PT ASDP: Reservasi Tiket Penyeberangan Mulai Alami Peningkatan

Pengguna jasa diwajibkan bertiket sebelum tiba di pelabuhan

Jakarta, IDN Times - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memprediksi trafik kendaraan dan penumpang akan mulai alami peningkatan pesat pada Selasa (18/4), atau H-4 lebaran. Sementara puncak arus mudik akan terjadi Kamis (20/4) atau H-2.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, tren arus mudik yang mulai menunjukkan peningkatan, khususnya di jalur tersibuk Merak - Bakauheni dan sebaliknya, terlihat berdasarkan data reservasi di aplikasi dan situs Ferizy.

1. Rincian data reservasi

PT ASDP: Reservasi Tiket Penyeberangan Mulai Alami PeningkatanPT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memprediksi trafik kendaraan dan penumpang akan mulai alami peningkatan pesat pada Selasa (18/4), atau H-4 lebaran. (Dok. PT ASDP)

Per hari ini, tercatat total reservasi pada H-7 hingga H-1 sebanyak 9.206 kendaraan atau baru sekitar 6,67 persen, di mana reservasi tertinggi dari Merak - Bakauheni pada 19 April 2023 (H-3) sebanyak 2.377 kendaraan (12,05 persen). 

Sedangkan dari Pelabuhan Ciwandan, jumlah reservasi tiket R2 rute Ciwandan - Bakauheni dari H-7 hingga H-1 sebanyak 9.419 (9,72 persen). Adapun reservasi tertinggi sebanyak 3.133 unit sepeda motor (13,19 persen) pada 20 April 2023 (H-2).

Untuk rute Ciwandan - Panjang yang dilayani KM Dobonsolo (Pelni) pada H-3 s/d H-2 dengan total 3 trip, jumlah reservasinya mencapai 1.843 unit sepeda motor (49,15 persen) dengan reservasi tertinggi pada 20 April 2023 sebanyak 1.032 unit sepeda motor.

"Berdasarkan data hasil pantauan reservasi di atas, produksi kendaraan untuk arus mudik mengalami kenaikan mulai H-4 s/d H-2 dengan prediksi puncak produksi terjadi pada H-2 atau 20 April 2023," ujar Shelvy.

Baca Juga: ASDP Pelabuhan Kayangan Siapkan 27 Armada Kapal Layani Mudik Lebaran

2. Baru 61.207 orang tinggalkan Jawa menuju Sumatera

PT ASDP: Reservasi Tiket Penyeberangan Mulai Alami PeningkatanPT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memprediksi trafik kendaraan dan penumpang akan mulai alami peningkatan pesat pada Selasa (18/4), atau H-4 lebaran. (Dok. PT ASDP)

Berdasarkan data Posko Merak periode 13-14 April 2023, tercatat jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 32 unit. Sedangkan total penumpang yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera mulai dari H-10 hingga H-9 tercatat 61.207 orang, turun 14 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. 

Dan untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 17.073 unit atau turun 10 persen persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 18.916 unit.

Sedangkan total penumpang yang menyeberang dari Sumatera ke Jawa mulai dari H-10 hingga H-9 tercatat 49.739 orang atau naik 4 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 48.001 orang.

Dan untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 12.977 unit atau naik 6 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 12.294 unit.

3. Tiket sudah dapat dipesan melalui aplikasi dan website Ferizy

PT ASDP: Reservasi Tiket Penyeberangan Mulai Alami PeningkatanPelabuhan penyeberangan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). (dok. ASDP)

Melihat tren pergerakan kendaraan dan penumpang di lintasan tersibuk Merak - Bakauheni, Shelvy mengatakan, pengguna jasa diwajibkan membeli tiket Lebaran mulai dari sekarang. Tiket sudah dapat dipesan melalui aplikasi dan web Ferizy sejak H-60 sebelum keberangkatan.

"Bagi seluruh calon pemudik, beli tiket dari sekarang. Bisa lewat  aplikasi atau website Ferizy. Ingat, sudah tidak ada penjualan tiket di pelabuhan, dan minimal H-1 keberangkatan sudah bertiket," tutur Shelvy.

Selain online, pemudik juga dapat membeli tiket di gerai retail seperti Alfamart, Indomaret, Agen BRILink, dan lainnya. Untuk pembayarannya, dapat dilakukan melalui transfer antarbank, e-wallet, gerai retail, internet banking, dan lainnya.

"Para pemudik diharapkan mengisi data diri dengan lengkap dan benar. Pastikan data penumpang dan kendaraan tercatat, supaya terlindungi asuransi penyeberangan," tutur Shelvy.

Pengguna jasa yang telah membeli tiket, lanjut Shelvy, diminta agar mengatur waktu di hari H keberangkatan agar tidak terlambat dengan melakukan check in dua jam sebelumnya. Tiket akan hangus jika melewati waktu jadwal masuk pelabuhan. 

“Apabila tiba di pelabuhan belum bertiket, maka kendaraan akan diputar balik keluar pelabuhan,” pungkasnya. (WEB)

Baca Juga: ASDP Siap Angkut 4,98 Juta Penumpang Kapal Mudik Tahun Ini

Topik:

  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya