NasDem Gelar Apel Siaga di GBK, Tak Undang Jokowi dan Relawan Anies

Relawan Anies juga tidak diundang

Jakarta, IDN Times - DPP Partai NasDem akan menggelar Apel Siaga Perubahan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Minggu (16/7/2023). Wakil Ketua Umum DPP Partai NasDem, Ahmad Ali, mengatakan dalam acara tersebut rencananya ada 180 ribu kader NasDem se-Indonesia yang hadir.

"Saya menyampaikan pada 16 Juli itu adalah kegiatan konsolidasi internal yang dijalankan oleh Partai NasDem, yang menghadirkan seluruh kader Partai NasDem seluruh Indonesia," ujar Ali dalam konferensi pers di NasDem Tower, Jakarta, Rabu (12/7/2023).

Baca Juga: NasDem Legawa jika Johnny Plate Direshuffle Jokowi

1. NasDem tidak mengundang Jokowi

NasDem Gelar Apel Siaga di GBK, Tak Undang Jokowi dan Relawan AniesPresiden Joko "Jokowi" Widodo (kiri) ketika berdialog dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di Istana Negara pada 22 November 2021. (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Ali menerangkan, Presiden Joko "Jokowi" Widodo tak diundang dalam Apel Siaga Perubahan itu. Sebab, kata dia, acara tersebut khusus internal kader NasDem.

"Apakah Pak Jokowi diundang? Tidak. Karena kegiatan pada 16 Juli 2023 ini adalah kegiatan internal partai politik. Jadi kita tidak mengundang pihak-pihak eksternal, termasuk pemerintah yang nonkader Partai NasDem," ucap dia.

Baca Juga: Jokowi Kembali Buka Peluang Menteri dari NasDem Direshuffle: Bisa Saja

2. NasDem juga tak undang relawan Anies Baswedan

NasDem Gelar Apel Siaga di GBK, Tak Undang Jokowi dan Relawan AniesKonferensi pers DPP NasDem terkait agenda Apel Siaga Perubahan di SUGBK yang akan diadakan pada 16 Juli 2023. (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Selain itu, Ali menyebut, NasDem juga tak mengundang relawan Anies Baswedan dalam acara tersebut. Karena itu, relawan Anies diharapkan bisa memahami karena acara tersebut untuk konsolidasi internal.

"Begitu pun relawan-relawan yang selama ini mobile membantu Mas Anies itu, juga kami tidak akomodir. Pertama, karena bahwa ini konsolidasi internal, kami tidak mau kemudian relawan itu nanti dipersonifikasi bahwa ini relawan yang afiliasi ke NasDem, tapi karena relawan itu bekerja untuk memenangkan Anies, bukan memenangkan Partai NasDem," kata dia.

3. NasDem minta maaf ke Persija karena tidak bisa main di SUGBK

NasDem Gelar Apel Siaga di GBK, Tak Undang Jokowi dan Relawan AniesKonferensi pers DPP NasDem terkait agenda Apel Siaga Perubahan di SUGBK yang akan diadakan pada 16 Juli 2023. (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Ali meminta maaf kepada Persija Jakarta karena tidak bisa bertanding di SUGBK pada 16 Juli 2023 karena ada acara NasDem. Sehingga, laga Persija vs Bhayangkara FC dipindahkan ke Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

"Pada kesempatan ini, izinkan saya juga untuk menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada teman-teman Persija dan Jakmania, atas berbenturan jadwal yang terjadi pada tanggal 16, yang kemudian sejatinya kawan-kawan Persija akan bertanding di GBK tanggal 16, terus kemudian pada akhirnya dipindahkan ke Patriot," ujar dia.

NasDem mengaku sudah merencanakan Apel Siaga Perubahan itu sejak Februari 2023. Karena itu, Ali mengaku agenda tersebut sudah dirancang sejak jauh hari.

"Pada akhirnya berkembang di publik, seakan-akan, 'salah satu upaya untuk mengusir', Persija Jakarta, kasarnya seperti itu. Sekali lagi, kami bersama Ketua Umum Partai NasDem dan ketua pelaksana, sangat-sangat menyesalkan kejadian ini, dan mohon maaf kepada teman-teman, ini bukanlah upaya daripada Partai NasDem," ucap dia.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/PkpK-hotfSw

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya