Jurnalis Najwa Shihab Tolak Jadi Kandidat Ketua Tim Pemenangan AMIN

Cak Imin secara sepihak sebut nama Najwa salah satu kandidat

Jakarta, IDN Times - Jurnalis senior dan pendiri Narasi, Najwa Shihab, mengaku belum pernah diajak berkomunikasi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) terkait namanya yang digadang-gadang masuk daftar Ketua Tim Pemenangan Anies-Muhaimin (AMIN). Najwa menolak terlibat sebagai bagian tim sukses kandidat atau partai manapun pada Pemilu 2024. 

"Pada Pilpres dan Pileg 2024 nanti, saya masih akan berposisi seperti sebelumnya, yaitu sebagai bagian dari masyarakat sipil yang independen, khususnya komunitas pers. Saya ingin mengawal proses transisi demokratik itu agar berlangsung tidak sekedar baik, tapi juga berkualitas," ujar Najwa dalam keterangan tertulis kepada IDN Times, Senin (18/9/2023). 

"Maka saya memutuskan tidak akan terlibat sebagai bagian tim sukses kandidat dan atau partai manapun di Pemilu 2024," kata dia. 

Najwa digadang-gadang masuk kandidat ketua tim pemenangan AMIN kali pertama disampaikan langsung Muhaimin pada hari ini di Surabaya. Ia ditanya jurnalis siapa saja individu yang dipertimbangkan untuk menjadi ketua tim pemenangan AMIN. 

"Salah satunya ada Najwa Shihab dan macam-macam, banyak nama," ujar Cak Imin. 

1. Anies bantah ada pembicaraan Najwa Shihab ikut dipertimbangkan

Jurnalis Najwa Shihab Tolak Jadi Kandidat Ketua Tim Pemenangan AMINMantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (IDN Times/Gregorius Aryodamar)

Sementara, ketika dikonfirmasi kepada bakal capres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, ia mengaku belum ada pembicaraan menyangkut Najwa sebagai kandidat ketua tim pemenangan AMIN.

"Oh, belum ada pembicaraan soal itu (Najwa Shihab menjadi ketua tim pemenangan)," ujar Anies di Kuningan, Jakarta Selatan, Senin. 

Ia menyebut saat ini Koalisi Perubahan masih membahas daftar individu yang berpotensi masuk dalam tim pemenangan. Nama Najwa, kata Anies, belum disebut. 

"Jadi ini proses penyusunan sedang berjalan. Tapi belum ada pembicaraan tentang Mbak Najwa Shihab. Sama sekali belum ada," tutur mantan Gubernur DKI Jakarta itu. 

Baca Juga: Disebut Cak Imin akan Masuk Timses, Najwa Tegaskan Tak Akan Terlibat

2. Koalisi Perubahan tancap gas dan ingin jadi yang pertama daftar KPU

Jurnalis Najwa Shihab Tolak Jadi Kandidat Ketua Tim Pemenangan AMINTiga Sekretaris Jenderal dari Koalisi Perubahan bertemu dalam rapat lanjutan di NasDem Tower pada Senin, 18 September 2023. (IDN Times/Santi Dewi)

Sementara, Sekjen DPP Partai NasDem, Hermawi Taslim, mengatakan mereka langsung tancap gas untuk menyelesaikan semua persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Apalagi, kata dia, Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, memberikan target Anies-Cak Imin harus jadi pasangan capres-cawapres pertama yang mendaftar ke KPU. 

"Kami ingin berpacu dengan cepat karena sesuai dengan arahan ketua umum kami, kami diminta untuk menjadi pendaftar paslon pertama ketika KPU membuka pendaftaran," ujar Hermawi di Jakarta, hari ini. 

Itu sebabnya, Koalisi Perubahan yang terdiri dari tiga parpol itu menggelar rapat lanjutan hari ini. Rapat digelar mulai pukul 14.00 WIB dan berlangsung selama satu jam. 

Hermawi mengatakan dalam rapat tersebut, masing-masing parpol diwakili 12 orang. Selain itu, ada pula tim khusus yang mewakili kepentingan Anies.

"Tadi di rapat perdana, kami fokus dan banyak membahas terkait persiapan administrasi untuk datang ke KPU," kata dia. 

Hermawi menyebut persiapan Koalisi Perubahan untuk mendaftar ke KPU sudah mencapai 85 persen. Selain membahas kesiapan administrasi, Koalisi Perubahan juga mematangkan kerangka tim pemenangan pasangan yang kini disebutnya AMIN. 

3. Nama-nama anggota tim pemenangan AMIN akan disampaikan ke publik pada akhir September

Jurnalis Najwa Shihab Tolak Jadi Kandidat Ketua Tim Pemenangan AMINAnies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/Mohamad Ayudha)

Sementara, terkait nama-nama anggota tim pemenangan AMIN, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) belum bersedia membocorkan. Sekjen PKB, Hasanuddin Wahid, memastikan deretan nama anggota timnas pemenangan dan ketuanya akan disampaikan ke publik paling lambat pada akhir September 2023. 

"Terkait nama-nama tunggu tanggal mainnya. Maksimal pada akhir September 2023 lah sudah ketahuan siapa saja the avengers-nya. Mas Anies meminta bahwa ia tidak bisa menjadi superman yang bekerja seorang diri. Yang dicari itu super team," ujar Hasanuddin di NasDem Tower, Jakarta Pusat.

Di sisi lain, Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid, mengatakan sejauh ini sudah ada 21 calon nama yang dipertimbangkan masuk tim sukses AMIN. Ia menyebut mereka berasal dari berbagai latar belakang dan tidak semuanya merupakan politisi. 

"Sudah ada 21 nama yang dipertimbangkan," ujar Jazilul di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, hari ini. 

"Semua (nama) nya di-mix di situ, karena unsurnya bisa dari partai politik, teknokrat, unsur profesional, hingga kalangan perempuan. Semuanya ada," tutur dia. 

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/VoUtpv3-4tA

Baca Juga: PKS Dukung Cak Imin Cawapres, AMIN Ingin Pertama Daftar KPU

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya