Dapat Restu DPR Jadi Panglima TNI, Andika Lapor ke Hadi Tjahjanto

Jenderal TNI Andika Perkasa berterima kasih ke DPR

Jakarta, IDN Times - DPR menyetujui Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai panglima TNI. Andika pun mengucapkan terima kasih kepada DPR.

"Saya hanya ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada pimpinan DPR dan seluruh anggota DPR RI yang telah menyetujui surat presiden tentang pengangkatan saya," kata Andika Perkasa di Gedung DPR/MPR Jakarta, Senin (8/11/2021).

Baca Juga: Tok! DPR Setuju Jenderal Andika Perkasa Jadi Panglima TNI

1. Andika akan lapor ke Hadi Tjahjanto

Dapat Restu DPR Jadi Panglima TNI, Andika Lapor ke Hadi TjahjantoPanglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto duduk di samping KSAL Laksamana Yudo Margono ketika mengikuti rapat dengar pendapat di DPR pada 6 Mei 2021. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Usai mengikuti sidang paripurna DPR, Andika mengatakan akan kembali ke kantornya. Setelah itu dia akan melaporkan keputusan DPR RI ini ke Panglima TNI saat ini Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

"Saya akan kembali dulu ke kantor, saya akan lapor dulu (ke Hadi Tjahjanto)," ucapnya.

2. Andika mengaku tak mau geer

Dapat Restu DPR Jadi Panglima TNI, Andika Lapor ke Hadi TjahjantoJenderal Andika Perkasa saat memberi keterangan di Gedung DPR/MPR Jakarta, Senin (8/11/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Andika mengaku belum mengetahui kapan dia dilantik menjadi panglima TNI oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

"Saya belum dikasih tahu, belum dikasih tahu sampai sekarang (kapan dilantik)," ucap Andika.

Terkait siapa yang akan mengisi posisi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Andika belum mau mengungkapkannya. Begitu juga dengan rencana kerjanya dalam 100 hari, Andika belum bersedia membeberkannya. Andika mengatakan tidak mau geer.

"Ya itu nanti, setelah saya resmi, sekarang kan belum nih, jangan sampai saya geer gitu," katanya.

Baca Juga: Dikunjungi Komisi I, Andika: Ini Keluarga Saya Apa Adanya

3. DPR setuju Andika Perkasa jadi Panglima TNI

Dapat Restu DPR Jadi Panglima TNI, Andika Lapor ke Hadi TjahjantoGedung MPR DPR RI (IDN Times/Marisa Safitri)

Sebelumnya, DPR menggelar rapat paripurna Masa Persidangan II Tahun 2021-2022 untuk memutuskan calon panglima TNI. Dalam rapat ini, DPR setuju Jenderal TNI Andika Perkasa jadi Panglima TNI.

Awalnya, Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid memaparkan laporannya terkait hasil fit and proper test Andika Perkasa. Setelah itu, Ketua DPR Puan Maharani menanyakan persetujuan anggota dewan terkait hasil fit and proper test Andika Perkasa.

"Sidang dewan yang kami hormati, sekarang perkenankan kami menanyakan kepada sidang dewan yang terhormat, apakah laporan Komisi I DPR atas hasil uji kelayakan fit and proper test calon panglima TNI tentang pemberhentian Marsekal TNI Hadi Tjahjanto S.I.P. dan menetapkan Jenderal TNI Andika Perkasa E., M.A., M.Sc sebagai calon panglima TNI tersebut dapat disetujui?" tanya Puan dalam rapat paripurna di Kompleks Parlemen Jakarta, Senin (8/11/2021).

"Setuju," jawab anggota dewan kompak dilanjutkan tepuk tangan.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya