Sejumlah Bacaleg PSI Mengundurkan Diri Usai DPP Bertemu dengan Prabowo

Mereka ingin PSI dukung Ganjar Pranowo

Jakarta, IDN Times - Sejumlah bakal calon legislatif (bacaleg) dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengundurkan diri. Salah satu bacaleg yang mengundurkan diri, M. Afthon Lubbi, mengaku alasannya mengundurkan diri karena kecewa dengan DPP PSI melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto.

"Kami pada sore hari ini ingin menyatakan sikap dan pernyataan untuk mengundurkan diri dari pencalegan Partai Solidaritas Indonesia dan keluar dari keanggotaan partai," ujar Afthon di Jakarta, Selasa (22/8/2023).

"Hal ini kami dasarkan oleh beberapa alasan. Pertama karena ketidakadaan atau ketidaktegasan sikap dari DPP PSI untuk tidak mendukung Prabowo Subianto. Kami tidak sepakat dan kami tidak sudi PSI menerima kedatangan Prabowo Subianto. Kami tidak pernah diajak berdiskusi dan tidak ada informasi kepada kami," sambungnya.

Baca Juga: Spanduk 'PSI itu Projo', Pengamat: Persiapan Budi Arie jadi Ketum PSI

1. Harap PSI dukung Ganjar Pranowo

Sejumlah Bacaleg PSI Mengundurkan Diri Usai DPP Bertemu dengan Prabowo4 Bacaleg PSI Mengundurkan Diri Usai DPP Bertemu dengan Prabowo (IDN times/Ilman Nafi'an)

Pada kesempatan itu, bacaleg yang mengundurkan diri berharap PSI mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) 2024.

"Alasan ini adalah alasan ideologis kami, kami masuk PSI karena kami jatuh cinta kepada partai ini. Partai ini adalah partai yang ideologis, anti intoleransi, anti ekstrimisme, dan anti radikalisme. Ternyata kami patah hati kepada sikap DPP PSI yang mulai bermain mata dengan Prabowo Subianto," ucap dia.

Afthon mengaku tak menyesal bila nantinya PSI mendukung Ganjar Pranowo. Namun, Afthon mengaku sudah patah hati dengan PSI yang menjalin komunikasi dengan Prabowo.

"Tentunya kami dari awal memilih PSI karena PSI melalui rembuk nasional, rembuk rakyat sudah mendukung Ganjar Pranowo. Ini adalah alasan yang mendasar secara ideologis kami tidak bisa bermain mata, bermanuver dengan cara-cara yang seperti itu. Bagi kami Ganjar Pranowo adalah calon presiden yang harus kami dukung sepenuh hati tanpa tolah-toleh kanan, kiri," kata dia.

Baca Juga: Gerindra Angkat Bicara soal Guntur Romli Keluar PSI Lantaran Prabowo

2. Berasal dari suara hati

Sejumlah Bacaleg PSI Mengundurkan Diri Usai DPP Bertemu dengan Prabowo4 Bacaleg PSI Mengundurkan Diri Usai DPP Bertemu dengan Prabowo (IDN times/Ilman Nafi'an)

Lebih lanjut, Afthon mengaku keputusan mengundurkan diri berasal dari suara hati. Dia mengaku tak akan bergabung dengan partai politik lain.

Namun, dia bertekad akan memenangkan Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024.

"Ini adalah suara hati kami yang kami dengarkan sendiri dari masyarakat calon pemilih daerah yang mempertanyakan sikap PSI di Pusat. Jadi kami merasa rugi, di daerah, di akar rumput, kami bahu-membahu untuk mengenalkan Ganjar Pranowo kepada masyarakat. Bukan hanya kami caleg PSI, kami juga bersama-sama dengan caleg-caleg partai lain yang mendukung Ganjar Pranowo," beber dia. 

Afthon akan mengembalikan dana untuk mengurus berkas pencalegan kepada PSI. Menurutnya, dana itu berjumlah sekitar Rp1,8 juta.

"Selanjutnya, kami akan menyampaikan kepada DPP PSI, kami akan mengembalikan dana yang diberikan oleh DPP kepada kami untuk mengurusi berkas-bekas proses pencalegan yang sudah ditransfer kepada kami, kami akan kembalikan semua itu," kata dia.

Daftar Caleg DPR RI dan DPRD serta Kader PSI yang mengundurkan diri:

1. Andi Tasbih Caleg DPR RI Dapil NTB II
2. M. Afthon Lubbi Caleg DPR RI Dapil Jateng VIII
3. Lis Sektiyawanti Caleg DPRD Kota Bekasi Dapil 3
4. Darma Munir Bacaleg DPRD DKI Jakarta Dapil 1
5. Tulus Borisman Kader PSI Kota Bekasi
6. Alfonsus Simbolon Kader PSI Kota Bekasi

3. Respons PSI

Sejumlah Bacaleg PSI Mengundurkan Diri Usai DPP Bertemu dengan PrabowoPartai Solidaritas Indonesia (IDN Times/Aryodamar)

Secara terpisah, juru bicara PSI Ariyo Bimo mengaku belum mengetahui secara detail terkait Bacaleg PSI yang mengundurkan diri.

"Saya belum mendengar berita tersebut," kata Ariyo kepada IDN Times.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya