PMI Distribusikan 300 Mobil Tangki Air Atasi Bencana Kekeringan

Air bersih disalurkan melalui masjid di wilayah terdampak

Jakarta, IDN Times - Palang Merah Indonesia (PMI) meluncurkan 150 mobil tangki air dan 150 mobil pikap air yang didistribusikan ke wilayah terdampak kekeringan di Indonesia.

Penyaluran operasi air bersih ini dilakukan dalam kegiatan Operasi Air Bersih untuk Rakyat yang digelar selama periode Agustus 2023.

Kegiatan itu juga dilakukan sesuai dengan prakiraan data BMKG yang menujukkan wilayah Indonesia akan mengalami puncak fenomena El Nino pada Agustus-September 2023.

"Sesuai data BMKG, ada 17 provinsi di Indonesia yang mengalami kekeringan, PMI akan bekerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) untuk mendistribusikan air bersih kepada masyarakat yang membutuhkan," ujar Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla (JK) dalam konferensi pers di gedung PMI Pusat, Senin  (14/8/2023).

Baca Juga: Semeja Bareng Jusuf Kalla, Anies Hadiri Acara HUT ke-70 Kalla Group

1. Penyaluran 300 juta liter air bersih ke wilayah terdampak bencana kekeringan

PMI Distribusikan 300 Mobil Tangki Air Atasi Bencana KekeringanPelepasan Mobil Tangki Air untuk Atasi Kekeringan (IDN Times/Rachma Syifa)

PMI akan mengerahkan 300 unit tangki air dengan kapasitas 5.000 liter dan kendaraan bak terbuka ke berbagai provinsi.

Mobil-mobil tersebut akan beroperasi sebanyak tiga kali sehari ke wilayah-wilayah yang membutuhkan.

"Kami akan menggunakan masjid dan tempat ibadah lainnya sebagai pusat distribusi air bersih," ucap Jusuf Kalla, saat penandatanganan nota kesepakatan antara PMI dan DMI.

Baca Juga: Indramayu Alami Kekeringan, Kementan Gerak Cepat Lakukan Langkah Ini

2. Sejumah 17 provinsi dilaporkan berstatus waspada hingga awas akibat bencana kekeringan

PMI Distribusikan 300 Mobil Tangki Air Atasi Bencana KekeringanPMI Distribusikan 300 Mobil Tangki Air untuk Atasi Kekeringan (IDN Times/Rachma Syifa)

Wakil Presiden ke-10 itu menjelaskan, terdapat 161 kabupaten dari 17 provinsi yang dilaporkan berstatus waspada hingga awas akibat kondisi kekeringan.

"Provinsi yang sangat terdampak ialah Jawa Tengah, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, DKI Jakarta, Papua, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Lampung, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, dan Maluku," sambungnya.

Baca Juga: Dampak Fenomena El Nino, 949 Ha Sawah di Banten Kekeringan 

3. Operasi ini adalah bentuk amal

PMI Distribusikan 300 Mobil Tangki Air Atasi Bencana KekeringanPMI Distribusikan 300 Mobil Tangki Air untuk Atasi Kekeringan (IDN Times/Rachma Syifa)

Operasi Air Bersih ini turut mengajak sektor swasta untuk turut berpartisipasi guna mencegah dampak buruk yang mungkin terjadi akibat kondisi kekeringan di berbagai wilayah.

"Operasi ini adalah bentuk amal, air bersih sangatlah penting. Percuma ada beras jika tidak ada air bersih tersedia," ucap Jusuf Kalla.

4. DMI menyiapkan masjid sebagai tempat penyaluran air bersih ke masyarakat

PMI Distribusikan 300 Mobil Tangki Air Atasi Bencana KekeringanPMI Distribusikan 300 Mobil Tangki Air untuk Atasi Kekeringan (IDN Times/Rachma Syifa)

Sementara itu, Sekretaris Jenderal DMI, Imam Addaruqutni, mengatakan, partisipasi DMI dalam operasi kekeringan ini merupakan bagian dan fungsi dari masjid.

DMI telah menyiapkan sarana dan relawan untuk membantu pelaksanaan operasi distribusi air bersih ini.

"Dalam rapat koordinasi dengan pimpinan DMI daerah. kami telah menyusun rencana dan menyediakan sarana yang diperlukan. PMI akan membantu dengan mengirimkan air bersih ke masjid-masjid di wilayah terdampak," sambungnya.

PMI dan DMI mengajak seluruh pihak untuk bersatu mengatasi krisis kekeringan ini.

"Dengan kolaborasi dan upaya bersama kita dapat memberikan bantuan yang dibutuhkan masyarakat," katanya.

Baca Juga: Halte TransJakarta Tendean Kebakaran, Terdengar Ledakan Keras 

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya