Comscore Tracker

5 Potret Warga Nekat Mudik pada H-1 Lebaran, Diputar Balik Deh!

462.560 kendaraan telah tinggalkan Jadebotabek melalui tol

Jakarta, IDN Times - Meski dilarang oleh pemerintah, namun warga tetap bandel dan memilih mudik ke kampung halaman. Pergerakan arus mudik tetap terlihat hingga H-1 Idul Fitri.

Dikutip dari kantor berita ANTARA, pada H-1 Idul Fitri trafik ruas tol Jakarta-Cikampek terpantau masih ramai dan lancar. Ratusan pemudik roda empat masih banyak yang melintasi akses tol menuju ke Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Warga masih banyak yang melintasi kilometer 31 Gerbang Tol Cikarang Barat. Tetapi, sebagian pemudik akhirnya ada yang terpaksa memutar balik karena tidak bisa menunjukkan surat tugas atau hasil swab antigen. 

Aksi serupa juga terlihat di pos penyekatan Tanjungpura, Karawang, Jawa Barat. Ratusan kendaraan roda dua juga terlihat melawati daerah tersebut agar tetap bisa mudik. Namun, dari pantauan di udara akhirnya banyak pengemudi motor yang diputar balik lantaran tak memenuhi syarat dan terbukti ingin mudik. 

Pemerintah memberlakukan larangan mudik pada 6 Mei 2021 - 17 Mei 2021. Hal itu untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus COVID-19. Satgas penanganan COVID-19 tak ingin Indonesia meniru India yang mengalami tsunami COVID-19. 

Tetapi, larangan mudik itu dinilai kurang efektif. Berdasarkan data yang dirilis oleh PT Jasa Marga (Persero) ada 462.560 yang meninggalkan Jadebotabek pada periode 6-12 Mei 2021 atau saat larangan mudik masih diberlakukan. 

Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada 10 Mei 2021 lalu, 3,6 juta orang akan kembali dari kampung halamannya pada H+2 Lebaran atau Minggu, 16 Mei 2021. Lalu, bagaimana padatnya pemudik yang tetap ingin ke kampung halaman meski diputar balik? Berikut beberapa foto yang menggambarkan suasana mudik di malam takbiran. 

1. Pemudik motor tetap nekad mudik meski harus lewati pos penyekatan di Kabupaten Tasikmalaya

5 Potret Warga Nekat Mudik pada H-1 Lebaran, Diputar Balik Deh!Sejumlah pemudik motor memadati di Jalur Selatan Pos penyekatan leter U Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (12/5/2021) dini hari. (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Baca Juga: Jokowi: 18,9 Juta Orang Masih Ingin Mudik

2. Petugas kepolisian mulai memasang pembatas untuk menghalau pemudik motor di Karawang

5 Potret Warga Nekat Mudik pada H-1 Lebaran, Diputar Balik Deh!Foto udara kendaraan pemudik memutarbalik saat melintasi posko penyekatan mudik di Tanjungpura, Karawang, Jawa Barat, Rabu (12/5/2021) dini hari. (ANTARA FOTO/M. Ibnu Chazar)

3. Setelah disekat, pemudik motor terpaksa putar balik kembali ke arah Jakarta

5 Potret Warga Nekat Mudik pada H-1 Lebaran, Diputar Balik Deh!Foto udara kendaraan pemudik memutarbalik saat melintasi posko penyekatan mudik di Tanjungpura, Karawang, Jawa Barat, Rabu (12/5/2021) dini hari. (ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar)

4. Ekspresi kekesalan pemudik motor ketika diminta putar balik di Kedungwaringin, Bekasi

5 Potret Warga Nekat Mudik pada H-1 Lebaran, Diputar Balik Deh!Pemudik menggunakan sepeda motor terjebak kemacetan saat melintasi posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (10/5/2021). (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A.)

5. Kepadatan arus pemotor yang nekat mudik ini tampak ironis dengan spanduk larangan mudik

5 Potret Warga Nekat Mudik pada H-1 Lebaran, Diputar Balik Deh!Pemudik sepeda motor terjebak kemacetan saat melintasi posko penyekatan mudik di jalur Pantura Patokbeusi, Subang, Jawa Barat, Selasa, 11 Mei 2021 dini hari. (ANTARA FOTO/M. Ibnu Chazar)

Baca Juga: Gertak Sambal Larangan Mudik di Tahun Kedua Pandemik

6. Pemudik yang berhasil lolos ke tujuan diwajibkan karantina mandiri oleh pemerintah

5 Potret Warga Nekat Mudik pada H-1 Lebaran, Diputar Balik Deh!Petugas PMI Kabupaten Banyumas melakukan pendampingan dan konseling kepada pemudik yang menjalani karantina di GOR Satria Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Selasa, 11 Mei 2021 (ANTARA FOTO/Idhad Zakaria)

Baca Juga: MTI: Tolak Pengecualian Mudik Atau Cabut Larangan Mudik Sekalian

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya