Projo Bakal Tunduk Pada Jokowi soal Capres 2024

Apapun kata Jokowi, Projo akan ikut

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Projo, Budi Arie Setiadi, mengatakan pihaknya belum menentukan siapa calon presiden (capres) yang akan didukung dalam Pemilihan Presiden (Pilpres 2024). Budi menegaskan, Projo akan tunduk pada suara yang ditentukan oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

"Kita tunduk apa kata Pak Jokowi, kalau merah kata Pak Jokowi, merah juga Projo. Putih kata Pak Jokowi, putih kata Projo, merah putih kata Pak Jokowi, merah putih kata Projo," ujar Budi Arie dalam acara Ngobrol Seru By IDN Times, Kamis (12/6/2022).

Baca Juga: Komen Projo soal Jokowi 3 Periode: Kita Harus Siap-siap, Jangan Kaget

1. Projo akan gelar musyawarah rakyat untuk cari penerus Jokowi

Projo Bakal Tunduk Pada Jokowi soal Capres 2024Ketua Projo Budi Arie Setiadi (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Budi mengatakan, Projo akan menggelar musyawarah rakyat untuk mencari penerus Jokowi pada 2024. Menurutnya, musyawarah itu dalam rangka menjaring suara rakyat sebanyak-banyaknya. Rencananya, musyawarah rakyat itu akan digelar pada Juli 2022.

"Pak Jokowi dalam Rakernas V kami memerintahkan, coba serap lagi harapan rakyat. Nah kami berpikir menjawab itu, dan mekanisme terbaik dalam menjaring suara rakyat adalah musyawarah rakyat," ucapnya.

Baca Juga: ProJo Bertemu KIB, Sekjen PDIP: Kami Tak Takut Manuver Mereka

Baca Juga: Golkar Bantah KIB Bertemu Projo karena Usung Ganjar di Pilpres 2024

2. Cerita soal awal mula Projo diundang ke KIB

Projo Bakal Tunduk Pada Jokowi soal Capres 2024Beberapa elit partai politik turut hadir dalam KIB, di antaranya Menko Luhut Binsar Pandjaitan, dan Hatta Rajasa. (IDNTimes/Melani Putri)

Lebih lanjut, Budi Arie menjelaskan awal mula Projo diundang ke acara Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) pekan lalu. Menurutnya, Projo kerap berkomunikasi tentang masalah kebangsaan dan kerakyatan bersama seluruh elemen bangsa, salah satunya dengan partai politik.

"Kami kan bersahabat, berkomunikasi dengan seluruh elemen bangsa, termasuk partai politik, dalam hal ini Golkar, PAN dan PPP. Kami secara pribadi berkomunikasi intensif dengan ketua umum Golkar, teman-teman Golkar yang lain seperti Menpora, Pak Agus Gumiwang, Mbak Nurul Arifin, banyak lah teman saya di Golkar dan sering bertukar pikiran banyak hal," katanya.

Sebab sering menjalin komunikasi, kata Budi, Projo pun diundang dalam acara KIB. Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bahkan mengundang Projo secara langsung untuk hadir.

"Ya Pak Airlangga, Golkar dan Mbak Nurul (yang mengundang)," ucapnya.

Budi mengatakan, dalam acara tersebut belum ada pembicaraan soal calon presiden (capres) 2024. Namun Projo sempat ditanya pendapat terkait capres-cawapres 2024.

"Saya ditanya bagaimana soal capres dan cawapres, itu saya ikut arahan Pak Jokowi. Kita ora kesusu," katanya.

Baca Juga: Komen Projo soal Jokowi 3 Periode: Kita Harus Siap-siap, Jangan Kaget

3. Jokowi tak masalah Projo hadir di acara KIB

Projo Bakal Tunduk Pada Jokowi soal Capres 2024Ketua Umum Projo, Budi Arie Setiadi (Facebook/Budi Arie Setiadi)

Lebih lanjut, Budi yang juga menjabat Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi ini menegaskan, Presiden Joko "Jokowi" Widodo tak mempermasalahkan Projo hadir dalam acara KIB. Budi mengatakan, Projo sudah izin terlebih dahulu kepada Jokowi sebelum hadir di itu.

Jokowi pun mempersilakan Projo untuk hadir. Dia kemudian memuji manuver politik yang dilakukan KIB.

"Ya lanjutkan saja, koalisi atau kerja sama politik dari semua komponen bangsa termasuk partai politik yang memiliki hak konstitusi mencalonkan capres dan cawapres. Kan bagus-bagus saja, dan KIB ini manuver politik yang cerdas, begitu," ujarnya.

Baca Juga: Hadiri Pertemuan KIB, Ketum Projo Ungkap Sikap Jokowi soal Koalisi

Baca Juga: Ketua Umum ProJo Diundang Deklarasi KIB, Lampu Hijau untuk Ganjar?

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya