukung 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kominfo. Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengaku menghormati proses hukum yang sedang dijalani Plate.

"Ya, kita hormati, semua proses kita hormati, kepada siapapun," ujar Jokowi di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (15/3/2023).

Baca Juga: Kejagung Dalami Kemungkinan Johnny G Plate Tersangka Korupsi Kominfo

1. Plate dijadwalkan diperiksa lagi pada Rabu, 15 Maret 2023

Komentar Jokowi soal Johnny Plate Kembali Diperiksa Kejagung Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate (kominfo.go.id)

Diketahui, Johnny kembali menjalani pemeriksaan pada Rabu (15/3/2023). Johnny juga pernah diperiksa pada Selasa (14/2/2023) lalu.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Ketut Sumedana, mengatakan, pemeriksaan kedua kalinya itu bakal digelar di Kejagung, Jakarta Selatan.

“Jam 09.00 WIB menurut jadwal,” kata Ketut saat dihubungi.

Baca Juga: Kejagung Dalami Peran Adik Johnny G Plate di Kasus Korupsi Kominfo

2. Kejagung bakal dalami kemungkinan Johnny jadi tersangka

Komentar Jokowi soal Johnny Plate Kembali Diperiksa Kejagung Menkominfo Johnny G Plate. (instagram.com/johnnyplate)

Dalam pemeriksaan kali ini, Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Dirdik Jampidsus) Kejagung, Kuntadi, mengatakan, Kejagung bakal mendalami kemungkinan Menteri Plate jadi tersangka.

“Terkait dengan kapasitas beliau apakah jadi tersangka atau tidak, kami masih mendalami. Oleh karena itu, hasil pemeriksaan pertama setelah kita evaluasi ternyata masih perlu dilakukan pendalaman-pendalaman. Hari Rabu besok untuk cari bukti, konfirmasi alat bukti yang lain yang kita kumpulkan,” kata Kuntadi di Kejagung, Senin (13/3/2023).

Oleh karena itu, Johnny akan dimintai penjelasan tentang pengawasan dan pertanggungjawaban sebagai pengguna anggaran di Kominfo.

“Di dalam perkara ini, terdapat kemahalan dan kemahalan tersebut berasal dari hasil permufakatan jahat. Jadi, kami ingin tahu sejauh mana sih fungsi-fungsi pengawasan itu dilaksanakan,” kata dia.

Baca Juga: Adik Johnny G Plate Kembalikan Rp534 Juta dalam Kasus Korupsi Kominfo

3. Kejagung juga akan mendalami fasilitas yang didapat oleh adik Menkominfo Johnny

Komentar Jokowi soal Johnny Plate Kembali Diperiksa Kejagung Ilustrasi Gedung Kejaksaan Agung (Dokumentasi Kejaksaan Agung)

Selain meminta penjelasan tentang pengawasan dan tanggungjawab, Kejagung juga bakal mendalami soal fasilitas yang dinikmati adiknya, Gregorius Alex Plate (GAP).

"Kami juga ingin tahu fasilitas yang telah dinikmati oleh Saudara GAP, adik yang bersangkutan, apakah itu terkait dengan jabatan yang bersangkutan atau tidak," ujar Kuntadi.

Baca Juga: Kasus Bakti Kominfo, Menkominfo Johnny Plate Dicecar 51 Pertanyaan

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya