Iriana Jokowi Sampaikan Simpati pada Palestina: Hentikan Perang

Iriana Jokowi berharap akses bantuan kemanusiaan dibuka

Jakarta, IDN Times - Ibu Negara Iriana Joko 'Jokowi' Widodo turut menyuarakan simpatinya atas Palestina. Dia juga meminta agar konflik yang terjadi di Palestina segara dihentikan.

"Saya sungguh berharap kekerasan dapat dihentikan, perang dapat diakhiri, akses bantuan kemanusiaan dapat dibuka, dan mari bersama kita bantu saudara-saudara kita di Palestina,” ucap Iriana dalam keterangan yang dilansir Kemenag.go.id, dikutip Senin (6/11/2023). 

Baca Juga: Presiden Palestina Desak AS untuk Dorong Gencatan Senjata di Gaza

1. Sudah banyak korban nyawa di Gaza

Iriana Jokowi Sampaikan Simpati pada Palestina: Hentikan PerangPengunjuk rasa Palestina mengikuti unjuk rasa untuk menunjukkan solidaritas mereka ditengah pertempuran Israel-Gaza, di Kota Tua Yerusalem, Selasa (18/5/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Ammar Awad/FOC.

Iriana mengatakan, saat ini sudah banyak korban nyawa yang bergelimpangan di Gaza, Palestina, akibat perang dan konflik yang terjadi. Kebanyakan, korban adalah anak-anak dan perempuan.

"Sebagai perempuan, sebagai ibu, saya sangat sedih melihat situasi ini. Saya tidak bisa membayangkan derita anak-anak tidak berdosa yang harus menghadapi kenyataan seberat ini,” ujar Iriana.

2. Kehidupan di Gaza semakin sulit

Iriana Jokowi Sampaikan Simpati pada Palestina: Hentikan PerangWarga Palestina bereaksi ketika polisi Israel menembakkan granat setrum selama bentrokan di kompleks penampungan Masjid Al-Aqsa, yang dikenal oleh muslim sebagai Suaka Mulia dan bagi orang Yahudi sebagai Temple Mount, di tengah ketegangan atas kemungkinan penggusuran beberapa keluarga Palestina dari rumah-rumah di wilayah yang diklaim oleh pemukim Yahudi di lingkungan Sheikh Jarrah, di Kota Tua Yerusalem, Jumat (7/5/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Ammar Awad

Iriana juga berujar, kehidupan di Gaza, Palestina juga sekarang semakin sulit. Akses air bersih, listrik, dan makanan menjadi barang mahal di sana.

"Kehidupan di Gaza juga semakin sulit, akses terhadap air bersih, listrik, dan makanan juga sangat terbatas,” ujar Iriana.

3. Ajakan menghentikan konflik

Iriana Jokowi Sampaikan Simpati pada Palestina: Hentikan PerangPresiden Jokowi, Iriana Jokowi, dan Kahiyang Ayu nonton konser Dewa 19 di Pardede Hall Medan, Sabtu (11/2/2023) (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Atas dasar hal tersebut, Iriana mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama menghentikan konflik. Hal itu semata-mata untuk menciptakan kehidupan yang damai, demi masa depan yang lebih baik.

"Saya juga mengajak kita semua untuk hidup bersama secara damai, menghindari perpecahan dan permusuhan, demi anak cucu kita, demi masa depan dunia yang lebih baik bagi semua,” ujar Iriana.

Baca Juga: RS Indonesia di Gaza Minta Perlindungan dari Pemerintah Indonesia

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya