Prabowo Didukung Golkar dan PAN, Ini Kata PDIP

Apresiasi dukungan PAN dan Golkar untuk Prabowo

Jakarta, IDN Times - PDI Perjuangan merespons bergabungnya Partai Amanat Nasional (PAN) dan Golkar untuk mendukung Ketua Umum Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) 2024. Ketua DPP PDI Perjuangan, Said Abdullah, menyambut baik merapatnya Golkar dan PAN ke Prabowo.

"Pertama, kami dari PDI Perjuangan sangat menghormati pilihan dan kedaulatan masing masing partai. Tentu saja hal ini mencerminkan tumbuhnya demokrasi dengan baik," ujar Said dalam keterangannya, Minggu (13/8/2023).

1. PDIP juga sudah menjalin koalisi dengan partai politik lain

Prabowo Didukung Golkar dan PAN, Ini Kata PDIPKetua Banggar DPR, Said Abdullah di Gedung DPR/MPR Jakarta, Kamis (30/9/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Said mengatakan, PDIP juga sudah menjalin koalisi dengan partai politik lain, seperti PPP, Hanura dan Perindo. Dia mencontohkan, pada Pilpres 2014, Jokowi juga dukungan partai politiknya lebih sedikit daripada Prabowo.

"Sebagai bahan cerminan, pada pilpres 2014, pasangan Jokowi dan Jusuf Kalla hanya diusung oleh PDI Perjuangan, PKB, NasDem, Hanura dan PKPI. Walau saat itu dari sisi jumlah dukungan partai di pilpres kami kalah jauh, namun dengan soliditas dan kerja politik yang kuat di akar rumput terbukti pasangan Jokowi-JK justru mampu memenangkan pilpres dengan perolehan suara 53,15 persen, sementara Prabowo-Hatta 46,88 persen," kata dia.

Baca Juga: Zulhas: Tak Ada Arahan Jokowi Dukung Prabowo, Ini Keputusan Bersama

2. PDIP sudah biasa dikeroyok secara politik

Prabowo Didukung Golkar dan PAN, Ini Kata PDIPKetua Banggar DPR RI, Said Abdullah (dok. IDN Times/Istimewa)

Dalam kesempatan itu, dia juga menilai PDIP sudah biasa dikeroyok secara politik. Oleh karena itu, PDIP tak gentar dengan beragabungnya Golkar dan PAN ke Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

"PDI Perjuangan memiliki sejarah panjang sebagai partai yang dididik dan dibesarkan dengan terbiasa dikeroyok secara politik. Di masa orde baru kami mengalami hal itu, dan di masa Jokowi-JK, begitu pula saat ini," kata dia.

3. PDIP sebut kekuatan untuk menangkan Ganjar juga sudah baik

Prabowo Didukung Golkar dan PAN, Ini Kata PDIPPlt Ketua DPD PDIP Jatim, MH Said Abdullah. Dok. PDIP Jatim.

Lebih lanjut, Said mengatakan saat ini partai koalisi yang mendukung Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024 punya kekuatannya yang baik.

"Kita masih punya kawan seiring, sejalan dalam berpolitik memenangkan Ganjar Pranowo. Ada PPP yang memiliki kekuatan barisan kiai dan santri yang teguh dalam jalan dakwah politik. Kita kawan seiring Partai Perindo yang memiliki jaringan kekuatan media, serta Partai Hanura yang punya kekuatan pendukung yang patut diperhitungkan, khususnya di luar Jawa," imbuhnya.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Golkar dan PAN Beri Dukungan, Prabowo: Kami Lanjutkan Program Jokowi

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya