Viral Narasi Paspampres Diduga Halangi Pria ke Masjid hingga Wafat

Pengamanan terjadi karena Jokowi juga akan ikut Jumatan

Jakarta, IDN Times - Viral di media sosial dengan narasi Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) menghalangi seorang pria bernama Marhan Harahap masuk ke dalam masjid untuk melaksanakan salat Jumat. Peristiwa itu terjadi di depan Masjid Agung Rantauprapat Labuhanbatu, Sumatra Utara, Jumat (15/3/2024).

Paspampres berada di masjid itu karena Presiden Joko "Jokowi" Widodo juga hendak melaksanakan salat di Masjid Agung Rantauprapat.

Dalam video beredar, Marhan tampak hendak menyeberang untuk masuk ke area masjid. Namun, langsung diadang oleh petugas perempuan yang dinarasikan Paspampres.

Anggota TNI lainnya yang mengenakan seragam loreng dan polisi juga turut menghalangi. Marhan pun jatuh dan disebutkan meninggal dunia setelah peristiwa tersebut.

Baca Juga: Kata Paspampres soal Viral Spanduk Emak-Emak Dirampas Saat Ada Jokowi

1. Paspampres sampaikan duka cita

Viral Narasi Paspampres Diduga Halangi Pria ke Masjid hingga WafatViral Narasi Paspampres Diduga Halangi Pria ke Masjid hingga Wafat (tangkap layar video/Istimewa)

Asintel Paspampres, Kolonel Kav Herman Taryaman, menyampaikan duka cita atas meninggalnya Marhan.

"Turut berbelasungkawa atas meninggalnya almarhum Bapak Marhan Harahap," ujar Herman dalam keterangannya, dikutip Selasa (19/3/2024).

Herman membantah narasi yang menyebutkan Marhan meninggal dunia setelah dihalangi Paspampres untuk masuk ke dalam masjid.

"Tidak benar adanya almarhum meninggal dunia disebabkan karena saat menuju Masjid Agung Rantauprapat, Labuhanbatu dihalang-halangi anggota Paspampres," kata dia.

Baca Juga: Paspampres Alami Cedera Setelah Ditabrak Begal di Bekasi

2. Tak ada Paspampres perempuan yang bertugas ketika itu

Viral Narasi Paspampres Diduga Halangi Pria ke Masjid hingga WafatViral Narasi Paspampres Diduga Halangi Pria ke Masjid hingga Wafat (tangkap layar video/Istimewa)

Herman menegaskan, tak ada Paspampres perempuan yang bertugas untuk melakukan pengamanan di Masjid Rantau Rantauprapat.

"Seperti yang terlihat di video melalui media sosial bahwa yang menghalangi almarhum untuk menuju Masjid Agung Rantauprapat Labuhanbatu adalah perempuan, sedangkan Paspampres yang bertugas saat itu tidak ada TNI atau prajurit perempuan. Saat itu yang bertugas semuanya prajurit Paspampres laki-laki," ucap dia.

Baca Juga: Jejak Konflik Perampasan Tanah Masyarakat Adat di Rezim Jokowi

3. Paspampres melakukan pengamanan melekat pada Presiden Jokowi

Viral Narasi Paspampres Diduga Halangi Pria ke Masjid hingga WafatMobil Presiden Jokowi dikawal Paspampres (IDN Times/Juliadin)

Herman mengatakan, Paspampres selalu melakukan pengamanan melekat pada Presiden Jokowi. Dengan begitu, yang menghalangi Marhan untuk masuk ke dalam masjid bukan Paspampres.

"Sehingga, apa yang sudah terberitakan saat ini melalui media sosial bahwa yang menghalangi Bapak Marhan Harahap untuk melaksanakan salat di Masjid Agung Rantauprapat Labuhanbatu itu anggota Paspampres adalah tidak benar," imbuhnya.

Baca Juga: Mau Diresmikan Jokowi, Menhub Tinjau Bandara Singkawang

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya