Jelang Pemilu 2024, Cak Imin Sebut Kompetisi Legislatif Sangat Keras

Cak Imin: Jalan cepat gapai cita-cita adalah jalan politik

Jakarta, IDN Times - DKN Garda Bangsa berkomitmen mengusung Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, sebagai calon presiden (capres) di pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Organisasi sayap PKB ini menyiapkan 'pasukan darat' untuk memuluskan jalan Cak Imin menjadi capres 2024.

"Setelah pasukan udara (media), sekarang menyiapkan pasukan daratnya untuk menyiapkan Gus Ketum (Cak Imin) menjadi presiden. Tujuan dan inti acara ini untuk membikin pasukan darat memenangkan PKB dan Gus Ketum," kata DKN Ketua Garda Bangsa, Tommy Kurniawan, dalam keterangannya, Kamis (2/12/2021).

Baca Juga: PKB Siap Bersaing dengan Golkar Berebut Ganjar sebagai Cawapres

1. Cak Imin nilai kompetisi legislatif sangat keras

Jelang Pemilu 2024, Cak Imin Sebut Kompetisi Legislatif Sangat KerasGedung MPR DPR RI (IDN Times/Marisa Safitri)

Cak Imin hadir dalam acara tersebut. Dia mengaku bersyukur dengan kehadiran Akmil DKN Garda Bangsa tersebut. Ketum PKB ini mengatakan, kehadiran Akmil DKN Garda Bangsa penting bagi PKB dalam mempersiapkan Pilpres.

Dia menjelaskan konstalasi politik sudah dirasakan dari sekarang, meski Pilpres masih tiga tahun lagi. Hal itu terjadi karen tak ada calon petahana dalam Pilpres 2024. Karena itu, sambungnya, pemilihan presiden terbuka luas bagi siapa pun.

"Siapa pun dia memiliki kesempatan baik legislatif maupun eksekutif. Di legislatif peta politiknya sangat keras kompetisinya. Karena memang ada yang bilang anggota DPR gila karena berita-berita negatif dan positifnya gila. Bahkan sebelum Pileg pun gila karena peluangnya kecil," kata Cak Imin.

2. Cak Imin akui kompetisi Pileg dan Pilpres sulit

Jelang Pemilu 2024, Cak Imin Sebut Kompetisi Legislatif Sangat KerasIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Lebih lanjut, Cak Imin mengakui kompetisi untuk Pilpres maupun Pileg sangat sulit. Namun, dia menegaskan PKB tak akan pernah gentar apa lagi mundur dalam kontestasi politik tersebut.

"Kita tak pernah mundur untuk perjuangan ide-ide untuk satu target kemuliaan bangsa ini. Yang tentu saja berdampak ke kemuliaan kita. Oleh karena itu, kaderisasi sangat penting menjadi modal dasar," kata dia.

Baca Juga: PKB Buka Peluang Duet Prabowo-Cak Imin, Begini Respons PPP   

3. Cak Imin sebut jalan cepat untuk gapai cita-cita adalah jalan politik

Jelang Pemilu 2024, Cak Imin Sebut Kompetisi Legislatif Sangat KerasWakil Ketua DPR, Muhaimin Iskandar (Cak Imin). (IDN Times/Sachril Agustin)

Wakil Ketua DPR itu meminta seluruh kadernya untuk memaksimalkan potensi dan peluang dengan baik. Terpenting, kader bisa mengedepankan kecerdasan. Dia mencontohkan ihwal Hasyim Asy'ari saat membentuk Nahdlatul Ulama (NU).

"Rentetan gagasan formula yang kemudian lahir organisasi, kemudian dilindungi lalu dibuat organisasi. Mau gak mau organisasi besar menjadi kekuatan politik. Kasih tahu ke kader jalan cepat mencapai cita-cita adalah jalan politik. Jalan mencapai kesejahteraan terwujud cepat," kata dia.

Cak Imin menyebut jaringan PKB cukup luas, namun belum dimanfaatkan dengan baik. Untuk itu, dia ingin kaderisasi Garda Bangsa dilakukan dengan cepat.

"Muda berpengalaman itu Garda Bangsa. Diperbanyak beraktivitas, pengalaman penting yang bisa mengatasi masalah, rekrutmen harus terus berjalan," tutur dia.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya