Prabowo Diisukan Tampar Wakil Menteri, Jubir: Itu Hoaks dan Fitnah!

Dahnil sebut cerita itu kampanye hitam jelang Pemilu 2024

Jakarta, IDN Times - Juru bicara Menteri Pertahanan, Dahnil Anzar Simanjuntak membantah narasi yang disebarkan oleh akun media sosial Seword yang menuding Prabowo Subianto baru-baru ini melakukan tindak kekerasan terhadap seorang wakil menteri. Menurut Dahnil, narasi itu fitnah dan hoaks. 

"Itu hoaks dan fitnah!" ujar Dahnil melalui pesan pendek kepada IDN Times pada Senin (18/9/2023). 

Narator di video tersebut, Alifurrahman Asyari mengklaim ia mendengar seorang menteri aktif yang juga kembali maju menjadi capres telah mencekik dan menampar wakil menteri jelang rapat kabinet di Istana. Alifurrahman menyebut ia tidak menyebar kebohongan lantaran orang yang menyaksikan langsung peristiwa tersebut menceritakan ulang kepadanya. 

"Jadi, di rapat kabinet, ada capres yang masih aktif jadi menteri mencekik wakil menteri. Itu rapatnya belum mulai. Sebelumnya, katanya ditampar," ungkap Alifurrahman seperti dikutip dari YouTube. 

Ia menyebut dalam situasi tersebut beberapa menteri lain dan staf ikut melerai pertengkaran itu. Meskipun, kata dia, Wamen yang bersangkutan hingga saat ini tidak terima dengan perlakuan tersebut. 

"Cerita ini saya dengar 10 hari lalu dan saya dapat ceritanya dari informan yang ikut hadir di rapat itu. Dia salah satu staf yang ikut hadir," tutur dia lagi. 

Meski begitu, katanya, staf tersebut melarangnya untuk mengisahkan ulang kejadian tersebut. Namun, cerita itu malah akhirnya viral di aplikasi WhatsApp. 

1. Capres tersebut disebut melakukan tindak kekerasan kepada wamen karena pekerjaannya tak dibantu

Prabowo Diisukan Tampar Wakil Menteri, Jubir: Itu Hoaks dan Fitnah!Ilustrasi penganiayaan. (IDN Times/Mardya Shakti)

Lebih lanjut, di dalam videonya, Alifurrahman mengatakan capres yang juga masih menjabat menteri itu melakukan tindak kekerasan kepada wamen karena ia merasa pekerjaannya tidak dibantu. Padahal, ada tugas dari presiden yang mengharuskan capres tersebut untuk bekerja dengan lintas kementerian. 

"Menurut kacamata dia, ada satu pekerjaan yang tidak dibantu oleh kementerian terkait. Jadi, ada satu amanah dari presiden untuk si capres, lalu kemudian itu menjadi pekerjaan lintas kementerian tapi kementerian terkait tidak ikut membantu. Sehingga, program atau amanah dari presiden ke si capres akhirnya gagal," kata dia. 

Ujungnya presiden mempertanyakan mengapa program tersebut bisa gagal. Semula, capres tersebut merasa tersinggung dengan menteri yang enggan membantunya itu. 

"Akhirnya dia menunggu-nunggu momen untuk bisa bertemu menteri itu. Tetapi, saat rapat menteri terkait gak hadir. Yang hadir hanya wakil menterinya. Jadi, dia merasa emosi. Sehingga, emosi dan kemarahannya dilampiaskan ke wamennya," tutur dia. 

Alhasil, kata Alifurrahman, terjadilah peristiwa penamparan dan pencekikan di ruang rapat kabinet. Wamen yang bersangkutan ujarnya tidak pernah menceritakan peristiwa itu kepada siapapun. 

Di video itu, Aliffurrahman memang tidak menyebut identitas capres yang bersangkutan. Namun, dengan menyebut capres yang kini masih menjabat sebagai menteri aktif, maka itu merujuk kepada Prabowo. Apalagi di video itu, Aliffurahman juga menyebut capres tersebut juga memiliki rekam jejak di masa lalu pernah melakukan penculikan. 

Baca Juga: Jubir Anies Tunggu Ganjar dan Prabowo Bahas Wadas-Food Estate di UI

2. Jubir Menhan sebut itu bagian dari kampanye hitam jelang pemilu

Prabowo Diisukan Tampar Wakil Menteri, Jubir: Itu Hoaks dan Fitnah!IDN Times/Irfan Fathurohman

Lebih lanjut, menurut Dahnil, narasi itu termasuk kampanye hitam untuk meruntuhkan kredibilitas Prabowo.

"Jelas, itu kampanye hitam," katanya lagi. 

3. Partai Gerindra meminta media menanyakan langsung ke wamen bersangkutan

Prabowo Diisukan Tampar Wakil Menteri, Jubir: Itu Hoaks dan Fitnah!Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad ketika mendampingi Menhan Prabowo Subianto tiba di DPR. (www.instagram.com/@sufmi.dasco)

Sementara, Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, meminta kepada media agar menanyakan langsung kepada Wamen yang bersangkutan untuk meminta konfirmasi. Lagipula, kata Dasco, Prabowo sudah lama diterpa isu miring meski pada akhirnya tidak pernah terbukti kebenarannya. 

"Yang paling gampang ini teman-teman wartawan tanya saja ke wamennya langsung kan gitu. Apakah benar kejadiannya, apakah kemudian dia merasa dibegitukan oleh Pak Prabowo," ungkap Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat pada Senin (18/9/2023). 

Ia pun enggan menuding siapa yang dianggap memainkan isu tersebut di momen jelang Pemilu 2024. "Kami gak mau nebak-nebaklah. Orang kita gak terlalu pikirin. Yang penting kami fokus di pileg dan pilpres," tutur dia lagi. 

Dasco juga meminta kepada kader Gerindra dan Koalisi Indonesia Maju (KIM) agar tidak terprovokasi dengan informasi yang beredar di media sosial. "Mari kita tetap bekerja untuk konsentrasi menghadapi pileg dan pilpres saja," katanya.

https://www.youtube.com/embed/VoUtpv3-4tA

Baca Juga: SBY Temui Prabowo di Hambalang: For You, Saya Siap Turun Gunung!

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya