Usai Salat Idul Fitri, Jokowi-Ma'ruf Video Call Bermaaf-maafan

Jokowi sampaikan akan bertemu dengan 

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo hari ini melaksanakan salat Idul Fitri di Istana Kepresidenan Yogyakarta. Sedangkan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Usai salat Idul Fitri, keduanya melakukan video call. Dalam kesempatan itu, Jokowi-Ma'ruf saling mengucapkan permintaan maaf di Hari Ray Idul Fitri.

"Halo, assalamualaikum Pak Wapres, kami menghaturkan selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin. Saya dan Bu Iriana," ujar Jokowi kepada Ma'ruf Amin dalam tayangan video yang diunggah di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (2/5/2022).

"Sama-sama Pak Presiden, saya juga dan Ibu Wurry mengucapkan minal aidzin walfaidzin, mohon maaf lahir dan batin," kata Ma'ruf membalas Jokowi.

Baca Juga: [BREAKING] Wapres Ma'ruf Amin Tiba di Masjid Istiqlal, Kumandangkan Takbir Bareng

1. Ma'ruf tanyakan ke Jokowi kapan bertemu cucu

Usai Salat Idul Fitri, Jokowi-Ma'ruf Video Call Bermaaf-maafanPresiden Jokowi video call dengan Wapres Ma'ruf Main (YouTube.com/Sekretariat Presiden)

Dalam kesempatan itu, Jokowi menanyakan kepada Jokowi kapan bertemu cucu-cucunya. Jokowi menjawab akan bertemu cucu pada Selasa (3/5/2022) di Yogyakarta.

"Besok pak, bapak sudah, sudah kumpul semuanya?" tanya Jokowi.

"Sore ini saya sama istri baru ke Banten," kata Ma'ruf.

Baca Juga: Presiden Jokowi Salat Idul Fitri di Istana Kepresidenan Yogyakarta

2. Jokowi salat Idul Fitri di Istana Kepresidenan Yogyakarta

Usai Salat Idul Fitri, Jokowi-Ma'ruf Video Call Bermaaf-maafanPresiden Jokowi salat Idul Fitri 1443 H di Istana Kepresidenan Yogyakarta (dok. Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Presiden Jokowi hari ini melaksanakan salat Idul Fitri 1443 Hijriah di Istana Kepresidenan bersama Ibu Negara, Iriana Jokowi.

Berdasarkan keterangan tertulis dari Sekretaris Presiden, Jokowi melaksanakan salat Idul Fitri 1443 Hijriah pukul 06.30 WIB. Pelaksanaan salat selesai pada pukul 07.00 WIB.

Selain Iriana, Kaesang Pangarep juga ikut melaksanakan salat Idul Fitri di Istana Kepresidenan Yogyakarta.

Imam dan khatib salat Idul Fitri di Istana Kepresidenan Yogyakarta hari ini yakni Masmin Afif yang merupakan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tema khutbah dalam salat Idul Fitri di Istana Kepresidenan Yogyakarta "Solidaritas Sosial di Masa Pandemi". 

"Semoga momentum Idulfitri juga benar-benar mampu mengantarkan tatanan kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia yang berlandaskan nilai-nilai agama, akhlak mulia, kebersamaan dan kasih sayang, dan terus saling peduli di tengah pandemi demi terciptanya tatanan masyarakat yang berharkat dan bermartabat, sejahtera dan berkeadaban, di bawah naungan rida, magfirah, dan kasih sayang Allah SWT," ujar Khotib.

3. Wapres Ma'ruf Amin salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, kumandangkan takbir bareng jemaah

Usai Salat Idul Fitri, Jokowi-Ma'ruf Video Call Bermaaf-maafanWapres Ma'ruf Amin (dok. Setpwapres)

Sementara, Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin hari ini melaksanakan salat Idul Fitri 1443 Hijriah di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Sebelum kedatangan Ma'ruf, sejumlah persiapan dari mulai pengamanan sudah dilakukan.

Pantauan IDN Times, Senin (2/5/2022), Ma'ruf Amin tiba di Masjid Istiqlal pukul 06.50 WIB. Dia tiba bersama Ibu Wurry Ma'ruf Amin.

Saat baru tiba, Ma'ruf langsung melaksanakan salat tahiyyatul masjid. Setelah itu, Ma'ruf mengumandangkan takbir dan diikuti jemaah yang hadir di Masjid Istiqlal.

Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal dimulai pada pukul 07.00 WIB. 

Imam salat Idul Fitri tahun ini yakni Hasanuddin Sinaga. Sedangkan khatibnya, KH Nur Ahmad.

Kapasitas Masjid Istiqlal dalam pelaksanaan salat Idul Fitri 1443 Hijriah dengan kapasitas 100 persen. Terlihat, tak ada jaga jarak antar jemaah.

Meski demikian, para jemaah semuanya menggunakan masker dengan benar. Masjid Istiqlal baru tahun ini menggelar kembali salat Idul Fitri setelah dua tahun pada 2020 dan 2021 tutup karena adanya pandemik COVID-19.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya