Hadiri Pertemuan KIB, Ketum Projo Ungkap Sikap Jokowi soal Koalisi

KIB disebut jadi manuver politik cerdas jelang 2024

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum relawan Pro Jokowi (Projo), Budi Arie Setiadi, diketahui ikut menghadiri silaturhami nasional (Silatnas) Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) pada Sabtu (4/6/2022) malam.

Dalam acara itu, Budi lantas mengungkapkan respons dari Presiden Joko “Jokowi” Widodo atas terbentuknya KIB.

Menurut Budi, Jokowi merespons baik terbentuknya KIB. Jokowi juga disebut berharap parpol yang tergabung koalisi dapat bertambah dalam beberapa waktu ke depan.

“Respons Pak Jokowi bagus saja, kalau perlu ditambah koalisinya. Juga dimungikinkan ditambah, ini kan terbuka,” kata Budi saat ditemui wartawan usai acara di Jakarta Pusat, Sabtu (4/6/2022).

1. Pembentukan KIB dinilai jadi manuver cerdas jelang pemilu 2024

Hadiri Pertemuan KIB, Ketum Projo Ungkap Sikap Jokowi soal KoalisiBeberapa elit partai politik turut hadir dalam KIB, di antaranya Menko Luhut Binsar Pandjaitan, dan Hatta Rajasa. (IDNTimes/Melani Putri)

Budi menilai, pembentukan KIB sudah cukup baik, karena merepresentasikan kelompok agamis dan nasionalis. Tiga parpol ini juga disebut punya massa yang solid dan tidak bergesekan sehingga bisa mengurangi perdebatan antarkelompok di akar rumput.

“Platform partainya oke nih, PAN mewakili pemilih Muhammadiyah, PPP mewakili Nahdliyin, Golkar yang nasionalis. Kan komponennya bagus, di bawahnya enggak benturan, saya yakin koalisi ini cerdas,” ujar Budi.

Baca Juga: Teka-Teki PKS di Pemilu 2024, Koalisi dengan NasDem atau KIB?

2. Projo bakal jadi spesialis Pilpres 2024

Hadiri Pertemuan KIB, Ketum Projo Ungkap Sikap Jokowi soal KoalisiDok.Istimewa

Budi juga menyampaikan pihaknya dari Projo akan menjadi spesialis dalam Pilpres 2024. Projo disebut akan menjadi relawan yang mendukung salah satu kelompok dalam Pilpres 2024.

Kendati demikian, Budi tak menjelaskan siapa yang akan didukung oleh Projo dalam Pilpres mendatang.

“Selama ini kan Pilpres-Pileg serentak, kan yang kerja Pilpres kan relawan, kalau partai kerja di Pileg. Partai juga konsentrasi di Pileg, nanti mesti ada yang konsen di Pilpres, gitu dong,” ujar dia.

Baca Juga: Prabowo Bertemu Ketua Umum Nasdem Surya Paloh, Sinyal Koalisi?

3. Projo diisukan usung Ganjar Pranowo

Hadiri Pertemuan KIB, Ketum Projo Ungkap Sikap Jokowi soal KoalisiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sebagai informasi, Projo dikabarkan bakal mengusung Ganjar Pranowo untuk maju dalam Pilpres 2024. Sinyal Jokowi mendukung Ganjar makin santer terbaca setelah menghadiri rapat kerja nasional Relawan Projo di Magelang, Jawa Tengah, pada akhir Mei lalu.

Selain Jokowi, turut hadir dalam acara itu yakni Ganjar Pranowo. Dalam pidatonya, Jokowi menyebut agar tidak tergesa-gesa dalam urusan politik.

“Untuk urusan politik, ojo kesusu. Jangan tergesa-gesa. Meskipun, mungkin yang kita dukung ada di sini,” kata Jokowi.

Meski tak secara terang-terangan, pernyataan Jokowi ini dinilai sebagai pesan tersembunyi untuk Ganjar Pranowo yang masuk dalam bursa capres.

Pengamat politik dari Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga mengatakan, pernyataan Jokowi tersebut memang bermakna ganda. Pasalnya, Jokowi kemungkinan dalam situasi terdesak di kalangan elite parpol PDIP karena harus mendukung pilihan partai sementara dirinya sendiri harus netral di mata publik.

“Pesan tersebut bisa jadi untuk menjaga jarak soal siapa yang akan didukung Jokowi pada Pilpres 2024,” kata Jamiluddin kepada IDN Times.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya