SBY Sebut Deklarasi Anies-AHY Awal September, Elite NasDem: Bohong!

Sahroni sebut SBY berbohong

Jakarta, IDN Times - Partai NasDem membantah pernyataan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), terkait rencana deklarasi capres dan cawapres Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada awal September 2023.

Bendahara Umum (Bendum) Partai NasDem, Ahmad Sahroni, menyebut pertemuan Anies bersama Tim 8 di Cikeas pada 25 Agustus 2023, sama sekali tidak membahas deklarasi Anies-AHY.

“Tidak ada bahwa Anies-AHY akan dideklrasikan awal September, jadi gak ada,” kata Wakil Ketua Komisi III DPR RI itu di Bareskrim Polri, Senin (4/8/2023).

Baca Juga: Pertinggi NasDem Bakal Laporkan SBY ke Bareskrim Polri, Kenapa?

1. Sahroni sebut pertemuan di Cikeas tidak membahas deklarasi Anies-AHY

SBY Sebut Deklarasi Anies-AHY Awal September, Elite NasDem: Bohong!Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sahroni mengaku menjadi saksi hidup dalam pertemuan Anies dengan Demokrat di Cikeas yang berlangsung selama dua jam. Ia mengatakan, dalam pertemuan itu SBY hanya bercerita soal proses ia menjadi calon presiden pada 2004.

“Mengklarifikasi apa yang disampaikan oleh Pak SBY bahwa Anies-AHY akan dideklarasikan awal September. Omongan itu saya katakan gak ada. Tapi Pak SBY meminta deklarasi 3 September itu benar. Jadi apa yang disampaikan Pak SBY sebenarnya itu adalah bohong belaka,” ujar crazy rich Jakarta Utara itu.

2. Sahroni berniat melaporkan SBY ke Bareskrim

SBY Sebut Deklarasi Anies-AHY Awal September, Elite NasDem: Bohong!Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ketika memimpin rapat darurat partai pada Jumat, 1 September 2023. (youtube.com/Partai Demokrat)

Kerena itu, Sahroni mengaku berniat melaporkan SBY ke Bareskrim terkait dugaan penyebaran kabar bohong atau hoaks. Namun demikian, ia mengurungkan niatnya atas perintah Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh.

“Secara pribadi bukan secara institusi atau organisasi, atau organisasi atau sebagai jabatan DPR saya ingin melaporkan seseorang petinggi Demokrat, terkait apa yang diucapkan pada 25 Agustus bahwasanya saya ada di dalam ruangan itu,” kata dia.

“Kenapa saya akhirnya memilih secara pribadi mau melaporkan, tapi tadi saya dijalan menelepon ketua umum bahwa saya akan melakukn pelaporan. Tapi Pak Surya memerintahkan kepada saya untuk tidak boleh melaporkan yang bersangkutan,” imbuh Sahroni.

Baca Juga: PDIP Buka Pintu untuk Demokrat, Puan: Komunikasi Masih Terjalin

3. SBY sebut Anies bakal mendeklarasikan cawapres pada awal September 2023

SBY Sebut Deklarasi Anies-AHY Awal September, Elite NasDem: Bohong!Momen Anies Baswedan bertemu dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Demokrat, Jakarta Pusat (instagram.com/Agusyudhoyono)

Sebelumnya, SBY sempat menyebutkan bakal capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan, sempat menemui dirinya di kediamannya di Cikeas, Bogor, untuk memberitahu terkait deklarasi cawapres. Pertemuan itu dilakukan pada Jumat (25/8/2023).

SBY menjelaskan Anies datang bersama Tim 8, akan mendeklarasikan cawapres pada awal September 2023.

"Anies menyampaikan kepada saya, didengar oleh semua, bahwa awal September ini akan mendeklarasikan koalisi ini dalam kapasitasnya sebagai capres berikut capres dan cawapres yang telah selesai diputuskan," tuturnya dalam konferensi pers di Cikeas, Bogor, Jumat, 1 September 2023, dikutip dari YouTube Partai Demokrat.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/C0ZXxgxYEj0

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya