Ini Sosok Capres 2024 Pilihan Generasi Milenial Menurut Survei IMGR

IDN Research Institute merilis hasil survei IMGR 2024

Jakarta, IDN Times - IDN Research Institute kembali merilis hasil survei tentang Millennials dan Gen Z, bersamaan dengan momen tahunan IDN Media, Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) yang berlangsung mulai 24-26 November 2023.

Pada saat survei ini dilakukan pada Oktober 2023, generasi millennial merasa ragu-ragu mengambil keputusan memilih calon presiden (capres) pilihan mereka pada Pemilu 2024. Mereka ingin memilih capres yang mampu bekerja efektif memimpin bangsa melewati masa krisis, menciptakan inovasi kebijakan, mendorong perubahan positif, dan mengelola secara bijak anggaran negara.

Mereka juga menginginkan calon pemimpin yang berkarakter, berintegritas dan sikap tegas anti-korupsi sebagai prioritas utama. Selain itu, mereka menghargai pemimpin yang memancarkan semangat kualitas kepemimpinan yang tegas dan karismatik, rendah hati, serta merakyat.

Baca Juga: Gen Z Memilih, Ternyata Begini Peran Gen Z di Pemilu 2024

1. Prabowo paling banyak dipilih millennial

Ini Sosok Capres 2024 Pilihan Generasi Milenial Menurut Survei IMGR(Dok. IMGS 2023)

Dengan pertanyaan "jika pemilu presiden digelar hari ini (per September 2023), siapa yang akan Anda pilih?" millennial mayoritas memilih capres Prabowo Subianto sebesar 30 persen, Ganjar Pranowo 23,7 persen, Anies Baswedan 15 persen, dan 32,3 persen tidak menjawab atau memilih.

2. Millennial ingin sosok pemimpin berintegritas, anti-korupsi, tegas, dan karismatik

Ini Sosok Capres 2024 Pilihan Generasi Milenial Menurut Survei IMGR(Dok. IMGS 2023)

Sementara, ciri-ciri karakter yang dibutuhkan seorang pemimpin untuk memimpin Indonesia pada 2024, millennial mayoritas menginginkan sosok yang memiliki integritas dan anti-korupsi dengan 72,3 persen, tegas dan karismatik 56,3 persen, sederhana dan merakyat 48,7 persen.

Kemudian, sosok yang berprestasi dan memiliki rekam jejak yang baik 29 persen, Komitmen terhadap demokrasi dan hak asasi manusia (HAM) 26,3 persen, beriman 20,7 persen, berpengalaman 9,7 persen, intelektual 9,7 persen, kemampuan 7 persen, dan lain-lain 1,5 persen.

3. Visi misi capres juga menentukan pilihan generasi millennial

Ini Sosok Capres 2024 Pilihan Generasi Milenial Menurut Survei IMGR(Dok. IMGS 2023)

Hasil survei ini juga bisa disimpulkan semua kandidat yang maju pada Pilpres 2024, memiliki karakter yang diinginkan generasi millennial. Namun, pada akhirnya, yang sebenarnya memengaruhi suara millennial adalah sikap para capres terhadap berbagai permasalahan di Indonesia.

Misalnya bagaimana visi misi capres dalam mengatasi masalah yang berkaitan dengan generasi millennial, seperti kesempatan kerja, kesejahteraan, upaya memberantas korupsi, kesehatan, demokrasi, kebebasan sipil, dan lingkungan.

Baca Juga: Sidang Gugatan DCT Keterwakilan Perempuan, Koalisi Kecewa KPU Tak Siap

4. Ada 5 partai politik yang paling mudah dikenali millennial

Ini Sosok Capres 2024 Pilihan Generasi Milenial Menurut Survei IMGR(Dok. IMGS 2023)

Survei ini juga menyebutkan lima partai politik yang mudah dikenali generasi millennial. Kelima partai politik tersebut antara lain Partai Gerindra, PDI Perjuangan (PDIP), Partai Golkar, PAN, dan Partai NasDem.

IDN Media menggelar Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2023, sebuah konferensi independen yang khusus diselenggarakan untuk dan melibatkan generasi Millennial dan Gen-Z di Tanah Air.

Dengan tema Purposeful Progress, IMGS 2023 bertujuan membentuk dan membangun masa depan Indonesia dengan menyatukan para pemimpin dan tokoh nasional dari seluruh nusantara. IMGS 2023 diadakan pada 24-26 November 2023 di Pulau Satu dan Dome Senayan Park, Jakarta.

Dalam IMGS 2023, IDN Media juga meluncurkan Indonesia Millennial and Gen-Z Report 2023. Survei ini dikerjakan IDN Research Institute bekerja sama dengan Advisia sebagai Research Partner.

Melalui survei yang melibatkan 2000-an responden ini, IDN Media menggali aspirasi dan DNA Millennial dan Gen-Z Indonesia. Survei ini dilakukan pada 29 Mei hingga 9 Juli 2023.

 

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/aRupccPgT88

Topik:

  • Rochmanudin
  • Dwi Agustiar
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya