PAN dan Golkar Dukung Prabowo, Gerindra: Itu yang Kami Harapkan

Dukungan untuk Prabowo bertambah

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani, turut mengomentari PAN dan Golkar yang mendukung Prabowo Subianto menjadi calon presiden (capres) 2024. Dia mensyukuri bertambahnya dukungan ini.

"Dukungan dari banyak partai dan tokoh jadi sesuatu yang sangat kami harapkan. Jika ada partai atau tokoh yang beri dukungan pada Pak Prabowo, kami akan terima itu dengan tangan terbuka," ujar Muzani di GBK, Minggu (13/8/2023).

1. Gerindra tak ada beban masalah dengan partai manapun

PAN dan Golkar Dukung Prabowo, Gerindra: Itu yang Kami HarapkanSekjen Gerindra, Ahmad Muzani. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Muzani berkata, Gerindra tak memiliki beban masalah dengan partai politik manapun. Hal yang sama juga berlaku bagi Prabowo yang juga tak ada beban masalah dengan kekuatan atau tokoh manapun. Alhasil, mereka terbuka terhadap semua dukungan.

"Begini, partai Gerindra adalah partai yang tak memiliki beban masalah dengan partai politik manapun. Pak Prabowo tidak memiliki beban masalah untuk berkomunikasi dengna kekuatan dan tokoh manapun," kata Muzani.

Baca Juga: Jelang Golkar dan PAN Gabung KKIR, Prabowo Kumpulkan Pengurus Gerindra

2. Golkar dan PAN resmi dukung Prabowo

PAN dan Golkar Dukung Prabowo, Gerindra: Itu yang Kami HarapkanMenteri Pertahanan Prabowo Subianto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Golkar dan PAN sudah resmi mendukung Prabowo sebagai calon presiden (capres) 2024. Deklarasi dukungan ini disampaikan di Museum Naskah Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (13/8/2023).

"Partai Golkar memberikan dukungannya kepada Bapak Letnan Jenderal (Purn) Prabowo Subianto sebagai calon presiden 2024-2029," ujar Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto.

"Melalui pertimbangan yang matang, DPP PAN telah memutuskan untuk memberikan calon presiden periode 2024-2029 kepada Letnan Jenderal (Purn) Prabowo Subianto. Semoga Allah SWT meridai apa yang telah kita sepakati apa yang kita putuskan," ujar Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas).

3. Alasan Golkar dan PAN mendukung Prabowo

PAN dan Golkar Dukung Prabowo, Gerindra: Itu yang Kami HarapkanKetua Umum PAN, PPP, dan Golkar dalam pertemuan KIB di Makassar, Minggu (6/11/2022)/Istimewa

Golkar dan PAN memiliki alasan tersendiri kenapa mereka mendukung Prabowo. Airlangga berujar, Prabowo merupakan sosok yang lahir dari rahim Partai Golkar.

"Karena Bapak Prabowo Subianto lahir dari rahim Partai Golkar. Oleh karena itu, beliau selalu mengikuti kegiatan di Partai Golkar dan kekaryaannya tidak diragukan lagi, egaliter, searah, sejalan dan setujuan dengan Partai Golkar," ujar Airlangga.

Dalam kesempatan yang sama, Zulhas juga membeberkan alasan PAN mendukung Prabowo. Sejak 2014, PAN memang sudah konsisten mendukung Prabowo.

"Kami sudah 10 tahun bareng-bareng dengan Pak Prabowo kami meyakini perjuangan 10 tahun itu akan tuntas," kata Zulhas.

Dengan adanya dukungan kepada Prabowo ini, maka Golkar dan PAN pun bergabung ke Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). Saat ini, ada Gerindra, PKB, Partai Bulan Bintang (PBB), ditambah Golkar dan PAN yang masuk koalisi tersebut.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Golkar dan PAN Resmi Dukung Prabowo Capres 2024!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya