HUT ke-58, Golkar Bakal Undang Jokowi di Festival Kuning

Golkar bakal minta restu untuk Airlangga maju di 2024?

Jakarta, IDN Times - Partai Golkar bakal merayakan ulang tahun ke-58 dengan menggelar sejumlah rangkaian acara dimulai hari Minggu, 16 Oktober 2022. Puncak HUT bakal digelar pada Jumat, 21 Oktober 2022 berlokasi di JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat. Selain mengundang semua ketua umum partai yang bernaung di bawah Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), Golkar turut melayangkan undangan bagi Presiden Joko "Jokowi" Widodo. 

Ketua Penyelenggara HUT ke-58 Partai Golkar, Mamman Abdurrahman mengatakan, Jokowi bakal hadir untuk memberikan arahan. Bukan merupakan simbol bahwa mantan Gubernur DKI Jakarta itu bakal memberikan restu bagi Airlangga Hartarto di Pemilu 2024. 

"Kehadiran Bapak Presiden itu kan karena beliau Presiden Republik Indonesia. Ya, wajib lah kita undang dan bergabung bersama-sama kita untuk memeriahkan HUT Partai Golkar," ungkap Maman di DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, pada Jumat 14 Oktober 2022 lalu. 

"Terkait doa restu, saya pikir enggak lah. Karena kan kalau di Partai Golkar berdasarkan putusan munas, kami sudah memutuskan Pak Airlangga menjadi capres, dan Pak Airlangga yang bakal mengusulkan calon wakil presiden," tutur dia lagi. 

Lalu, apa saja kegiatan yang bakal digelar untuk memeriahkan HUT ke-58 Golkar?

Baca Juga: Temui Golkar di Monas, Puan: Kita Harus Bersama Membangun Bangsa

1. Golkar berambisi pecahkan rekor MURI dengan jalan sehat yang libatkan 37 DPD

HUT ke-58, Golkar Bakal Undang Jokowi di Festival KuningJumpa pers soal peringatan HUT ke-58 Partai Golkar pada Jumat, 14 Oktober 2022. (ANTARA FOTO)

Lebih lanjut, Maman mengatakan, sebagai bagian dari rangkaian HUT ke-58 Golkar, partai dengan lambang pohon beringin itu bakal menggelar jalan sehat pada Minggu, 16 Oktober 2022. Ia mengatakan, jalan sehat bakal diadakan di 400 titik. 

Sementara, di Jakarta, acara bakal diadakan di Gelora Bung Karno. Titik dimulainya jalan sehat dari Plaza Sudirman pada pukul 07.00 WIB. Acara di Jakarta turut dihadiri Airlangga. 

"Target kami memecahkan rekor MURI dengan jumlah peserta terbanyak di seluruh Indonesia. Hingga saat ini, sudah ada 400 titik penyelenggaraan jalan sehat," kata Maman. 

Rencananya acara jalan sehat, kata Maman, bakal diikuti oleh seluruh kader Golkar di 37 provinsi di 500 kabupaten/kota di Indonesia. "Sebelumnya, Golkar memiliki 34 DPD di provinsi. Namun, karena ada pemekaran di Papua, maka jumlah DPD menjadi 37," tutur dia lagi. 

Ia menambahkan, makna di balik penyelenggaraan jalan sehat secara serentak ini karena ingin menunjukkan spirit kebersamaan yang ingin dibangun oleh Partai Golkar. Selain acara jalan sehat, Golkar juga akan menggelar kegiatan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) di beberapa daerah. 

Baca Juga: PAN Bakal Bertemu KIB di Semarang, Usul Undang Ganjar

2. Golkar bakal gelar konsolidasi nasional pada 20 Oktober

HUT ke-58, Golkar Bakal Undang Jokowi di Festival KuningANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Maman juga menjelaskan bahwa Golkar bakal menggelar tasyakuran dan konsolidasi nasional pada Kamis, 20 Oktober 2022. "Itu bertepatan dengan HUT Golkar. Kami akan konsolidasi bersama 2.000 kader dan anggota fraksi di DPR," kata Maman. 

Sementara, Ketua Steering Committe HUT Golkar, Ace Hasan Syadzily mengatakan, jelang Pemilu 2024 partai dengan lambang pohon beringin itu tentu harus mempersiapkan infrastruktur. Caranya dengan mengkonsolidasikan semua kekuatan. Dimulai dari tingkat kabupaten, provinsi hingga pusat yang menggelar acara jalan sehat.

"Dari kegiatan ini, dapat dilihat sejauh mana infrastruktur Partai Golkar betul-betul memiliki fakta yang nyata. Dan ini sudah bisa terlihat dari kekuatan infrastruktur Partai Golkar hingga kabupaten/kota," ujar Ace di tempat yang sama.

Ia menambahkan, peserta dari kabupaten atau kota yang mengikuti jalan sehat rata-rata sebanyak 300 orang. "Hampir sebagian besar di seluruh pelosok di Indonesia ini sudah ada kekuatan pasukan dalam Partai Golkar. Karena itu, kami meyakini dan optimistis dalam Pemilu 2024, kami akan menang. Kami membuktikan kekuatan politik jelang pertarungan 2024 dengan cara yang elegan," tutur dia. 

3. Airlangga bakal sampaikan pidato politik, sosialisasikan visi-misi KIB

HUT ke-58, Golkar Bakal Undang Jokowi di Festival KuningMenteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam Ngobrol Seru IDN Times. (IDN Times/Fauzan dan Athif Aiman)

Sementara, pada puncak HUT ke-58 Golkar, Airlangga dijadwalkan bakal menyampaikan pidato politik. Ia juga akan menyosialisasikan visi dan misi Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di acara puncak perayaan HUT Golkar.

"Kami harapkan visi misi yang merupakan gagasan dan perjuangan KIB ini juga bisa disosialisasikan oleh seluruh strukur dan anggota partai di seluruh daerah Indonesia," ujar Ace.

Sementara, Maman mengatakan, visi dan misi untuk membuat Indonesia menjadi lebih baik ke depan bakal dikampanyekan juga oleh dua parpol lainnya di dalam naungan KIB.

"Karena bagi kami, kami ingin coba kembalikan bahwa kontestasi pemilihan presiden itu bukan hanya sekadar ingin jadi (presiden). Bukan hanya sekedar ingin memenangkan pertarungan, bukan hanya sekedar maunya, tapi kami mau bicara tentang pengalaman, kapasitas, track record, dan visi besarnya," kata Maman.

Baca Juga: KIB Resmi Dideklarasikan Hari Ini, Tanpa Umumkan Capres yang Diusung

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya