Comscore Tracker

Hadiri Wisuda Anak, Panglima TNI: Kami Bangga Dia Lulusan UGM

Andrew lulus mengambil program double degree di Melbourne

Jakarta, IDN Times - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa terharu menyaksikan putra ketiganya, Andrew Perkasa, berhasil menuntaskan studi program sarjana di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (UGM) pada Rabu, (25/5/2022).

Andrew merupakan lulusan sarjana akuntasi dengan program dual degree. Selama dua tahun terakhir, ia menuntaskan pendidikannya di University of Melbourne. 

Andika hadir di Grha Sabha Pramana bersama sang istri untuk menghadiri wisuda luring perdana di tengah pandemik COVID-19. Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) itu mengikuti proses wisuda dari barisan VIP di sebelah timur. 

Andika mengaku merasa terhormat karena putra ketiganya diwisuda oleh Rektor UGM Panut Mulyono yang segera purna jabatan.

"Kebetulan kan anak saya diwisuda hari ini dan Beliau kan sebagai rektor juga menjabat di hari terakhir. Jadi, kami merasa mendapat kehormatan lah karena legacy dilantik oleh Pak Panut Mulyono," kata Andika kepada media pada hari ini di Yogyakarta.

Ia merasa bangga putranya merupakan lulusan UGM. Sebab, mayoritas keluarganya juga dulu menempuh studi di UGM.

"Jadi, istri saya, dua keluarga besar kami juga banyak yang merupakan anggota Kagama (alumni UGM). Nah, sekarang berarti generasi yang lebih muda menjadi bagian dari Kagama. Makanya, kami merasa bangga," kata dia. 

Apakah usai meraih gelar sarjana, Andrew bakal meniru jejak ayah dan kakeknya berkarier di dunia militer?

1. Andrew Perkasa bakal melanjutkan pendidikan ke jenjang master

Hadiri Wisuda Anak, Panglima TNI: Kami Bangga Dia Lulusan UGMPutra ketiga Panglima TNI, Andrew Perkasa lulus dan meraih gelar sarjana ekonomi dari Universitas Gadjah Mada pada Rabu, 25 Mei 2022. (Tangkapan layar YouTube UGM)

Sementara, ketika ditanya apakah Andrew Perkasa bakal langsung mengikuti jejak langkahnya berkarier di dunia militer, Andika menjawab putranya itu kemungkinan ingin melanjutkan ke program master dulu.

"Sepertinya sih dia ingin ambil (program) master dulu," kata Andika.

Pada kesempatan itu, ia menambahkan bahwa TNI membuka kesempatan yang seluas-luasnya bagi alumni UGM untuk berkarier di dunia militer. Ia menyebut pembukaan pendaftaran menjadi anggota TNI dilakukan setiap tahun. 

"Baru kemarin saya memimpin sidang Pantukhir (Panitia Penentu Akhir) untuk menentukan yang masuk perwira prajurit karier tahun ini. Jadi, kemarin ada sekitar 138 lulusan universitas di seluruh Indonesia yang bergabung ke TNI baik ke matra darat, laut dan udara. Dari UGM juga ada. Jadi, kita terus (buka pendaftaran) setiap tahun," ujarnya.

Baca Juga: Andika Perkasa Masuk Radar Capres 2024 Pilihan NasDem

2. Andrew Perkasa adalah alumni ke-6 dari UGM di keluarga besar Andika Perkasa

Hadiri Wisuda Anak, Panglima TNI: Kami Bangga Dia Lulusan UGMPutra Panglima TNI, Andrew Perkasa meraih gelar sarjana dan bisnis dari Universitas Gadjah Mada pada Rabu, 25 Mei 2022. (Tangkapan layar YouTube UGM)

Sementara, kakek Andrew, AM Hendropriyono, terlihat ikut hadir menyaksikan wisuda bersama Andika di UGM. Ia mengaku bangga karena cucunya berhasil lulus dari kampus bergengsi di Indonesia itu. 

"Andrew adalah alumni ke-6 dari keluarga. Welcome to alumni Universitas Gadjah Mada (UGM). Mengakar, menjulang tinggi," ujar Hendro kepada cucunya itu. 

Hendro sendiri pada 2009 lalu berhasil meraih gelar doktor dari UGM. Dikutip dari situs resmi UGM, Hendro berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul 'Terorisme dalam Filsafat Analitika; Relevansinya dengan Ketahanan Nasional.'

3. UGM meluluskan 1.023 mahasiswa pada hari ini

Hadiri Wisuda Anak, Panglima TNI: Kami Bangga Dia Lulusan UGMPutra ketiga Panglima TNI, Andrew Perkasa lulus dan meraih gelar sarjana ekonomi dari Universitas Gadjah Mada pada Rabu, 25 Mei 2022. (Tangkapan layar YouTube UGM)

Sementara, berdasarkan keterangan dari UGM, pihaknya mengaku melakukan wisuda luring terhadap 1.023 lulusan. Rinciannya yakni 946 sarjana dan 77 diploma. Wisuda pada hari ini menjadi upacara wisuda luring pertama setelah pandemik corona selama dua tahun terakhir.

Rektor UGM Panut Mulyono berharap para lulusan UGM nantinya bisa berkontribusi untuk memajukan perekonomian Indonesia. Apalagi perekonomian nasional mengalami kemunduran usai dua tahun dihajar pandemik COVID-19.

"Kami berharap wisudawan dan wisudawati dapat mengambil peran dalam upaya-upaya yang dilakukan untuk mempercepat laju perekonomian nasional untuk menuju kemakmuran dan kesejahteraan bangsa kita," ujar Panut dalam wisuda pada pagi tadi. 

Baca Juga: Harta Kekayaan Jenderal Andika Perkasa Mencapai Rp179,9 M, Wajarkah?

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya