Puan Beri Cokelat ke Pimpinan Banggar yang Jatuh di Hadapannya

Dia diduga menderita penyakit darah tinggi

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Badan Anggaran DPR RI, Muhidin Mohamad Said jatuh di hadapan Ketua DPR RI, Puan Maharani dan sejumlah pimpinan DPR. Muhidin jatuh saat Rapat Paripurna Masa Persidangan V Tahun Sidang 2021-2022, Kamis (30/6/2022).

Peristiwa itu terjadi ketika Muhidin memberikan berkas laporan Banggar DPR RI atas hasil pembahasan pembicaraan pendahuluan RAPBN Tahun 2023 dan rencana kerja pemerintah tahun 2023. Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia, mengatakan, saat itu Muhidin langsung diberi pertolongan.

Puan juga turut memberikan bantuan. Dia bahkan memberikan cokelat yang ada di ruang rapat kepada Muhidin.

"Kami minta siapkan air minum hangat, dikasih teh, terus Ibu Puan juga kasih cokelat supaya gula darahnya ini (meningkat). Ya sudah, kami minta dia naik kursi roda, tadinya dia gak mau," ujar Doli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis.

Baca Juga: Pimpinan Banggar Jatuh di Depan Puan saat Paripurna, Begini Kondisinya

1. Anggota dewan yang hadir dalam rapat kaget

Puan Beri Cokelat ke Pimpinan Banggar yang Jatuh di HadapannyaBanggar Jatuh saat Serahkan Berkas Laporan ke Puan di rapat paripurna Kamis (30/6/2022). (youtube.com/DPR RI)

Doli mengaku kaget ketika Muhidin terjatuh. Dia bahkan sempat memberikan pertolongan kepada Muhidin saat peristiwa itu terjadi.

"Tadinya sih saya mau (bantu) tidurin, karena biasanya orang blackout harusnya gak boleh berdiri ya, tapi beliau kan berdiri. Terus kami suruh duduk, tadinya kan mau jalan, makanya saya minta agar disediakan kursi roda. Awalnya Pak Muhidin mau langsung turun, jalan, tapi akhirnya kami suruh duduk di belakang kursi pimpinan," kata Doli.

Baca Juga: Pimpinan Banggar DPR Jatuh Usai Serahkan Berkas Laporan ke Puan

2. Tak tahu Muhidin menderita penyakit apa

Puan Beri Cokelat ke Pimpinan Banggar yang Jatuh di HadapannyaBanggar Jatuh saat Serahkan Berkas Laporan ke Puan di rapat paripurna Kamis (30/6/2022). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Lebih lanjut, Doli mengaku tak mengetahui secara pasti penyakit apa yang diderita Muhidin. Doli yang mengaku dekat dengan Muhidin merasa tak ada masalah kesehatan berarti terhadap politikus Golkar itu.

"Gak ada ya setahu saya (penyakit). Saya relatif dekat juga ya, Pak Muhidin ini senior saya di Golkar, dulu juga di HMI, di KAHMI, selama ini baik-baik saja, sehat-sehat saja. Apalagi sekarang sama-sama di Bappilu juga di Golkar, kami rapat sampai malam terus, keliling ke daerah-daerah, kayaknya gak ada apa-apa, mungkin kecapek-an kali ya," ujarnya

Baca Juga: Banggar DPR Ingin Pemilu 2024 Tak Pakai E-Voting

3. Sekjen DPR sebut Muhidin miliki penyakit darah tinggi

Puan Beri Cokelat ke Pimpinan Banggar yang Jatuh di HadapannyaBanggar Jatuh saat Serahkan Berkas Laporan ke Puan di rapat paripurna Kamis (30/6/2022). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Secara terpisah, Sekjen DPR RI, Indra Iskandar, mengatakan, Muhidin terjatuh karena penyakit darah tingginya sedang kambuh.

"Pak Muhidin tadi blackout sebentar dan jatuh, namun bisa berdiri kembali. Info dari dokter bagian pelayanan medik, beliau ada hypertensi (darah tinggi)," ujar Indra kepada wartawan, Kamis (30/6/2022).

Indra mengatakan, untuk mengetahui penyakit Muhidin, perlu ada observasi lanjutan melalui medical check up. Oleh karena itu, ia pun belum dapat memastikan penyakit yang diderita Muhidin sesungguhnya.

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya