Guntur Romli Keluar dari PSI, Prabowo jadi Penyebabnya?

Prabowo belum lama ini berkunjung ke PSI

Jakarta, IDN Times - Mohamad Guntur Romli membenarkan dirinya keluar dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) per Jumat, 4 Agustus 2023, dan menyatakan ingin fokus mengabdi sebagai Ketua Umum Ganjarian Spartan.

“Iya. Saya akan fokus sebagai Ketua Umum Ganjarian Spartan,” kata Guntur saat dikonfirmasi via pesan singkat, Sabtu (5/8/2023).

Baca Juga: Bertemu 1 Jam, Prabowo Subianto Sebut Banyak Kecocokan dengan PSI 

1. Karena kedekatan PSI dengan Prabowo

Guntur Romli Keluar dari PSI, Prabowo jadi Penyebabnya?Ketua Umum PSI Giring Ganesha (tengah) bersama Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie (kiri) di DPP PSI, Rabu (5/4/2023). (IDN Times/Melani Putri)

Sementara, Guntur mengungkapkan alasan dirinya keluar dari PSI lantaran adanya sinyal kedekatan antara PSI dengan bakal calon presiden (capres) dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Guntur mengaku tidak pernah diberi tahu atau pun diberikan penjelasan dari pengurus PSI, terkait kehadiran Prabowo di DPP PSI pada Rabu, 2 Agustus 2023. Dia mengatakan hanya bisa membaca dan menonton di media massa, Prabowo terlihat mulai memiliki kedekatan dengan PSI.

"Alasan yang sebenarnya saya akhirnya memutuskan keluar dari PSI adalah kehadiran Prabowo di DPP PSI dan 'tondo-tondo' koalisi PSI dengan Prabowo, itu tanpa dibuka terlebih dahulu ruang diskusi, dan perdebatan karena terkait nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang sama-sama kita perjuangkan selama ini,” kata dia, dalam keterangan tertulis.

2. Guntur tidak ada kebencian kepada Prabowo

Guntur Romli Keluar dari PSI, Prabowo jadi Penyebabnya?Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Adapun keputusan keluar tersebut, kata Guntur, merupakan hal yang berat, karena relasi yang sudah terjalin antara dirinya dan kader PSI lainnya. Ia juga mengatakan PSI merupakan rumah politiknya.

“Begitu pun PSI yang selama ini saya anggap sebagai ‘rumah politik’ saya. Mulai hari ini, saya menyatakan keluar dari PSI sebagai anggota dan kader PSI," kata Guntur.

Guntur menjelaskan dirinya tidak sedang melancarkan politik kebencian pada Prabowo. Ia mengaku menghormati Ketua Umum Partai Gerindra itu sebagai sosok tokoh politik, sekaligus sebagai Menteri Pertahanan di kabinet pemerintah Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Baca Juga: Markas PSI Didatangi Prabowo dan Elite Gerindra, Bahas Capres 2024?

3. Guntur tetap yakin Ganjar Pranowo sebagai penerus Jokowi

Guntur Romli Keluar dari PSI, Prabowo jadi Penyebabnya?(Dok.YouTube/Cokro TV)

Guntur meyakini capres dari PDIP, Ganjar Pranowo, layak menjadi penerus Jokowi. Menurutnya, Ganjar memiliki persamaan ideologi dan gaya kepemimpinan dengan Presiden ke-7 RI tersebut.

"Jadi menurut pertimbangan rasional dan ideologis, saya hakul yakin dan percaya Ganjar Pranowo-lah yang layak menjadi penerus Joko Widodo pada 2024. Apalagi berdasarkan hasil Rembuk Rakyat yang diumumkan PSI pada Oktober 2022 lalu, 'Jokowi di Hati, Ganjar Dinanti'," ucap relawan Jokowi itu.

Diketahui, PSI menerima kunjungan bakal calon presiden (capres) dari Partai Gerindra Prabowo Subianto di Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Rabu, 2 Agustus 2023.

Usai pertemuan tertutup, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie menyebut ada kesamaan antara partai-nya dan Prabowo.

Prabowo pun menyebut ia mengajak PSI untuk bergabung bersama Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) pada Pemilu 2024.

Grace juga menyebut pihaknya berpedoman kepada Jokowi soal menentukan dukungan capres 2024. PSI, kata dia, tegak lurus dengan Jokowi karena pihaknya menginginkan pemimpin Indonesia selanjutnya melanjutkan program-program Jokowi.

Kendati, belum secara resmi menyebut salah satu nama bakal capres yang akan didukung PSI, Grace menilai, Prabowo sebagai sosok yang memiliki komitmen untuk melanjutkan program pemerintahan Jokowi.

"Kami melihat ada niatan baik dari Pak Prabowo komitmen untuk melanjutkan apa yang sudah Pak Jokowi perjuangkan, dan itu tentunya membuat kami lega dan senang bahwa Indonesia ke depan akan cerah," ucapnya.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/bv0TbqblinI

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya