Comscore Tracker

Acara Syukuran Kemenangan Dipindah dari Monas ke Rumah Prabowo

Mereka beralasan karena menghormati ibadah Jumat Agung

Jakarta, IDN Times - Acara syukuran kemenangan kubu capres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga tak jadi digelar di area Monas pada Jumat (19/4). Konfirmasi itu disampaikan oleh Ketua Umum Persaudaraan Alumni 212 (PA 212) Slamet Ma'arif ketika memberikan keterangan pada Kamis (18/4). 

Menurut Slamet, rencana semula, perayaan kemenangan diawali dengan salat Jumat bersama di Masjid Istiqlal, Jakarta lalu dilanjutkan dzikir di Monas pada malam harinya. Namun, acara itu kemudian dipindahkan ke kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara 4, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

"Saya sampaikan kepada seluruh masyarakat Indonesia yang seyogyanya akan dilangsungkan di (Masjid) Istiqlal dan Monas dipindahkan di tempat ini, rumah Pak Prabowo Kertanegara empat," kata Slamet di kediaman Prabowo. 

Lalu, apa alasan mereka memindahkan acara tersebut ke kediaman Prabowo? Apa hal itu lantaran acara tersebut tidak diberi izin oleh polisi?

1. Salah satu pertimbangan acara dipindahkan demi menghormati umat Kristiani yang merayakan Paskah

Acara Syukuran Kemenangan Dipindah dari Monas ke Rumah PrabowoIDN Times/Amelinda Zaneta

Slamet menjelaskan salah satu alasan mengapa acara dipindahkan ke kediaman Prabowo, karena hari ini merupakan hari besar keagamaan bagi umat Kristiani. Mereka memulai ritual untuk merayakan Paskah. Pada Jumat ini, umat Kristiani akan merayakan wafatnya Isa Almasih. 

Ia mengatakan tidak ingin acara syukuran kemenangan itu malah mengganggu ibadah yang dilakukan umat Kristiani. Apalagi lokasi Masjid Istiqlal berada di depan Gereja Katedral. 

"Agar kita tetap toleransi dengan mereka, ibadah mereka tidak terganggu. Itu salah satu pertimbangan yang diputuskan pada Kamis sore," kata dia. 

Baca Juga: [BREAKING] Prabowo: Saya dan Sandiaga Deklarasikan Kemenangan Pilpres

2. Acara syukuran akan dihadiri oleh Prabowo dan Sandiaga Uno

Acara Syukuran Kemenangan Dipindah dari Monas ke Rumah PrabowoIDN Times/Irfan Fathurohman

Menurut Slamet, acara syukuran pada hari ini akan dihadiri oleh pasangan capres nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga Uno. 

"Pimpinan partai alhamdulilah juga tadi ada informasi tokoh-tokoh agama lain juga akan ikut hadir, akan ikut berorasi dalam rangka syukur kemenangan Indonesia," kata Slamet. 

Rangkaian acara doa dan dzikir bersama akan digelar usai salat Jumat. Setelah itu, akan ada acara yasinan setelah magrib. 

"Jadi, rangkaian acara dimulai dengan salat Jumat berjemaah di (masjid) sekitar Kertanegara. Bisa Masjid Al-Azhar, bisa juga di Masjid At-Taqwa. Setelah itu, kita semua berkumpul di sini sampai dengan selesainya acara. Insya Allah ba'da magrib kita baca yasin bersama dalam rangka nifsyu syaban dengan baca salawat," tutur dia. 

3. Polisi belum menerima surat izin untuk kegiatan di Monas

Acara Syukuran Kemenangan Dipindah dari Monas ke Rumah PrabowoKombes Pol. Argo Yuwono (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Sementara, menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes (Pol) Argo Yuwono pihaknya belum menerima surat pemberitahuan apa pun terkait kegiatan yang semula akan digelar di Monas. Acara itu diberi tema 'Gema Nisfu Syaban' dan digelar sebagai bentuk rasa syukur kemenangan Prabowo dan Sandiaga. 

"Sampai sekarang, kita tadi tanya, saya tanya ke bagian intel. Tentunya suatu kelompok yang mau laksanakan kegiatan itu nanti akan berikan surat ke polisi. Tentunya, itu akan ada diskusi, acara di mana, apakah tempatnya mencukupi atau tdak, nanti berapa jumlahnya, titik awal di mana, kan gitu," kata Argo pada Kamis kemarin. 

4. Prabowo klaim menang dengan raihan suara 62 persen

Acara Syukuran Kemenangan Dipindah dari Monas ke Rumah PrabowoANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Sebelumnya pada Kamis (18/4), Prabowo Subianto kembali mendeklarasikan kemenangannya di pemilu 2019. Namun, kali ini cawapresnya Sandiaga Uno turut mendampingi. Sandi sempat menghilang ketika mantan Danjen Kopasus itu mengumumkan kemenangannya untuk kali pertama. 

"Bahwa saya dan saudara Sandiaga Salahudin Uno mendeklarasikan kemenangan sebagai presiden dan wakil presiden 2019 berdasarkan perhitungan lebih dari 62 persen,” kata Prabowo semalam di kediamannya di Jalan Kertanegara nomor IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

Sebelumnya, Prabowo sudah melakukan sujud syukur usai perhitungan suara sementara versi berbagai lembaga survei kemarin, Rabu (17/4). Dalam kesempatan tersebut Prabowo juga memekikkan takbir beberapa kali sebagai pertanda atas kemenangannya di Pilpres 2019.

Baca Juga: [BREAKING] Prabowo: Saya dan Sandiaga Deklarasikan Kemenangan Pilpres

Topic:

  • Santi Dewi

Just For You