Utting Research: Suara Pemilih Rentan Berubah, 3 Capres Bersaing Ketat

Elektabilitas selisih ketat, kini Ganjar Pranowo memimpin

Jakarta, IDN Times - Lembaga Survei Australia, Utting Research, mengungkapkan pertarungan kandidat dalam Pilpres 2024 di antara tiga kandidat, yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan, masih ketat dan suara pemilih rentan berubah.

Survei ini dilakukan secara tatap muka pada 12-17 Juni 2023 dengan jumlah sampel 1.200 responden, yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Survei ini menggunakan metode random sampling, dengan margin of error (MoE) sebesar +/-2,8 persen, dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga: Survei LSN: Sinyal Dukungan Jokowi Dongkrak Elektoral Prabowo di 2024

1. Elektabilitas selisih sedikit, tiga capres bersaing ketat

Utting Research: Suara Pemilih Rentan Berubah, 3 Capres Bersaing KetatPrabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawaninstagram.com/ganjar_pranowoIDN Times/Reynaldy Wiranata)

Hasil survei tersebut dipimpin Ganjar Pranowo dengan tingkat elektabilitas 34 persen, disusul Prabowo Subianto sebanyak 33 persen, dan Anies Baswedan 27 persen.

Sedangkan 3 persen mengaku rahasia, dan sisanya 3 persen memutuskan tidak menjawab.

Dengan selisih yang ketat antara ketiga calon, membuat masih rentan terjadi perubahan pilihan pemilih menjelang Pilpres 2024.

2. Tingkat kepuasan kerja Jokowi tinggi tapi persepsi ekonomi belum baik

Utting Research: Suara Pemilih Rentan Berubah, 3 Capres Bersaing KetatPresiden Jokowi berkunjung ke Grasberg PT Freeport Indonesia (dok. Sekretariat Presiden)

Dari 1.200 responden, sebesar 72 persen mengaku puas dengan kinerja pemerintahan Joko "Jokowi" Widodo-Ma'ruf Amin, sedangkan 28 persen mengaku tidak puas.

Meskipun sebagian besar responden mengaku puas dengan kinerja pemerintahan Jokowi, tetapi persepsi publik terhadap situasi ekonomi belum sepenuhnya membaik. Sebesar 51 persen mengatakan situasi ekonomi buruk, dan 48 persen mengatakan situasi ekonomi baik, sedangkan sisanya 1 persen mengaku tidak tahu.

Baca Juga: Survei: Prabowo Kalahkan Ganjar jika Head to Head di Pilpres 2024

3. Publik ingin lanjutkan program pemerintahan Jokowi dengan perubahan

Utting Research: Suara Pemilih Rentan Berubah, 3 Capres Bersaing KetatPresiden Jokowi dan Wakil Presiden Maruf Amin dalam Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPD dan DPR RI pada Jumat (14/8/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Menurut hasil survei ini, sebagian besar publik menginginkan keberlanjutan program Presiden Jokowi dengan melakukan sejumlah perbaikan. Sebesar 61 persen setuju agar pemerintahan baru melanjutkan kebijakan pemerintahan Jokowi dan memperbaiki sebagiannya.

Sementara, sebesar 20 persen sepakat membuat kebijakan baru dan berbeda, sedangkan sebanyak 18 persen setuju untuk melanjutkan kebijakan pemerintahan Jokowi saat ini.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/icJmSOJIMHY

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya