Ini Janji Manis Bakal Capres-Cawapres Jelang Pilpres 2024, Ada BBM Gratis

Jelang pilpres, capres-cawapres beberkan janji jika terpilih

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) disinyalir akan mempercepat waktu pendaftaran calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). KPU berencana mempercepat waktu pendaftaran menjadi 10-16 Oktober 2023, yang sebelumnya jadwal pendaftaran dibuka menjadi 19 Oktober hingga 25 November 2023.

Jelang pemilihan presiden (Pilpres) 2024, elite politik yang bakal maju sebagai capres dan cawapres mulai membeberkan janji-janji mereka jika nantinya terpilih. 

Dirangkum oleh IDN Times, berikut janji capres dan cawapres yang mereka sampaikan kepada publik:

1. Prabowo Subianto

Ini Janji Manis Bakal Capres-Cawapres Jelang Pilpres 2024, Ada BBM GratisKetua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Bakal capres yang didukung Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto menjelaskan program-program yang akan dia jalankan apabila nantinya terpilih sebagai presiden, berikut di antaranya:

  1. Seluruh mineral mentah seperti nikel dan bauksit dilarang diekspor, Indonesia akan mengolah kekayaan alam sendiri tanpa campur tangan pihak lain.
  2. Kenaikan gaji PNS untuk memberantas korupsi.
  3. Mewujudkan ketahanan dan swasembada pangan, Indonesia harus memproduksi pangan sendiri dan tidak bergantung aktivitas impor.
  4. Menyiapkan Rp400 triliun setiap tahunnya untuk program makan gratis yang diperuntukan untuk pelajar, siswa pra-sekolah, dan ibu hamil agar mendapat gizi seimbang.
  5. Melanjutkan program Presiden Joko Widodo "Jokowi" yakni Ibu Kota Nusantara (IKN), Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Sembako, Program Keluarga Harapan (PKH), dan Kartu Prakerja.
  6. Membangun lumbung pangan.

Baca Juga: Daftar Figur Potensial Cawapres Prabowo, Erick, Gibran hingga Yenny

2. Ganjar Pranowo

Ini Janji Manis Bakal Capres-Cawapres Jelang Pilpres 2024, Ada BBM GratisGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Mantan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sebagai bakal capres dari PDI-P membeberkan janjinya yang akan dia jalankan apabila nanti terpilih sebagai presiden pada Pilpres 2024, sebagai berikut:

  1. Melanjutkan program Presiden Jokowi, khususnya infrastruktur dan bantuan sosial (bansos).
  2. Menaikkan gaji guru hingga Rp30 juta per bulan untuk tenaga pendidik yang sudah mengajar dalam waktu lama. Sementara, guru baru sekitar Rp10 juta per bulan.
  3. Ketahanan sumber daya alam, agar dikelola oleh bangsa Indonesia.

3. Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar

Ini Janji Manis Bakal Capres-Cawapres Jelang Pilpres 2024, Ada BBM GratisAnies-Cak Imin saat beridiri di bawah bendera merah putih Hotel Majapahit Surabaya, Sabtu (2/9/2023). (IDN Times/Ardiansyah Fajar).

Bakal capres dari Koalisi Perubahan untuk Perubahan (KPP) mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sebagai bakal capres di Pilpres 2024. Anies Baswedan menggandeng Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar. 

Anies dan Cak Imin membeberkan beberapa janjinya jika pasangan ini menang Pilpres 2024, berikut janjinya:

  1. Subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) serendah-rendahnhnya, bahkan pemilik sepeda motor bisa gratis.
  2. Meningkatkan dana desa hingga Rp5 miliar.
  3. Mensubsidi pupuk untuk petani yang luas tanahnya di bawah setengah hektare.
  4. Tunjangan bagi ibu hamil.
  5. Meningkatkan kualitas pendidikan dengan fasilitas sekolah gratis.

Baca Juga: PKS Resmi Usung Anies-Cak Imin,  Anies: Ini Bukan Politik Tanpa Tujuan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya