Camat Cilincing: Warga Tak Boleh Menguruk Lahan Gunakan Sampah Lagi

Warga harus buang sampah di lokasi yang sudah disiapkan

Jakarta, IDN Times - Camat Cilincing, Jakarta Utara, Anita Permatasari, mengimbau warga sekitar untuk tidak menguruk lahan menggunakan sampah. Ia meminta warga tertib membuang sampah di lokasi yang sudah disiapkan.

"Bagi warga lainnya, khususnya warga Cilincing kami imbau untuk tidak memanfaatkan sampah sebagai bahan uruk lahan. Itu tentunya tidak baik karena menyebabkan pencemaran lingkungan," kata Anita dalam keterangan tertulis, Kamis (12/1/2023).

Baca Juga: Warga Cilincing Sengaja Buang Sampah ke Empang untuk Jadi Bahan Uruk

1. Sebuah empang di Cilincing dipenuhi sampah

Camat Cilincing: Warga Tak Boleh Menguruk Lahan Gunakan Sampah LagiEmpang di Marunda, Cilincing, Jakarta Utaradipenuhi sampah (dok. Humas Pemkot Jakut)

Hal yang disampaikan Anita tersebut berkaitan dengan sempat ditemukannya sebuah empang seluas dua ribu meter persegi yang dipenuhi tumpukan sampah di Jalan Sungai Tirem, Marunda, Cilincing, Jakarta Utara.

Lurah Marunda, Agung Dian Cahyono, mengatakan, warga sekitar sengaja membuang sampah di empang tersebut dengan dalih dapat dijadikan bahan uruk. 

"Jadi lahan (empang) itu milik warga yang telah dijual, namun dibiarkan begitu saja. Warga membuang sampah di sana karena beralasan menjadi bahan uruk empang tersebut. Itu tidak dibenarkan," kata Agung.

Baca Juga: PPKM Dicabut, Dinas Kesehatan DKI Anjurkan Warga Tetap Pakai Masker

2. Tim PPSU dan Satpel Lingkungan Hidup Cilincing menyulap empang jadi bersih

Camat Cilincing: Warga Tak Boleh Menguruk Lahan Gunakan Sampah LagiSpanduk imbauan jangan buang sampah di empang Cilincing (dok. Humas Pemkot Jakut)

Kendati demikian, tim Penanggulangan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) maupun Satuan Pelaksana (Satpel) Lingkungan Hidup Kecamatan Cilincing telah menyulap empang tersebut menjadi bersih.

"Pastinya petugas kami PPSU dan Satpel Lingkungan Hidup Kecamatan Cilincing setiap harinya akan membantu warga membersihkan lingkungan tersebut," ujar Agung.

Baca Juga: Dishub DKI soal Jalan Berbayar di Jakarta: Masih Digodok 

3. Lurah Marunda siapkan gerobak sampah untuk warga

Camat Cilincing: Warga Tak Boleh Menguruk Lahan Gunakan Sampah LagiSpanduk imbauan tidak membuang sampah di empang Cilincing (Dok. Humas Pemkot Jakut)

Agung juga memastikan bahwa ia telah menyediakan gerobak sampah untuk mengakomodir sampah warga setelah empang dibersihkan pada pekan lalu.

Bahkan, spanduk imbauan menjaga kebersihan juga telah dibentangkan di sejumlah titik sehingga warga tidak membuang sampah lagi ke lokasi tersebut.

Baca Juga: Penggunaan Drone Sampah di DKI, PDIP Dukung Langkah Heru Budi

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya