Resmikan Sodetan Ciliwung, Jokowi: Bisa Atasi Banjir di 6 Kelurahan

Sodetan Kali Ciliwung habiskan anggaran Rp1,150 T

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meresmikan Sodetan Kali Ciliwung, Jakarta Timur, Senin (31/7/2023). Dalam pidatonya, Jokowi menyebut, Sodetan Kali Ciliwung tidak cukup untuk menangani banjir di DKI Jakarta.

Dia juga mengatakan, Sodetan Kali Ciliwung ini tidak selesai dikerjakan selama 11 tahun. "Ini bisa menyelesaikan paling tidak enam kelurahan nggak banjir lagi," ujar Jokowi.

Baca Juga: Pemprov DKI Pulangkan Warga Non-Jakarta, Imbas Proyek Sodetan Ciliwung

1. Penanganan banjir di Jakarta harus diselesaikan dari hulu hingga hilir

Resmikan Sodetan Ciliwung, Jokowi: Bisa Atasi Banjir di 6 KelurahanPresiden Jokowi resmikan Sodetan Kali Ciliwung, Senin (31/7/2023). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyampaikan, penyelesaian banjir di Jakarta harus diselesaikan dari hulu hingga hilir. Jokowi menerangkan, Pemerintah Pusat sudah membangun Waduk Ciawi, Waduk Sukamahi untuk menangani banjir di Jakarta.

"Dan untuk penanganan banjir di Jakarta itu belum cukup. Karena kita di Jakarta tidak hanya mengurusi yang namanya Sungai Ciliwung saja. Ada 12 sungai lain yang juga perlu ditangani secara baik. Ya Sungai Sunter, Sungai Baru Barat, Sungai Baru Timur, Sungai Mookervaart, Sungai Pesanggrahan, dan lain-lainnya," ucap dia.

"Belum kita ngurusi yang namanya banjir rob yang naik ke daratan DKI Jakarta. Sekali lagi, penanganan banjir Jakarta ini harus dilakukan dari hulu sampai hilir secara komprehensif," sambungnya.

Baca Juga: Kasihani Warga di Bantaran Sungai Ciliwung, Heru Panggil Walkot Jaksel

2. Banjir DKI Jakarta baru bisa diselesaikan 62 persen

Resmikan Sodetan Ciliwung, Jokowi: Bisa Atasi Banjir di 6 KelurahanPresiden Joko Widodo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, penanganan banjir DKI Jakarta saat ini baru bisa diselesaikan sebanyak 62 persen.

"Artinya, masih ada PR 38 persen, ini yang harus dikerjakan bersama-sama Kementerian PUPR dan Pemprov DKI Jakarta. Sekali lagi harus dikerjakan bersama-sama," ujar dia.

3. Habiskan anggaran Rp1,150 triliun

Resmikan Sodetan Ciliwung, Jokowi: Bisa Atasi Banjir di 6 KelurahanPresiden Jokowi resmikan Sodetan Kali Ciliwung, Senin (31/7/2023). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan, pembangunan Sodetan Kali Ciliwung ini menghabiskan anggaran sebesar Rp1,150 triliun. Sodetan ini memiliki panjang 1,2 kilometer dengan dua terowongan.

"Sekali lagi, ini bisa mengurangi banjir di 6 kelurahan," imbuhnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya