Sebelum Deklarasi Cak Imin, NasDem Sebut Anies Telpon AHY Gak Diangkat

NasDem bantah Demokrat yang sebut tak ada komunikasi

Jakarta, IDN Times - NasDem mengaku sempat berusaha berkomunikasi dengan Partai Demokrat, sebelum deklarasi capres-cawapres Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Bendahara Umum (Bendum) Partai NasDem Ahmad Sahroni mengatakan, sebelum deklarasi, bakal calon presiden (bacapres) Anies Baswedan sempat menghubungi Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Ada, ada (usaha komunikasi) jadi Pak Anies nelepon tidak diangkat sama AHY. Pak Sudirman Said coba komunikasi dengan pihak Demokrat tidak diangkat," kata Sahroni di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Senin (4/8/2023).

Baca Juga: Sudirman Said: Anies Tidak Pernah Punya Niat untuk Tinggalkan AHY

1. Anies Baswedan menyerahkan keputusan soal cawapres ke Surya Paloh

Sebelum Deklarasi Cak Imin, NasDem Sebut Anies Telpon AHY Gak DiangkatKetum NasDem Surya Paloh (IDN Times/Aryodamar)

Setelah gagal berkomunikasi dengan Demokrat, Anies pun menyerahkan keputusan pemilihan calon wakil presiden kepada Partai Nasdem.

"Sudah dijajaki sejak awal, tapi waktu deadlock itu terjadi tentang pemilihan cawapres Pak Anies bersama Tim 8 menyerahkan ke partai politik," kata Sahroni.

"Maka itulah, Pak Surya mengambil decision dengan keputusannyan Cak Imin sebagai cawapres," sambungnya.

2. Demokrat bantah dihubungi Anies Baswedan sebelum deklarasikan Cak Imin

Sebelum Deklarasi Cak Imin, NasDem Sebut Anies Telpon AHY Gak DiangkatGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sementara itu, mantan anggota Tim 8 dari Demokrat, Iftitah Sulaiman Suryanagara mengatakan, Anies tak pernah menghubungi AHY sebelum mendeklarasikan Cak Imin sebagai cawapresnya.

Anies dan Cak Imin deklarasi sebagai calon presiden dan calon wakil presiden di Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur pada Sabtu (2/8/2023).

"Karena faktanya tadi malam, sampai dengan 31 (Agustus) malam Pak Anies belum mengontak juga. Hari ini mungkin sudah mengontak, tapi dalam dua hari kemarin itu belum ada komunikasi. Itu saya hanya menyampaikan fakta ya," kata Iftitah, Jumat (1/9/2023), lewat rilis yang diterima dari Koordinator Juru Bicara Demokrat, Herzaky Mahendra Putra.

3. Tim 8 klaim yang menyarankan Sudirman menghubungi AHY

Sebelum Deklarasi Cak Imin, NasDem Sebut Anies Telpon AHY Gak DiangkatKetua DPC Demokrat Kota Depok, Edi Sitorus merobek baliho bergambar Anies Dengan AHY di Jalan Tole Iskandar, Sukmajaya, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Iftitah mengatakan, Sudirman Said yang juga anggota Tim 8 berencana untuk memberi kabar kepada AHY soal keputusan untuk mendeklarasikan Anies Baswedan dan Cak Imin.

Rencana Sudirman bertemu dengan AHY disebut hanya bersifat pemberitahuan. Menurutnya, Demokrat hanya diberi dua opsi, menerima atau menolak.

"Ketika Pak Sudirman Said (tim Anies) meminta waktu untuk ketemu dengan AHY saya katakan, 'apakah bertemu itu untuk memberi tahu atau untuk mendiskusikan keputusan? Jawabannya, 'untuk memberi tahu'. Artinya keputusan tidak bisa diubah, keputusan tidak bisa diubah," ujarnya.

Saat itu, Iftitah mengaku meminta Sudirman agar Anies lah yang menghubungi langsung AHY lantaran menyangkut keputusan besar. Namun, Iftitah menyebut bahwa komunikasi tersebut tak terjadi.

"Saya menyarankan untuk keputusan sebesar ini saya dorong 'Pak Capres langsung hubungi Ketua Umum' Kenapa begitu? Karena ada pengalaman empirik Pak Capres itu beberapa kali langsung kontak juga kepada Ketua Umum," ungkap Iftitah.

Iftitah juga meminta Sudirman mencabut tudingan yang menyebut AHY tak merespons Anies.

"Tadi kita juga sampaikan ke Pak Dirman, 'Pak kita tolong jangan lagi bantah membantah di media, bahwa ada upaya untuk meminta ketum Pak AHY tapi tidak direspons'," ujarnya.

Baca Juga: Elektabilitas AHY dan Cak Imin sebagai Cawapres, Siapa Lebih Kuat?

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya