Linimasa: Aksi Akbar Rakyat Indonesia Bela Palestina

Save Palestine!

Jakarta, IDN Times - Masyarakat Indonesia menggelar aksi bela Palestina di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (5/11/2023). Sekitar dua juta orang diperkirakan menghadiri aksi damai ini.  

Acara bertema Save Palestine, Save Humanity ini digelar mulai pukul 06.00 hingga 10.00 WIB, dan dihadiri berbagai elemen masyarakat, mulai tokoh nasional, tokoh lintas agama, santri, komunitas, ormas keagamaan, mahasiswa dan sebagainya.

Sejumlah lembaga atau organisasi kemasyarakatan juga hadir di antarnya Majelis Ulama Indonesia (MUI), Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), organisasi Budha Permabudhi, Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin), dan Dewan Kesejahteraan Masjid (DKM).

Sejumlah tokoh yang hadir di antaranya Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menko PMK Muhadjir Effendi, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan capres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan.

Acara ini disebut sebagai aksi damai membela Palestina, tidak memandang apa agamanya, lintas ormas, dan lintas golongan untuk menyuarakan bahwa Indonesia peduli dengan apa yang terjadi di Palestina.

Diketahui, Indonesia memang telah lama gencar memperjuangkan kemerdekaan Palestina. Menlu Retno mengatakan, Indonesia sudah bekerja sekuat tenaga untuk mendukung Palestina, terutama untuk menyerukan penghentian kekerasan dan serangan Israel di Jalur Gaza.

Sampai hari ini, terhitung jumlah korban tewas di Gaza mencapai hampir 10 ribu orang dengan mayoritas adalah anak-anak, perempuan, dan lansia. Berikut linimasa aksi damai bela Palestina.

Baca Juga: Menlu: Indonesia Berdiri Terus Bersama Rakyat Palestina

09.55 WIB: Aksi bela Palestina ditutup dengan doa dan bagi-bagi bunga mawar putih

Linimasa: Aksi Akbar Rakyat Indonesia Bela PalestinaPeserta aksi bela damai Palestina membawa berbagai poster saat berkumpul di kawasan Monas pada Minggu (5/11/2023). (IDN Times/Gilang Pandutanaya)

Sekitar pukul 09.55 WIB, aksi bela Palestina ditutup dengan doa, serta dilanjutkan dengan yel-yel dan lagu Palestina dari Shoutul Harokah dengan tembangnya Palestina Tercinta. Bendera Palestina mulai dari yang kecil hingga ukuran raksasa dibentangkan mengiringi lagu ini. Peserta aksi pun turut menyanyikan lagi ini sambil mengangkat kepalan tangan. 

Sementara, panitia acara Ustaz Bachtiar Nasir membagi-bagikan bunga mawar putih kepada peserta aksi, seraya mengajak peserta saling berkenalan satu sama lain, serta mendoakan agar semua peserta selamat sampai rumah masing-masing.

09.45 WIB: Din Syamsuddin meminta maaf tidak undang semua capres

Dalam kesempatan ini, Din Syamsuddin selaku ketua pengarah aksi bela Palestina, memohon maaf kepada dua capres lainnya yang tidak hadir dalam aksi ini, yakni Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

"Karena waktu yang tidak memungkinkan dan mepet kami mohon maaf untuk capres yang tidak bisa hadir di acara ini. Tapi aksi ini untu kebersamaan, saya sebagai ketua pengarah mengucapkan terima kasih kepada segenap kelompok dan peserta yang jumlahnya ditaksir lebih dari 2 juta," ucap mantan Ketua Umum MUI itu. 

09.35 WIB: Dubes Palestina berterima kasih kepada rakyat Indonesia

Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al Shun, mengucapkan terima kasih kepada rakyat Indonesia yang terus memberikan dukungan dan memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

Dalam kesempatan ini, Zuhair juga menerima piagam dukungan dari rakyat Indonesia untuk kemerdekaan Palestina.

Baca Juga: Najwa Shihab Bagikan Semangka Gratis di Aksi Bela Palestina

09.30 WIB: Anies berorasi dan mengajak aksi bebaskan Palestina

Linimasa: Aksi Akbar Rakyat Indonesia Bela PalestinaBerbagai tokoh hadiri Aksi Damai Bela Palestina di Monas pada Minggu (5/11/2023). (IDN Times/Uni Lubis)

Capres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan turut menyampaikan orasinya. Dia mengajak bangsa Indonesia dan dunia untuk membebaskan Palestina dari penjajahan Israel. Dalam kesempatan ini, dia juga mengapresiasi perjuangan Menlu Retno yang selalu gencar mendorong kemerdekaan di semua forum internasional.

Selain itu, Anies juga mendesak agar blokade di Gaza segera dibuka untuk mengirimkan bantuan kepada korban di Palestina. Kemudian, mendesak agar segera dilakukan gugatan senjata di Gaza serta mendorong pertanggung jawaban Israel.

Tak hanya itu, Anies juga mengajak peserta aksi melakukan yel-yel pembebasan Palestina dengan merekam melalui ponsel masing-masing.  

"Angkat tangan dan nyalakan HP lagi. Free free Palestine!" ujar Anies saat menutup orasinya. 

Baca Juga: 11 Potret Artis Turun ke Jalan Ikut Aksi Bela Palestina di Jakarta

09.20 WIB: Fadli Zon ingatkan persatuan bangsa Indonesia untuk Palestina

Politikus Partai Gerindra Fadli Zon ikut menyampaikan orasinya. Dia mengingatkan propaganda bangsa Barat dan Amerika Serikat yang mendukung zionis Israel, dan pentingnya persatuan bangsa Indonesia untuk kemerdekaan Palestina. 

"Karena itu negara kita harus bersatu, sebagai negara muslim terbesar dunia, untuk Palestina merdeka. Supaya penjajahan di dunia ini benar-benar musnah di muka bumi ini," seru Fadli Zon.

09.10 WIB: Aksi rekam video yel-yel perjuangan untuk Palestina

Ustaz Bachtiar Nasir memimpin aksi yel-yel untuk perjuangan kemerdekaan Palestina, Birruh biddam nafdika yaa Aqsa. Yel-yel ini dinyanyikan semua peserta aksi dengan pengibarkan bendera Palestina. Bachtiar meminta semua peserta merekam aksi ini dengan video ponsel masing-masing, untuk diunggah di media sosial. 

Kalimat ini merupakan yel-yel dari bahasa Arab yang diteriakkan masyarakat Palestina saat melawan tentara Israel. Adapun artinya adalah "Dengan nyawa, dengan darah, kami akan membelamu ya Aqsha."

Baca Juga: Puan Pidato di Aksi Bela Palestina, Massa: Turun, Matiin Miknya

09.00 WIB: Aksi puisi dari ibu-ibu dan dukungan selebritas

Aksi bela Palestina pagi ini tidak hanya dihadiri tokoh bangsa, tetapi juga dihadiri sejumlah selebritas mulai dari selebritas muda hingga senior seperti Kiki Farel hingga Ozy Syahputra. Mereka sempat diabsen satu per satu oleh sang MC.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan puisi bela Palestina yang berapi-api dari sejumlah ibu-ibu. 

08.50 WIB: Shoutul Harokah bakar semangat peserta aksi bela Palestina

Linimasa: Aksi Akbar Rakyat Indonesia Bela PalestinaPeserta aksi bela damai Palestina membawa berbagai poster saat berkumpul di kawasan Monas pada Minggu (5/11/2023). (IDN Times/Fadhliansyah)

Grup kasidah Shoutul Harokah melalui lagu berjudul Palestina Tercinta membakar semangat peserta aksi bela Palestina. Mereka membawakan lagu sekitar 10 menit. Peserta aksi yang sudah terbakar terik matahari semakin bersemangat turut melantunkan lagu ini.

08.45 WIB: KH Cholil Nafis doakan agar Palestina segara merdeka

Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH. Cholil Nafis mendoakan agar cita-cita kemerdekaan untuk Palestina segera terwujud. Dia menyerukan kepada umat Islam agar bersatu dan terus memperjuangkan kemerdekaan Islam.

08.37 WIB: Mantan Presiden PKS ingatkan utang Indonesia atas kemerdekaan Palestina

Mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid dalam orasinya mengingatkan kembali sejarah dan utang bangsa Indonesia atas kemerdekaan Palestina. 

"Apakah utang ini akan kita bawa sampai mati? Tentu tidak, kita harus terus memperjuangkan untuk mewujudkan kemerdekaan Palestina. Palestina merdeka! Israel penjajah!" seru Hidayat, mengakhiri orasinya.

Baca Juga: Ikut Aksi Bela Palestina, JK Desak AS Stop Bantuan ke Israel

08.30 WIB: Jusuf Kalla ajak semua umat bersatu demi kemerdekaan Palestina

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla juga menyampaikan orasinya. Dia menyerukan agar bangsa Indonesia dan dunia bersatu mendorong dan memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

"Marilah kita bersatu, di Timur Tengah, dunia, mari kita dukung agar Amerika juga menghentikan dukungannya kepada Israel, kita semua di sini mendoakan semua kembali kepada kemerdekaan Palestina," ujar pria yang akrab disapa JK yang menutup dengan kalimat takbir.

08.15 WIB: Menlu Retno terima replika mimbar masjid Al Aqsa

Usai membaca puisi, Menlu Retno menerima replika mimbar Masjid Al Aqs. Replika tersebut diserahkan langsung dari mantan Ketua Umum PP Muhammadyah Din Syamsuddin kepada Menlu. Replika mimbar berwarna colekat itu terbuat dari kayu, yang dibuat putra Tanah Air.  

Baca Juga: Penuh Haru, Menlu Retno Bacakan Puisi Palestina Saudaraku

08.00 WIB: Menlu Retno berpuisi untuk Palestina

Linimasa: Aksi Akbar Rakyat Indonesia Bela Palestina(IDN Times/Irfan Fathurohman)

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang dikenal gigih menggaungkan kemerdekaan Palestina di forum-forum internasional, dalam orasinya membacakan puisinya. Ia mengaku membuat puisi tersebut malam jelang aksi bela Palestina hari ini. Berikut kutipan puisinya:

Palestian Saudaraku

Hatiku miris karena bocah itu menangis
Dia terluka, dia tidak bisa berkata dia tidak tahu di mana bapak ibunya
Setiap 10 menit satu anak wafat di Gaza, ribuan orangtua kehilangan anak
Tak terbilang berapa ribu anak kehilangan orangtuanya
Setiap tangan tertulis nama, mereka tidak ingin mati tanpa penanda
Rumah mereka hanya langit, kasur mereka hanya bumi, kapan kekejaman ini akan berhenti
Kapan keadilan ini akan menghampiri?
Aku dan Indonesiaku pantang mundur akan terus membantumu
Aku dan Indonesiaku akan terus bersamamu sampai penjajah itu enyah dari rumahmu
Palestina kau adalah saudaraku dan aku Indoensiaku akan selalu bersamamu.

Baca Juga: Anies, Menlu, dan JK Disambut Tepuk Tangan Massa Aksi Bela Palestina

07.45 WIB: Ketua DPR RI dan politikus PKB juga ikut orasi

Linimasa: Aksi Akbar Rakyat Indonesia Bela PalestinaMassa Aksi Damai Bela Palestina berkumpul di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Minggu (5/11/2023). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Ketua DPR RI Puan Maharani dan Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid bergiliran orasi. Mereka mengecam aksi kejahatan Israel terhadap Palestina dan berharap Indonesia terus memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

"Di mana pun kita berada dan kapan pun kita harus berikan doa kepada rakyat Palestina. Saya harapkan semoga Allah SWT senantiasa meberikan perlindungan kepada rakyat Palestina," ujar Puan, menutup orasinya.

Baca Juga: Foto-Foto Aksi Damai Bela Palestina di Monas

07.30 WIB: Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin ikut orasi

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin ikut orasi bela Palestina. Dia mengingatkan bangsa Indonesia harus terus memperjuangkan kemerdekaan Palestina, karena Indonesia punya utang terhadap bangsa Palestina.

"Kita telah dinyatakan membela Palestina sesuai amanat UUD 1945 untuk mewujudkan perdamaian abadi dan mengenyahkan penjajahan di muka bumi. Palestina dan rakyat Palestina yang mengakui pertama kemerdekaan Indonesia," seru mantan Ketua MUI itu.

07.15 WIB: Orasi dari ormas keagamaan

Linimasa: Aksi Akbar Rakyat Indonesia Bela PalestinaMassa Aksi Damai Bela Palestina berkumpul di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Minggu (5/11/2023). (IDN Times/Fadhliansyah)

Usai berdoa, acara bela Palestina dilanjutkan dengan orasi dari perwakilan berbagai ormas keagamaan, antara lain dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin), dan organisasi Budha Permabudhi.

Selain mengecam aksi kejahatan Israel di Palestina, dalam orasinya mereka juga mendorong perdamaian di Gaza dan kemerdekaan Palestina. 

06.55 WIB: Pembacaan pembukaan UUD 1945 dan doa

Usai menyanyikan laguI Indonesia Raya, acara dilanjutkan dengan pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh pimpinan Hidayatullah Nasirul Haq. Peserta aksi begitu syahdu mengikuti doa untuk perdamaian di Palestina.

Baca Juga: Massa Aksi Bela Palestina Mayoritas Gunakan Pakaian Putih

06.45 WIB: Massa aksi menyanyikan lagu Indonesia Raya

Linimasa: Aksi Akbar Rakyat Indonesia Bela PalestinaMassa Aksi Damai Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina berkumpul di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Minggu (5/11/2023). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Peserta aksi bela Palestina menyanyikan lagu Indonesia Raya secara serentak. Selain dikibarkan bendera Merah Putih di larar besar, peserta juga mengibarkan bendera Palestina yang mereka bawa. 

06.37 WIB: Sederet menteri hingga tokoh hadir

Sejumlah menteri terlihat hadir dalam aksi bela Palestina di Monas. Mereka antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, serta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendi.

Terlihat hadir juga Ketua DPR RI Puan Maharani, tokoh Reformasi Amien Rais, capres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan didampingi sang istri, mantan Wapres Jusuf Kalla, mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin, dan beberapa politisi. Mereka kompak mengenakan syal bendera Palestina sebagai simbol dukungan untuk Palestina.

Baca Juga: Peserta Aksi Bela Palestina: Ini Bukan Soal Agama, tapi Kemanusiaan

06.29 WIB: Selebritas Cupink Topan dan David Kholik pimpin melantunkan salawat

Selebritas Cupink Topan dan David Kholik memimpin melantunkan salawat di atas panggung aksi. Gaung salawat pun menggema di Monas. Sebagian massa ada yang duduk dan sebagian ada yang berdiri sambil bersalawat seraya membawa bendera Palestina.

Baca Juga: Semangat Keluarga Ishak di Aksi Bela Palestina Monas

06.10 WIB: Monas sudah dipadati massa aksi bela Palestina

Linimasa: Aksi Akbar Rakyat Indonesia Bela Palestina(IDN Times/Mayang Ulfa)

Ribuan orang sudah memadati Monas sejak Minggu (5/11/2023) dini hari untuk mengikuti aksi bela Palestina di Monas pagi ini. Mereka datang dari berbagai daerah, tidak hanya dari wilayah Jakarta dan sekitarnya. Mereka berpakaian serba putih dan membawa bendera dan syal Palestina. Mereka juga menggelar salat subuh berjamaah di Monas.

Baca Juga: Aksi Akbar Bela Palestina Pagi Ini, Polisi Rekayasa Lalu Lintas

Topik:

  • Rochmanudin
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya