Comscore Tracker

Siapa Sebenarnya Novel Baswedan Hingga Disiram Air Keras?

Novel bukanlah sosok biasa.

Serangan yang tak bertanggung jawab dilakukan terhadap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi, Novel Baswedan pada hari Selasa pagi 11 April 2017. Novel diserang dengan dua orang tak dikenal menggunakan air keras.

Serangan tersebut dilakukan usai Novel salat subuh di masjid Al Ihsan, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Siapakah sebenarnya sosok Novel Baswedan hingga menjadi sasaran orang tak dikenal?

1. Penyidik KPK terbaik yang menangani banyak kasus-kasus besar.

Siapa Sebenarnya Novel Baswedan Hingga Disiram Air Keras?Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO

Novel adalah pria kelahiran Semarang 22 Juni 1977 yang menjadi salah satu penyidik terbaik di KPK. Dia mengawali kariernya di Kepolisian RI (Polri) tahun 1998 dan melanjutkan tugasnya di Polres Bengkulu pada 1999 hingga 2005.

Selanjutnya, mulai Januari 2007, Novel diangkat sebagai penyidik KPK. Kasus-kasus yang ditanganinya tergolong besar. Mulai korupsi Simulator SIM Polri, proyek Alat Pendidikan di Kementerian Pendidikan yang menjerat Angelina Sondakh, dan korupsi Wisma Atlet yang melibatkan mantan Bendum Partai Demokrat, M Nazaruddin. Bahkan, kasus simulator SIM kemudian menjadi salah satu sebab konflik antara KPK dan Kepolisian. 

2. Novel pernah ditabrak oleh mobil tak dikenal.

Siapa Sebenarnya Novel Baswedan Hingga Disiram Air Keras?Andreas Fitri Atmoko/ANTARA FOTO

Teror bukan kali ini dialami Novel. Sebelumnya, Novel pernah mendapatkan serangan saat menangani kasus penanganan korupsi Bupati Buol, Amran Batalipu pada bulan Juni 2012. Dalam serangan tersebut, sepeda motor yang dikendarai Novel hancur akibat ditabrak mobil yang tak dikenal.

Baca Juga: Meski Menolak Reklamasi, Anies-Sandi Belum Tahu Solusi untuk Teluk Jakarta. 

3. Mobil yang dikendarai Novel pernah masuk ke sungai.

Siapa Sebenarnya Novel Baswedan Hingga Disiram Air Keras?Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO

Yang kedua, Novel juga pernah mengalami kecelakaan janggal saat menyidik kasus e-KTP. Mobil yang dikendarai Novel dan para penyidik KPK tiba-tiba masuk ke sungai ketika melakukan pengecekan fisik terhadap pengadaan e-KTP pada 15 Oktober 2015. Kecelakaan ini diduga terjadi akibat sopir dalam kondisi kurang fit.

5. Sepupu Anies Baswedan.

Siapa Sebenarnya Novel Baswedan Hingga Disiram Air Keras?Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO

Novel Baswedan (kanan) dan Anies Baswedan adalah saudara sepupu. Keduanya sama-sama cucu dari AR Baswedan, Menteri Muda Penerangan era Presiden Soekarno. Anies pun berharap kepada aparat penegak hukum untuk menuntaskan kasus teror yang menimpa saudara sepupunya tersebut.

Baca Juga: Dinilai Sosok Penuh Kasih, Kumpulan Pendeta Dukung Anies-Sandiaga. 

Line IDN Times

Topic:

Just For You