Kurangi Polusi, Pemkot Jakut Ajak Perusahaan Terapkan Kebijakan WFH

Kendaraan bermotor dinilai jadi salah satu penyebab polusi

Jakarta, IDN Times - Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim, mengatakan, perlu peran aktif perusahaan dalam upaya pengendalian pencemaran udara, salah satunya dengan pengaturan sistem Work From Home (WFH) dan Work From Office (WFO).

Hal itu sejalan dengan adanya Intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2023 tentang Pengendalian Pencemaran Udara Pada Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Baca Juga: Pemerintah Semprot Air dari Atas Gedung Usir Polusi, IDI: Gak Efektif!

1. WFH dan WFO dinilai mampu kurangi jumlah kendaraan bermotor yang masuk ke Jakarta

Kurangi Polusi, Pemkot Jakut Ajak Perusahaan Terapkan Kebijakan WFHilustrasi lalu-lintas yang padat (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Dengan pengaturan WFH dan WFO, kata dia, diharapkan dapat mengurangi jumlah kendaraan bermotor yang masuk ke Jakarta. Sebab, kendaraan bermotor menjadi salah satu faktor meningkatnya pencemaran udara saat ini.

"70 persen penyumbang pencemaran udara berasal dari kendaraan bermotor. Maka dengan pengaturan WFH dapat mengurangi jumlah kendaraan bermotor yang masuk ke wilayah Jakarta. Meski begitu, pengaturan sistem kerja tetap disesuaikan dengan kebijakan perusahaan masing-masing," kata Ali Maulana Hakim, dikutip dari siaran pers, Sabtu (26/8/2023).

Baca Juga: Heboh Prostitusi Gang Royal di Jakut, Dinas PPPAP Turun Tangan

2. Perusahaan diminta imbau karyawan untuk manfaatkan transportasi publik

Kurangi Polusi, Pemkot Jakut Ajak Perusahaan Terapkan Kebijakan WFHUji coba bus listrik Transjakarta X Higer berpelanggan (dok. Transjakarta)

Ali menyarankan, perusahaan mengimbau karyawannya untuk memanfaatkan transportasi publik, termasuk mengoptimalkan bus antar jemput.

Perusahaan juga dianjurkan berpartisipasi dalam pengelolaan sampah sehingga dapat meminimalisir gas metana yang berasal dari sampah membusuk. 

"Kami akan meminta laporan kepada setiap perusahaan sejauh mana kebijakan pengendalian pencemaran udara telah dilakukan. Tentunya laporan tersebut secara berjenjang dilaporkan ke tingkat Provinsi DKI Jakarta dan Kemendagri," ujar Ali. 

Baca Juga: Waspada Polusi Udara, KemenPPPA Dorong Anak Beraktivitas Dalam Ruangan

3. Gerakan pentaheliks diharapkan mampu lakukan kendalikan pencemaran udara

Kurangi Polusi, Pemkot Jakut Ajak Perusahaan Terapkan Kebijakan WFHilustrasi polusi udara pekat (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Ali berharap terciptanya suatu gerakan bersama dari pentaheliks, yaitu pemerintah, dunia usaha, akademisi, masyatakat, dan media dalam upaya pengendalian pencemaran udara. 

"Kita akan mendorong dunia usaha ini untuk menindaklanjuti upaya-upaya pengendalian pencemaran udara. Peran dari pentaheliks itu penting untuk terciptanya suatu gerakan bersama," kata dia.

4. Kurangi debu dan polusi, sepanjang jalan Arteri Marunda dibersihkan dan disiram

Kurangi Polusi, Pemkot Jakut Ajak Perusahaan Terapkan Kebijakan WFHDok. Kominfo Kudus

Sementara itu, dalam rangka mengurangi polusi, sepanjang Jalan Arteri Marunda, Cilincing juga menjadi target utama pelaksanaan kegiatan pembersihan jalan dan penyiraman tanaman pada Rabu (23/8/2023).

Sebanyak 165 petugas gabungan yang terdiri dari Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, Sudin Perhubungan, Sudin Lingkungan Hidup, Sudin Bina Marga, UPK Badan Air, dan PPSU Kecamatan Cilincing dikerahkan dalam aksi bersih-bersih ini.

 Camat CIlincing, Anita Permata Sari, mengatakan, pemilihan Jalan Arteri Marunda karena lokasi itu merupakan jalan alternatif yang terdapat perusahaan dan lintasan aktivitas masyarakat.

Aktivitas kendaraan di Jalan Arteri Marunda tergolong cukup padat sehingga cenderung membuat jalanan berdebu.

"Kita prinsipnya adalah mengurangi debu dan menyiram tanaman. Kegiatan ini sebagai aksi awal yang nantinya akan ada aksi-aksi lanjutan di titik strategis lainnya," kata Anita.

Anita pun berharap lingkungan di wilayah Kecamatan Cilincing dapat lebih hijau dan terjaga kebersihannya.

"Secara keseluruhan, kami akan terus berupaya untuk ikut mengurangi polusi udara dengan berbagai cara seperti rutin melaksanakan aksi bersih-bersih, uji emisi, dan lainnya," ucapnya.

Baca Juga: DPRD Kota Depok Dorong Warga Gunakan Masker Cegah Polusi Udara

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya