Agung Mozin Dirikan Satu Jari untuk Bina Orang Jadi Legislator

Satu Jari diharapkan bisa menghapus kezaliman di Indonesia

Jakarta, IDN Times - Usai berhenti dari kepengurusan Partai Ummat, Agung Mozin mengaku akan mendirikan sebuah lembaga bernama Satu Jaringan Anak Rakyat Indonesia (Satu Jari). Organisasi ini dikatakannya untuk mencari orang-orang yang ingin menjadi legislator.

"Satu Jari adalah sebuah lembaga yang diprakarsai saya bersama teman-teman untuk mempersiapkan atau merekrut sumber daya manusia yang akan kita latih, kita akan bina, kemudian kita arahkan untuk kita persiapkan menjadi wakil rakyat. Ingat lho, wakil rakyat bukan wakil partai," kata Agung dalam keterangannya, Kamis (9/9/2021).

Baca Juga: Ansufri Idris: Agung Mozin sudah Tak Sejalan dengan Partai Ummat

1. Agung sebut Satu Jari akan bermitra dengan parpol kompeten

Agung Mozin Dirikan Satu Jari untuk Bina Orang Jadi LegislatorLogo Satu Jari, lembaga yang akan didirikan Agung Mozin (istimewa. dok: Agung Mozin)

Dia tidak merinci teknis atau prosedur cara Satu Jari merekrut seseorang untuk dilatih menjadi anggota legislator. Agung hanya mengatakan, Satu Jari akan bermitra dengan partai politik (parpol) yang dianggap 'layak'.

Setelah bermitra, parpol tersebut akan mendaftarkan sosok yang telah dilatih oleh Satu Jari untuk menjadi calon anggota legislatif (caleg). 

"Lalu pertanyaan, bagaimana untuk bisa yang bersangkutan menjadi calon anggota DPR? Tentunya kita juga akan mempersiapkan, memilih partai politik mana saja yang memang layak untuk kita jadikan mitra kerja dari Satu Jari," kata Agung.

2. Satu Jari ditegaskan tak akan bekerja sama dengan parpol dinasti keluarga

Agung Mozin Dirikan Satu Jari untuk Bina Orang Jadi LegislatorAgung Mozin (facebook.com/agungmozin)

Tanpa menyebutkan dengan pasti, Agung hanya mengatakan, Satu Jari tidak akan bekerja sama dengan parpol yang menerapkan dinasti politik keluarga.

"Kita tidak mau atau tidak ingin sumber daya manusia yang sudah kita persiapkan dengan baik kemudian terjebak masuk pada partai-partai politik yang notabene hanya dikuasai oleh segelintir orang, atau segelintir keluarga, atau orang-orang tertentu saja yang menjadikan partai politik hanya menjadi kuda tunggangan," tambah dia.

Agung juga belum merinci kapan tepatnya Satu Jari didirikan. Dengan siapa lembaga ini didirikan, eks Wakil Ketua Umum Partai Ummat ini juga belum membeberkannya.

Baca Juga: Agung Putus Komunikasi dengan Amien Rais Usai Mundur dari Partai Ummat

3. Hengkang dari Partai Ummat, Agung dirikan 'Satu Jari'

Agung Mozin Dirikan Satu Jari untuk Bina Orang Jadi LegislatorIlustrasi partai Ummat (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Sebelumnya diberitakan, Agung mengundurkan diri dari kepengurusan Partai Ummat. Usai keluar dari partai yang baru disahkan itu, Agung mengaku akan mendirikan sebuah organisasi atau lembaga.

"Nah lembaga saya itu, kami namakan Satu Jari Indonesia. (Namanya) Satu Jaringan Anak Rakyat Indonesia, kami singkat menjadi Satu Jari," kata Agung Mozin saat dihubungi, Minggu (5/9/2021).

Menurut Agung, organisasi itu ia dirikan bersama rekan-rekan aktivisnya. Dia berharap organisasi yang ia bentuk bisa menjadi wadah bagi rakyat Indonesia untuk mengubah kezaliman dan ketidakadilan yang diproduksi oleh kaum elite politik.

"Lembaga ini hadir sebagai koreksi total atas kehadiran partai-partai politik yang telah berubah menjadi dinasti politik, yang berselingkuh dengan oligarki melanggengkan kekuasaan politik dan bisnis mereka, sekaligus mempertahankan kultur budaya feodalisme," ujarnya.

"Satu Jaringan Anak Indonesia, mengarahkan telunjuknya kepada mereka-mereka yang mempraktikkan feodalisme dan dinasti politik yang berselingkuh dengan para oligarki di negeri ini. Jadi saya tetap konsen di aktivitas-aktivitas seperti itu dan mengedukasi publik agar mereka tahu mana partai-partai yang betul untuk rakyat dan mana partai yang hanya permainan para elite itu," terang dia.

Baca Juga: Alasan Sebenarnya Agung Mozin Hengkang dari Partai Ummat Amien Rais

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya