30 Pesawat TNI Bakal Fly Pass di Langit Istana saat HUT ke-78 RI

Pemerintah sudah undang 8.000 warga untuk ikut upacara

Jakarta, IDN Times - TNI Angkatan Udara (TNI AU) bakal mengerahkan alutsistanya untuk melakukan atraksi khusus di udara, sama seperti peringatan HUT RI pada tahun sebelumnya. TNI bakal mengerahkan 30 pesawat dari tiga matra untuk memeriahkan HUT ke-78 RI.

Selasa (15/8/2023) menjadi hari terakhir bagi personel TNI melakukan gladi bersih. Personel TNI AU mulai melakukan gladi bersih sekitar pukul 10.00 WIB. Seluruh rangkaian atraksi berakhir sekitar pukul 11.30 WIB. 

Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama TNI R Agung Sasongkojati mengatakan, aksi fly pass bakal dilakukan di langit Istana Negara dan Monumen Nasional (Monas).

"(Atraksi udara mulai) menjelang upacara kemerdekaan (di Istana Negara) dan setelah upacara kemerdekaan. Nanti selesai pada puncaknya, (pesawat-pesawat) akan lewat di atas. Agak surprise, ya. Kami gak bisa bocorin (konsep acaranya)," ujar Agung seperti dikutip dari kantor berita ANTARA hari ini. 

Agung menjelaskan ada beberapa alutsista TNI yang dikerahkan untuk atraksi pada peringatan HUT ke-78 RI. Mulai dari 10 pesawat tempur F-16 TNI AU, enam pesawat latih KT-1B Wongbee TNI AU, lima helikopter Colbri TNI AU, satu pesawat Boeing 737 TNI AU dan delapan helikopter yang digunakan di tiga matra TNI. Helikopter yang digunakan mulai dari Carcal TNI AU, helikopter Apache TNI AD, helikopter dari TNI AL hingga helikopter milik Polri. 

"Nanti helikopter itu akan membawa bendera raksasa. Bendera itu dibawa oleh dua heli Carcal TNI AU dan masing-masing dikawal heli Apache dari AD, kemudian heli dari AL, dan kepolisian," tutur dia. 

1. Jet tempur F-16 bakal fly pass di langit Istana Negara

30 Pesawat TNI Bakal Fly Pass di Langit Istana saat HUT ke-78 RITNI Angkatan Udara (AU) latihan demo udara HUT ke-78 RI. (www.instagram.com/@militer.udara)

Agung menjelaskan, jet tempur F-16 bakal fly pass di atas Istana Negara. "Jupiter Aerobatic Team (JAT) akan menari aerobatik di atas Istana. Pegasus juga akan menari. Tetapi kita tidak bisa bilang (Pegasus) aerobatik. Lebih mirip tarian udara," kata dia. 

Agung menyebutkan urutan atraksi pada HUT ke-78 RI, pertama, diawali 10 jet tempur F-16 Fighting Falcon yang berasal dari Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi di Magetan, Jawa Timur. Para penerbang pesawat itu bakal membentuk formasi diamond dan burst.

Lalu, disusul delapan helikopter dari tiga matra yang terbagi dalam dua bagian terbang. Mereka membawa bendera merah putih berukuran besar. 

Baca Juga: 7 Potret Manuver Keren Jet Tempur TNI AU yang Bikin Jokowi Kagum

2. Jupiter Aerobatic Team bakal menampilkan enam manuver

30 Pesawat TNI Bakal Fly Pass di Langit Istana saat HUT ke-78 RITNI Angkatan Udara (AU) latihan demo udara HUT ke-78 RI. (www.instagram.com/@militer.udara)

Atraksi berlanjut dengan aksi akrobatik dari Jupiter Aerobatic Team (JAT) yang menerbangkan pesawat latih KT-1B Wongbee. Ada enam manuver udara yang ditampilkan, yaitu Half Cuban, Five Card Loop, Cross Over Brake, Jupiter Wheel, Screw Roll, dan manuver Love and Bomburst.

Kemudian, Dynamic Pegasus, tim penerbang TNI AU yang menerbangkan helikopter EC-120B Colibri (Hummingbird) bakal menampilkan dua fase atraksi, yaitu manuver udara Break Off dan Pegasus Cross (fase pertama) dan Windmill, Gemufamire dan Pegasus Kiss (fase kedua).

3. Pemerintah undang 8.000 warga untuk ikut upacara perayaan HUT ke-78 RI di Istana Negara

30 Pesawat TNI Bakal Fly Pass di Langit Istana saat HUT ke-78 RIANTARA FOTO/Biro Pers Media Setpres/Muchlis Jr/Handout

Sementara, yang diundang pemerintah dalam puncak HUT ke-78 Indonesia bukan sekadar pejabat tinggi. Ada 8 ribu masyarakat umum yang diundang hadir pada upacara yang digelar di Istana Negara. 

Selain bisa mengikuti upacara di Istana Negara, masyarakat juga bisa menyaksikan langsung upacara melalui siaran langsung di layar kaca. Upacara peringatan HUT ke-78 RI dilakukan dengan serangkaian acara dari pagi hingga sore hari.

Berikut adalah rangkaian upacara HUT ke-78 RI di Istana Negara:

Rangkaian acara 17 Agustus 2023 pagi hari:

Pukul 07.30 WIB

Gita Bahana Nusantara

Pukul 08.14 WIB

Prosesi Penyerahan Duplikat Bendera Pusaka Monas-Istana

Pukul 09.14 WIB

 Hiburan Kesenian

Pukul 09.32 WIB

Upacara Peringatan Ke-78 Detik-Detik Kemerdekaan Republik Indonesia.

Rangkaian acara 17 Agustus 2023 sore hari:

Pukul 15.30 WIB

Hiburan Kesenian

Pukul 16.40 WIB

Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih.

Baca Juga: Aksi Flypass 2 Sukhoi saat Prabowo ke Makassar Jadi Sorotan Warganet

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya