Soal Capres Jagoan Jokowi, Ganjar: Harus Hormati yang Beliau Dukung

Ganjar sebut Jokowi akan dukung satu capres

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo diisukan sudah memiliki jagoan calon presiden (capres) di Pemilu 2024. Bakal calon presiden (bacapres) dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo mengaku akan menghormati siapa pun jagoan Jokowi itu.

"Pasti beliau punya satu dukungan. Masa dukungannya dua, kan yang dipilih satu. Dan itu keputusan dari Pak Jokowi yang harus kita hormati, siapa pun yang beliau akan dukung," ujar Ganjar di Jakarta, Sabtu (29/7/2023).

Meski demikian, belum diketahui siapa capres yang akan didukung Jokowi di Pilpres 2024.

Baca Juga: PDIP dan Tim 7 Bentukan Jokowi Kembangkan Ide untuk Menangkan Ganjar

1. Jokowi disebut mendukung penuh pencalonan Ganjar sebagai presiden

Soal Capres Jagoan Jokowi, Ganjar: Harus Hormati yang Beliau DukungPresiden Jokowi bersama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (dok. Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, Jokowi mendukung penuh Ganjar sebagai capres di Pemilu 2024. Salah satu bukti dukungan tersebut dengan pembentukan Tim 7 sebagai mesin ide pemenangan Ganjar.

"Pak Jokowi akan memberikan dukungan. Kami yakin itu mengingat kerja dengan Tim 7 yang beliau berikan kepada kami, itu juga sangat intens, bahkan tadi malam mereka Tim 7 ini merancang adanya mesin ide," ujar Hasto dalam keterangannya yang diterima IDN Times.

Baca Juga: Relawan Jokowi di Jabar Konsisten Dukung Ganjar Pranowo di Pilpres

2. Ganjar disebut memiliki karakter yang sama dengan Jokowi

Soal Capres Jagoan Jokowi, Ganjar: Harus Hormati yang Beliau DukungPresiden Jokowi ajak Ganjar Pranowo naik Pesawat Kepresidenan (Agus Suparto/Fotografer Presiden)

Dalam kesempatan itu, Hasto menyebut Jokowi dan Ganjar memiliki karakter yang sama. Oleh karena itu, dia memastikan semua program kerja Presiden Jokowi akan dilanjutkan Ganjar Pranowo jika terpilih sebagai Presiden 2024.

"Karena itulah, Pak Ganjar juga memiliki karakter yang sama dengan Pak Jokowi turun ke bawah, blusukan," kata dia.

Baca Juga: Cerita Ganjar Soal Pendidikan di Indonesia, Gak Cuma Nilai Akademis!

3. PDIP enggan beberkan nama anggota Tim 7

Soal Capres Jagoan Jokowi, Ganjar: Harus Hormati yang Beliau DukungSekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Meski demikian, PDIP enggan membeberkan nama-nama yang masuk dalam anggota Tim 7. Menurutnya, mereka yang tergabung memiliki latar belakang profesor, pegiat media sosial, ahli branding, hingga pakar humor.

"Sangat lengkap. Namanya saja Tim 7, setia pada tujuan," tambah Hasto.

Menurutnya, Tim 7 bekerja secara profesional sebagai jembatan komunikasi dari Presiden Jokowi.

"Dengan demikian nanti nyambung komunikasi Pak Ganjar, komunikasi Pak Jokowi, komunikasi dengan partai, dengan sukarelawan, dengan rakyat. Itu nanti dibangunkan narasi. Maka Tim 7 tadi malam membuat suatu mesin ide itu, suatu narasi yang nantinya akan bisa dilihat efektivitasnya," kata Hasto.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya