Curhat Petugas Damkar Sempat Takut dengan Bahan Peledak di Ciangsana

Damkar mengaku awam dengan bahan peledak

Jakarta, IDN Times - Kasie Operasi Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jakarta Timur, Gatot Sulaeman, mengaku ada ketakutan dari para petugas Damkar ketika menangani ledakan serta kebakaran di Gudang Amunisi Daerah (Gudmurah) milik Kodam Jaya di Ciangsana, Jawa Barat, Sabtu (30/3/2024) hingga Minggu pagi.

Sebelum berhasil memadamkan dan mendinginkan lokasi, Gatot mengakui ada hambatan dalam proses pemadaman dan pendinginan yang dilakukan oleh para petugas damkar.

"Hambatannya karena kami pemadam kebakaran awam dengan bahan peledak. Jadi, rasa ketakutan cukup lumayan tinggi. Tapi, kami dibesarkan oleh teman-teman dari Yonarmed, diberikan modal semangat sehingga dapat menuntaskan pekerjaan ini," tutur Gatot kepada awak media, Minggu pagi (31/3/2024).

Gatot menyatakan pihaknya butuh waktu kurang lebih 10 jam untuk mengatasi kebakaran di Gudmurah Ciangsana.

"Kalau lamanya kurang lebih sekitar hampir delapan sampai 10 jam ya. Kami lakukan dari awal hadir sampai selesai," kata Gatot.

Di sisi lain, Gatot memastikan pendinginan yang dilakukan pihaknya rampung pada pukul 08.15 WIB pagi ini.

"Proses pendinginan kita selesaikan tadi sekitar pukul 08.15 ya. Kami nyatakan selesai karena memang titik api yang dari semalam tadi pagi pun masih di angka 85 derajat Alhamdulillah sudah kami turunkan sampai titik aman," kata Gatot.

Baca Juga: Kebakaran Gudang Amunisi Ciangsana Diatasi dalam 10 Jam

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya