Bamsoet Buka Sidang Tahunan MPR dengan Pantun, Singgung Koalisi Parpol

Sidang tahunan dihadiri 489 dari 711 anggota MPR dan DPR

Jakarta, IDN Times - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Bambang Soesatyo membuka sidang tahunan MPR RI di ruang rapat paripurna I pada Rabu (16/8/2023),  pukul 09.45 WIB. Ia terlihat tidak mengenakan pakaian adat seperti Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin.

Pria yang akrab disapa Bamsoet itu mengenakan pakaian sipil lengkap berupa kemeja dan jas, serta dilengkapi peci. Bamsoet membuka sidang tahunan dengan melempar pantun.

Dalam pantun itu, politikus Partai Golkar itu sempat menyinggung format koalisi parpol yang masih berubah-ubah jelang pendaftaran capres di Pemilu 2024. 

"Burung perkutut di atas awan, terbang tinggi hinggap di pohon beringin. Terima kasih atas kehadiran tuan dan puan. Walaupun koalisi masih bisa berubah-ubah, melalui sidang tahunan MPR ini mari kita jaga persatuan dan kesatuan," kata Bamsoet membuka sidang tahunan.

Peta koalisi partai politik jelang Pilpres 2024 memang masih dinamis. Partai Golkar, tempat Bamsoet bernaung, baru saja menyatakan dukungn kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai capres di Pemilu 2024.

Selain Golkar, PAN juga menyatakan dukungan serupa. Dukungan Golkar dan PAN itu dideklarasikan di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta Pusat, Minggu (13/8/2023).

Berdasarkan laporan yang diterima dari Sekjen DPR, sidang tahunan diikuti 489 dari 711 anggota MPR, DPR dan DPD. Mereka semua yang hadir telah menandatangani langsung daftar kehadiran.

Ini diprediksi bakal menjadi pidato tahunan terakhir yang disampaikan oleh Bamsoet dan Presiden Jokowi di Senayan. Sebab, diharapkan pidato tahunan pada Agustus 2024 sudah disampaikan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Baca Juga: Jokowi Pakai Baju Adat Tanimbar Maluku di Sidang Tahunan MPR 2023

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Pakai Baju Adat Betawi di Sidang Tahunan MPR 2023

Baca Juga: Tampak Anggun, Sri Mulyani Pakai Kebaya Pink di Sidang Tahunan MPR

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya