Survei LSP: Prabowo Subianto Capres Favorit untuk 2024

Popularitas Prabowo unggul dari Anies Baswedan dan Sandiaga

Jakarta, IDN Times - Lembaga penelitian Lingkaran Suara Publik (LSP) merilis hasi survei yang mereka laksanakan dalam rentang waktu 7-20 Februari 2022. Berdasarkan survei ini, Prabowo Subianto muncul sebagai calon presiden (capres) favorit untuk 2024.

Survei ini melibatkan 1.230 orang responden yang ada di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Mereka adalah para pemilik hak pilih dan berusia minimal 17 tahun ke atas dan sudah menikah.

LSP mengukur seberapa popularitas dan likeabilitas nama-nama calon presiden potensial di Pilpres 2024. Hasilnya, Prabowo Subianto menempati tingkat tertinggi dibanding nama-nama lainnya macam Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

1. Popularitas Prabowo sebesar 90,2 persen

Survei LSP: Prabowo Subianto Capres Favorit untuk 2024ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Dari hasil survei ini, tampak Prabowo Subianto menorehkan popularitas sebesar 90,2 persen dan likeabilitas sebesar 50,1 persen. Dia mengungguli Anies Baswedan dan Sandiaga Uno dalam hal popularitas dan likeablitias.

Anies Baswedan mencatatkan popularitas sebesar 83,1 persen dan likeabilitas sebesar 45,3 persen. Sedangkan Sandiaga Uno, menorehkan popularitas sebesar 82,0 persen dan likeabilitas sebesar 43,1 persen.

Di bawah Prabowo, Anies, dan Sandi, ada Ganjar Pranowo yang menorehkan popularitas 67,9 persen dan likeabilitas 42,5 persen. Disusul Ridwan Kamil dengan popularitas 69,1 persen dan likeabilitas 40,7 persen, serta Agus Harimurti Yudhoyono dengan popularitas 67,4 persen dan likeabilitas 29,0 persen.

Baca Juga: Survei ARCI: Elektabilitas Prabowo, Ganjar dan Muhaimin Bersaing

2. Prabowo lebih dikenal masyarakat

Survei LSP: Prabowo Subianto Capres Favorit untuk 2024ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Lalu, LSP juga menyebutkan pertanyaan terbuka untuk mengukur siapa yang paling pertama kali muncul di benak mereka (top of mind). Hasilnya, Prabowo Subianto berada di urutan teratas.

Prabowo Subianto mencatatkan persentase 25,3 persen, disusul Anies Baswedan (15,4 persen), Ganjar Pranowo (13,2 persen), Ridwan Kamil (4,6 persen), AHY (4,1 persen), dan Sandiaga Uno (2,6 persen). Ada juga nama Puan Maharani (1,5 persen) dan Basuki Tjahaja Purnama (1,8 persen).

"Prabowo juga punya basis dukungan yang sudah kuat, terlembaga lama secara mapan dan jaringan struktur partai politik yang tentu solid mendukungnya dan mendeklarasikannya menjadi calon Presiden satu-satunya dari Gerindra," ujar Direktur Eksekutif LSP, Indra Nuryadin.

3. Tingginya elektabilitas Prabowo berpengaruh terhadap Gerindra

Survei LSP: Prabowo Subianto Capres Favorit untuk 2024Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Indra mengungkapkan, tingginya elektabilitas Prabowo berpengaruh terhadap elektabilitas Gerindra. Sekarang, elektabilitas Gerindra mendekati PDIP dan partai-partai lainnya.

"Diduga efek personalisasi partai politik dimana peningkatan pilihan publik terhadap Prabowo meningkatkan pilihan pula bagi Gerindra karena Gerindra adalah Prabowo dan Prabowo adalah Gerindra," terang Indra.

Kesimpulan besarnya dari hasil survei ini adalah, elektabilitas Prabowo Subianto secara dominan ditempati oleh para pemilih Gerindra. Ada juga pemilih partai Gerindra yang memilih calon presiden lain seperti Ganjar, Anies, Sandi, dan calon presiden lain tetapi tentunya tidak signifikan.

"Dari pemetaan juga terlihat Prabowo Subianto juga didukung pemilih partai politik lain seperti PDIP, PKB, Golkar, PKS dan partai lainnya. Anies dipilih oleh pemilih PPP, PKS, PDIP, PKB dan NasDem, Sementara pemilih Ganjar tentu didominasi oleh pemilih PDIP, PKB, Golkar dan Gerindra," tutur Indra.

Baca Juga: Siap Nyapres Lagi, Prabowo Bakal Deklarasi Jadi Capres Tahun Ini?

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya