Prabowo Silaturahmi ke Jokowi di Yogya, Disuguhi Opor hingga Bakso

Prabowo mengaku makan bakso dan tempe bacem

Jakarta, IDN Times - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bertandang ke Istana Kepresidenan Yogyakarta pada hari pertama Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah. Dia melakukan silaturahmi ke Presiden Joko "Jokowi" Widodo yang merayakan Lebaran di 'Kota Gudeg.' 

Momen tersebut diunggah akun YouTube Sekretariat Presiden. Dalam acara halalbihalal ini, Prabowo ditemani anaknya, Didit Hediprasetyo, saat bersua Jokowi.

"Siang hari ini saya ketamuan Pak Prabowo dan Mas Didit dalam rangka silaturahmi di hari yang fitri ini, di Hari Raya Idul Fitri ini, dan tadi kami banyak berbincang-bincang," ujar Jokowi, Senin (2/5/2022).

1. Berbincang santai dan makan opor ayam

Prabowo Silaturahmi ke Jokowi di Yogya, Disuguhi Opor hingga BaksoMenhan Prabowo Subianto silaturahmi Lebaran ke Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Yogyakarta (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi menjelaskan, pertemuan tersebut hanya membicarakan hal yang santai. Dia mengaku tak ada diskusi politik dalam pertemuan itu. 

"Hal-hal yang ringan-ringan, bukan politik, nggak. Ekonomi juga nggak, ringan-ringan semua yang kita bicarakan," katanya.

Menurutnya, silaturahmi merupakan hal yang penting. Dalam pertemuan itu, Jokowi menjamu Prabowo dengan opor ayam. 

Baca Juga: Fadel Muhammad Kecewa Jokowi Tak Salat Idul Fitri di Istiqlal 

2. Prabowo sampaikan terima kasih diterima Jokowi

Prabowo Silaturahmi ke Jokowi di Yogya, Disuguhi Opor hingga BaksoMenhan Prabowo Subianto silaturahmi Lebaran ke Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Yogyakarta (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Dalam kesempatan itu, Prabowo berterima kasih kepada Jokowi telah menerimanya di Istana Kepresidenan Yogyakarta. Menurut dia, ini merupakan sebuah kehormatan untuknya. 

"Kami hari pertama silaturahmi kepada pemimpin kita, kepada presiden kita, dan saya dapat kehormatan diterima hari ini," ujar Prabowo.

Prabowo mengatakan, selain opor ayam, dia juga memakan bakso dan tempe bacem yang sudah dihidangkan.

3. Jokowi salat Idul Fitri di Istana Kepresidenan Yogyakarta

Prabowo Silaturahmi ke Jokowi di Yogya, Disuguhi Opor hingga BaksoPresiden Jokowi salat Idul Fitri 1443 H di Istana Kepresidenan Yogyakarta (dok. Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Presiden Jokowi hari ini melaksanakan salat Idul Fitri 1443 Hijriah di Istana Kepresidenan bersama Ibu Negara, Iriana Jokowi.

Berdasarkan keterangan tertulis dari Sekretaris Presiden, Jokowi melaksanakan salat Idul Fitri 1443 Hijriah pukul 06.30 WIB. Pelaksanaan salat selesai pada pukul 07.00 WIB.

Selain Iriana, Kaesang Pangarep juga ikut melaksanakan salat Idul Fitri di Istana Kepresidenan Yogyakarta.

Imam dan khatib salat Idul Fitri di Istana Kepresidenan Yogyakarta hari ini yakni Masmin Afif yang merupakan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tema khotbah dalam salat Idul Fitri di Istana Kepresidenan Yogyakarta "Solidaritas Sosial di Masa Pandemi". 

"Semoga momentum Idulfitri juga benar-benar mampu mengantarkan tatanan kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia yang berlandaskan nilai-nilai agama, akhlak mulia, kebersamaan dan kasih sayang, dan terus saling peduli di tengah pandemi demi terciptanya tatanan masyarakat yang berharkat dan bermartabat, sejahtera dan berkeadaban, di bawah naungan rida, magfirah, dan kasih sayang Allah SWT," ujar Khotib.

Baca Juga: Usai Salat Idul Fitri, Jokowi-Ma'ruf Video Call Bermaaf-maafan

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya