Gerindra Angkat Bicara soal Guntur Romli Keluar PSI Lantaran Prabowo

Gerindra hormati keputusan Guntur Romli

Jakarta, IDN Times - Partai Gerindra angkat bicara perihal langkah politik Guntur Romli yang keluar dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI), lantaran adanya sinyal kedekatan antara PSI dengan calon presiden (capres) dari Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR), Prabowo Subianto.

Partai Gerindra melalui Juru Bicara Pemenangan Pemilu, Dinnar Ajeng Ravianti, menyebut langkah politik Guntur sebagai hak pribadi. Namun, Gerindra menghargai sikap pimpinan Ganjnarian Spartan itu.

"Kami rasa itu menjadi hak individu mas Guntur Romli ingin keluar atau bergabung dengan partai manapun, dan kami menghargai saja sifatnya," ujar Dinnar kepada IDN Times, Minggu (6/8/2023).

Baca Juga: Guntur Romli Keluar dari PSI, Prabowo jadi Penyebabnya?

1. Keluarnya Guntur dari PSI di luar kuasa Gerindra

Gerindra Angkat Bicara soal Guntur Romli Keluar PSI Lantaran Prabowo(IDN Times/Irfan Fathurohman)

Dinnar mengatakan kalau pun memang alasan Guntur subjektif karena kunjungan Partai Gerindra dan Prabowo ke PSI, hal itu sudah di luar kuasa Gerindra.

"Sudah di luar kapasitas kami ada pihak-pihak yang suka atau tidak suka dengan Partai Gerindra dan Pak Prabowo itu sendiri," ujar dia.

2. Gerindra hanya bangun suasana sejuk jelang Pemilu 2024

Gerindra Angkat Bicara soal Guntur Romli Keluar PSI Lantaran Prabowo(IDN Times/Irfan Fathurohman)

Dinnar menegaskan kunjungan Partai Gerindra ke PSI tak lain silaturahmi politik, untuk menjaga suasana politik tetap kondusif menjelang Pemilu 2024. Selain itu, belum ada komitmen politik antara PSI dengan Gerindra.

"Tapi yang pasti komitmen kami dan Pak Prabowo ingin suasana demokrasi yang sejuk, komunikasi politik yang baik dengan semua pihak. Jadi rivalitas hanya dalam ide dan gagasan," ujar dia.

Baca Juga: Respons DPP terkait Keluarnya Guntur Romli dari PSI

3. Guntur mundur dari PSI lantaran kedekatan partai dengan Prabowo

Gerindra Angkat Bicara soal Guntur Romli Keluar PSI Lantaran PrabowoKetua Umum Ganjarian Spartan, Mohamad Guntur Romli, ketika mendeklarasikan relawan Ganjar Pranowo pada Rabu (18/1/2023). (IDN Times/Santi Dewi)

Sebelumnya, Mohamad Guntur Romli membenarkan dirinya keluar dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) per Jumat, 4 Agustus 2023. Ia menyatakan ingin fokus mengabdi sebagai Ketua Umum Ganjarian Spartan.

“Iya. Saya akan fokus sebagai Ketua Umum Ganjarian Spartan,” kata putra KH Achmad Zaini Romli itu saat dikonfirmasi via pesan singkat, Sabtu (5/8/2023).

Dalam keterangan pers, Guntur mengungkapkan alasan dirinya keluar dari PSI lantaran adanya sinyal kedekatan antara PSI dengan bakal calon presiden (capres) dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Guntur mengaku tidak pernah diberi tahu atau pun diberikan penjelasan dari pengurus PSI, terkait kehadiran Prabowo di DPP PSI pada Rabu, 2 Agustus 2023. Dia mengatakan hanya bisa membaca dan menonton di media massa, Prabowo terlihat mulai memiliki kedekatan dengan PSI.

"Alasan yang sebenarnya saya akhirnya memutuskan keluar dari PSI adalah kehadiran Prabowo di DPP PSI dan 'tondo-tondo' koalisi PSI dengan Prabowo, itu tanpa dibuka terlebih dahulu ruang diskusi, dan perdebatan karena terkait nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang sama-sama kita perjuangkan selama ini,” kata dia.

Adapun keputusan keluar tersebut, kata Guntur, merupakan hal yang berat, karena relasi yang sudah terjalin antara dirinya dan kader PSI lainnya. Ia juga mengatakan PSI merupakan rumah politiknya.

“Begitu pun PSI yang selama ini saya anggap sebagai ‘rumah politik’ saya. Mulai hari ini, saya menyatakan keluar dari PSI sebagai anggota dan kader PSI," kata mantan aktivis dan juga penulis itu.

Guntur menjelaskan dirinya tidak sedang melancarkan politik kebencian pada Prabowo. Ia mengaku menghormati Ketua Umum Partai Gerindra itu sebagai sosok tokoh politik, sekaligus sebagai Menteri Pertahanan di kabinet pemerintah Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Pria bernama lengkap Mohamad Guntur Romli itu juga meyakini penerus Jokowi adalah capres asal PDIP, Ganjar Pranowo.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/icJmSOJIMHY

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya