Tips Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Berangkat Sebelum Subuh

Pakai kendaraan umum dan siapkan juga wudu dari rumah

Jakarta, IDN Times - Pengelola Masjid Istiqlal menyarankan umat muslim datang sebelum waktu subuh, jika ingin menunaikan salat Idul Fitri 1445 Hijirah di dalam masjid, Rabu (10/4/2024).

"Bagusnya, salat subuh di sini. Jam 04.00 agak sedikit antre. Menjelang subuh disteril. Begitu dibuka masuk lagi sudah langsung 'set door' untuk salat subuh," kata Wakil Kepala Bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal, Abu Hurairah Abd. Salam, dilansir ANTARA, Selasa (9/4/2024).

Baca Juga: Malam Takbiran, Istiqlal Siapkan Rampak Bedug dan Pawai Obor

1. Presiden dan Wakil Presiden akan salat Idul Fitri di Istiqlal

Tips Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Berangkat Sebelum SubuhIDN Times/Istimewa

Adapun salat Idul Fitri berjamaah dijadwalkan berlangsung mulai pukul 07.00 WIB, diikuti Presiden Joko "Jokowi" Widodo bersama keluarga besar dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dengan keluarga besar.

Selain pemimpin negara, pimpinan lembaga tinggi negara, menteri dan duta besar negara sahabat yang beragama Islam juga dijadwalkan hadir.

"Sekitar 200-an undangan untuk VIP, termasuk menteri, lembaga tinggi negara termasuk Pj Gubernur DKI Jakarta," ujar Abu.

Abu menuturkan khatib salat Idul Fitri yaitu Prof. Dr. KH. Abdul A'la Basyir dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), dengan mengangkat tema "Memperkuat Kebersamaan dalam Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa".

2. Istiqlal siapkan tempat bagi 250 ribu jemaah

Tips Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Berangkat Sebelum SubuhIlustrasi I'tikaf di Masjid Istiqlal. (istiqlal.or.id)

​​​​​​Sebelumnya, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan tempat untuk menyelenggarakan salat Idul Fitri 1445 Hijriah bagi 250 ribu orang.

Terkait akses masuk menuju masjid, Abu mengatakan, masyarakat umum bisa masuk melalui pintu selain As-Salam, karena diperuntukkan untuk menteri, duta besar dan pimpinan lembaga tinggi negara.

"As-Salam arah Juanda itu khusus untuk menteri, duta besar dan pimpinan lembaga tinggi negara. Kalau untuk VVIP hanya presiden dan wapres beserta keluarga. Lainnya Al-Ghafar, Al-Aziz, Al-Jabar, Al-Mukmin itu semua dibuka untuk umum," kata dia.

Baca Juga: Larang Takbir Keliling, Polda Metro Bakal Putar Balikkan Konvoi

3. Jemaah diimbau naik kendaraan umum dan wudu dari rumah

Tips Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Berangkat Sebelum Subuhilustrasi wudu (pixabay.com/mucahityildiz)

Abu menyarankan masyarakat yang ingin melaksanakan salat Idul Fitri di Istiqlal menggunakan kendaraan umum, mengingat keterbatasan lokasi parkir. Selain itu, dia mengimbau masyarakat berwudu sejak dari rumah dan tak membawa barang-barang berharga.

"Antisipasi jangan sampai bolak-balik ke kamar mandi, karena jumlah terbatas. Kalau bisa sudah wudu dari rumah. Kemudian tidak usah bawa barang berharga, bawa tikar dari rumah ya bawa ke rumah jangan ditinggal di Istiqlal," kata dia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya