Airlangga Rayakan Idul Fitri: Mari Memaafkan dan Jaga Silaturahmi

Airlangga bakal maju lagi sebagai Ketum Partai Golkar

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, mengucapkan selamat Idul Fitri kepada masyarakat Indonesia. Momen Idul Fitri kali ini agak berbeda bagi Golkar, lantaran dirayakan usai Pemilu Presiden 2024. Karena itu, politikus yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian tersebut mengajak publik saling memaafkan dan mempererat tali silaturahmi. 

"Di hari yang suci ini, mari kita saling memaafkan, mempererat silaturahmi dan menjaga kerukunan bangsa," ujar Airlangga dalam pesan video yang diunggah di akun media sosial Golkar, Selasa (9/4/2024). 

Di akhir video tersebut, Airlangga sempat melempar pantun untuk menyambut hari kemenangan setelah satu bulan menjalankan ibadah puasa Ramadan. "Wajah berseri sambut Lebaran, rayakan Idul Fitri penuh keriangan. Mari sucikan hati dan saling memaafkan, jaga silaturahmi dan sambut kemenangan," kata dia. 

Meski menjalankan ibadah puasa Ramadan, tetapi Airlangga tidak berhenti membuat strategi untuk menghadapi pemilu selanjutnya, yakni pemilihan calon kepala daerah 2024. Rencananya ada 545 daerah yang bakal memilih pimpinannya. 

Baca Juga: Tips Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Berangkat Sebelum Subuh

1. Airlangga undang 1.200 calon kepala daerah untuk terima pengarahan terkait pilkada

Airlangga Rayakan Idul Fitri: Mari Memaafkan dan Jaga SilaturahmiMenko Perekonomian, Airlangga Hartarto. (IDN Times/Amir Faisol)

Airlangga sudah menyiapkan pilkada dari jauh-jauh hari. Salah satunya pada 6 April 2024, Airlangga mengundang ribuan calon kepala daerah untuk datang ke kantor DPP Partai Golkar. 

"Persiapan Pilkada lebih dahulu ini menjadi penting dan kami sudah buktikan di Pemilu 2024 yang lalu.  Sekarang, dengan capaian Pilpres dan Pileg, kami akan siapkan Pilkada," ujar Airlangga kepada seluruh bakal calon dan wakil kepala daerah pada akhir pekan lalu. 

DPP Partai Golkar juga menjelaskan mengenai tahapan yang perlu dilakukan kadernya sebelum resmi diusung menjadi calon gubernur, walikota, atau bupati. Nantinya calon yang hadir di sana akan kembali dijaring melalui hasil survei yang bakal dilakukan lembaga survei yang telah ditentukan. 

Wakil Ketua Umum, Ahmad Doli Kurnia, mengatakan acara ini dihadiri lebih dari 1.000 kader Golkar yang akan berkontestasi dalam Pilkada serentak 2024 di berbagai tingkat, baik kabupaten/kota maupun provinsi.

"Yang kita (undang) 1.102. Tapi, ada nama-nama yang dari pagi sudah nambah. Lebih dari 1.000. Mungkin 1.200, yang kami undang aja udah lebih," ujar Doli. 

Baca Juga: Idrus Anggap Wajar Airlangga Didorong Kembali Jadi Ketum Golkar

2. Bobby Nasution ikut hadir di sesi pengarahan Golkar, jadi kader?

Airlangga Rayakan Idul Fitri: Mari Memaafkan dan Jaga SilaturahmiWali Kota Medan, Bobby Nasution (Dok. Diskominfo Medan)

Salah satu pejabat tinggi yang ikut terlihat hadir di kantor DPP Partai Golkar adalah menantu Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Bobby Nasution. Ia terlihat sudah mengenakan kemeja batik berwarna kuning.

Jurnalis pun penasaran dan bertanya kepada Bobby apakah ia sudah resmi menjadi kader Golkar. 

"Tadi kata Pak Airlangga Hartarto (Ketua Umum Golkar) semua yang di atas itu kader, berarti sudah jadi kader Golkar atau bagaimana?" tanya jurnalis kepada Bobby. 

"Insyaallah," jawab Bobby.

Meski begitu, ia mengaku belum mengantongi Kartu Tanda Anggota (KTA) Golkar.

"Sejauh ini belum," katanya. 

Sementara itu, ketika ditanya apakah ia akan bergabung dengan Golkar dalam waktu dekat. Bobby merespons dengan bercanda. Ia menyebut saat ini memakai batik kuning terlebih dulu.

3. Airlangga siap maju lagi jadi ketua umum Partai Golkar 2024-2029

Airlangga Rayakan Idul Fitri: Mari Memaafkan dan Jaga SilaturahmiMenko Perekonomian, Airlangga Hartarto. (IDN Times/Amir Faisol)

Selain menyiapkan Pilkada 2024, Airlangga juga siap-siap kembali maju sebagai calon ketua umum Partai Golkar periode 2024-2029. Ia pun mulai melakukan safari ke sejumlah ormas di bawah naungan Golkar untuk meminta dukungan politik. Bahkan, ia percaya diri akan dipilih kembali menjadi ketum secara aklamasi. 

"Tentu kami lihat perkembangannya. Insyaallah kami akan terus menyelesaikan tugas-tugas politik ke depan," ujar Airlangga, pekan lalu dikutip dari kantor berita ANTARA

Airlangga menyatakan dukungan dari sejumlah ormas di bawah Golkar merupakan amanah yang harus dijaga. Menurut dia, agenda Golkar jangka pendek, yakni persiapan Pilkada dengan target 60 persen kemenangan.

"Setelah itu, kami Insyaallah akan pertanggung jawabkan di Munas pada bulan Desember nanti," tutur dia. 

https://www.youtube.com/embed/lV_dwKqbHp4

Baca Juga: Bobby Nasution Belum Tentu Diusung Golkar Jadi Cagub Sumut

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya