Ganjar ke Ciganjur, Yenny Wahid: Tak Bahas Pilpres Cuma Silaturahmi

"Kalau bicara soal politik bukan di depan ibu lah"

Jakarta, IDN Times - Putri Presiden Abdurrahman Wahid, Yenny Wahid membantah dalam kunjungan bakal capres PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo ke kediaman ibunya, Sinta Nuriyah, turut membahas isu Pilpres 2024. Menurut Yenny, Ganjar sekadar bersilaturahmi dan membicarakan politik kebangsaan. 

Gubernur Jawa Tengah itu tiba di Rumah Ciganjur pada Minggu (13/8/2023) malam  sekitar pukul 19.30 WIB. Ganjar langsung terlibat pembicaraan antara Yenny dan Sinta. Pertemuan tersebut baru berakhir sekitar pukul 21.00 WIB. 

"Gak (ada pembicaraan soal isu pilpres). Kami hanya menyambung silaturahmi. Bicara soal hal-hal kekeluargaan maupun isu-isu. Kami malah lebih banyak membicarakan soal kemasyarakatan dengan ibu juga," ungkap Yenny di kediamannya pada Minggu malam kemarin. 

Meski begitu, Yenny tak menampik bisa saja ke depan, ia dan Ganjar bakal membicarakan mengenai isu Pilpres 2024. Namun, momennya tidak di depan sang ibu. 

"Kalau (pembahasannya) mengenai politik praktis, nanti saya dan Mas Ganjar akan mojok sendiri. Akan ada saatnya nanti. Tapi, tidak malam ini," ujarnya. 

Meski begitu, ia belum menyampaikan kapan pembicaraan dengan Ganjar terkait pilpres bakal dilakukan. Apalagi ia memahami bahwa jadwal Ganjar sedang padat lantaran berkeliling Indonesia sebagai bagian dari sosialisasi. 

"Selain itu, kami juga melihat kondisi dan dinamika politik yang sekarang sedang terjadi di Indonesia sampai menjelang pendaftaran nanti," tutur dia lagi. 

1. Relasi keluarga Gus Dur dengan Ganjar sudah dekat sejak lama

Ganjar ke Ciganjur, Yenny Wahid: Tak Bahas Pilpres Cuma SilaturahmiKetua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Yenny Wahid. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Yenny mengatakan bahwa relasi keluarganya dengan Ganjar sudah terjalin sejak lama. Ia sering berkunjung ke kediamannya. Selain itu, ia juga kerap berkunjung saat memperingati hari ulang tahun atau haul Gus Dur. 

"Ya, intinya silaturahmi, sowan kepada Bu Sinta. Beliau sudah mulai banyak masuk di Jakarta. Intinya ingin sowan kepada Bu Sinta. Menyambung hubungan baik yang selama ini memang sudah terjalin," ujar Yenny. 

Ia menambahkan ketika Sinta tengah berkunjung ke Jawa Tengah, Ganjar turut menemuinya. "Jadi, memang sudah ada keakraban, ya. Kami merasa cukup punya kedekatan dengan Mas Ganjar. Beliau sama sekali bukan orang asing," tutur dia lagi.

Selain itu, Yenny mengatakan bahwa keakraban itu terlihat dalam silaturahim malam ini. Menurut Yenny, silaturahim kali ini berjalan sangat cair. Hal ini menandakan hubungan antara Ganjar dan keluarga Gus Dur sudah terjalin sejak lama.

Baca Juga: Dianggap Tak Cocok Jadi Cawapres Anies, Ini Respons Menohok Yenny

2. Sinta Nuriyah ingatkan Ganjar agar amanah dalam tugasnya

Ganjar ke Ciganjur, Yenny Wahid: Tak Bahas Pilpres Cuma SilaturahmiANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Sementara, Sinta menitipkan pesan kepada Ganjar agar selalu amanah seandainya terpilih menjadi pemimpin Indonesia. Selain itu, Ganjar juga harus selalu menjaga kepentingan rakyat. Menurut Sinta, itu petuah yang selalu diajarkan oleh Gus Dur saat masih hidup. 

"Banyak memohon petunjuk dari Allah SWT agar apabila dia terpilih sebagai pimpinan negara, dia selalu amanah. Selalu menjaga kepentingan rakyat, selalu menjaga keadilan dan kemanusiaan itu yang diajarkan Gus Dur," kata Sinta. 

Ganjar juga dinasihati agar selalu mengingat rakyatnya jika ingin menjadi pemimpin. "Ingat yang di bawah, ingat yang di atas itu Tuhan, yang di atas itu Tuhan, yang di bawah rakyat. Itu yang diingat, jangan yang di tengah," tutur dia lagi. 

3. Sinta sempat mencandai Ganjar agar menjaga pola makannya

Ganjar ke Ciganjur, Yenny Wahid: Tak Bahas Pilpres Cuma SilaturahmiKegiatan olahraga Ganjar Pranowo (IDN Times/Istimewa)

Lebih lanjut, Sinta juga sempat berseloroh dan mewanti-wanti Ganjar agar menjaga pola makannya. Gubernur Jawa Tengah itu diminta jangan terlalu banyak makan. 

Sementara, Ganjar mengaku disuguhi beragam makanan khas Solo seperti Selat Solo, Bakso hingga nasi kuning dalam silaturahim ini. Semua makanan yang dihidangkan itu, habis disantap oleh Ganjar.

Baca Juga: Siap Jadi Cawapres, Yenny Wahid Akui Punya Kedekatan dengan Anies

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya