Lagi, Kapal Motor Alami Kecelakaan di Perairan Danau Toba

Satu penumpang belum ditemukan hingga saat ini

Jakarta, IDN Times - Di saat proses pencarian terhadap korban kapal motor Sinar Bangun masih terus berjalan, kecelakaan kembali terjadi menimpa kapal di perairan Danau Toba. Pada Jumat malam (22/6) sekitar pukul 19:30 WIB, kapal motor Ramos Risma Marisi tiba-tiba terdampar di pinggir danau vulkano-tektonik terbesar di dunia itu. 

Menurut informasi dari Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, kapal diketahui mengangkut lima penumpang. Tetapi, usai berhasil terdampar di pinggir danau, kapal itu malah terbawa arus kencang dan berada di tengah danau. Situasi sangat mencekam ketika itu, apalagi lampu kapal dalam keadaan mati, sedangkan cuaca sedang gak bersahabat.

Lalu, apa kah ada korban jiwa dalam peristiwa ini?

1. Kapal gak tenggelam melainkan terdampar

Lagi, Kapal Motor Alami Kecelakaan di Perairan Danau Toba ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

Peristiwa itu bermula pada Jumat (22/6) usai kapal mengantarkan penumpang dari Pelabuhan Sibandang, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara ke Pelabuhan Nainggolan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Total jumlah anak buah kapal yang tersisa ada lima orang yakni Joifan Situmorang, Rahmat Dani, Sahat Simorangkir, Jolom Sipayung, dan Ama Monang Lumban Raja.

Saat kembali dari Pelabuhan Sibandang, lampu kapal mati. Di tengah perjalanan, tiba-tiba kapal menabrak bambu. Ama, si nahkoda, kemudian meminta kepada Joifan dan Rahmat untuk masuk ke dalam air dan mengecek kondisi baling-baling kapal.

"Mereka berdua kemudian mendorong kapal tersebut hingga terdampar hingga ke pinggir danau," ujar Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho melalui keterangan tertulis pada Sabtu pagi (23/6).

Tetapi, begitu telah tiba di pinggir danau, keduanya terbawa arus kencang hingga kembali ke tengah danau.

2. Satu penumpang diketahui masih menghilang

Lagi, Kapal Motor Alami Kecelakaan di Perairan Danau Toba ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

Menurut pengakuan Joifan, keberadaan Rahmat hingga saat ini masih belum diketahui. Ia gak berhasil berenang kembali hingga ke pinggir danau karena mengaku sudah kelelahan.

"Menurut pengakuan saudara Joifan yang berhasil selamat hingga ke pinggir danau, Rahmat tidak bisa menyelamatkan diri karena kelelahan," kata Sutopo.

Ia pun dilaporkan bahwa kapal tidak tenggelam, melainkan terdampar di pinggir Danau Toba.

3. Cuaca di sekitar Danau Toba hujan deras disertai kabut

Lagi, Kapal Motor Alami Kecelakaan di Perairan Danau Toba www.twitter.com/@Sutopo_PN

Mengutip informasi dari kantor berita ANTARA, cuaca di sekitar Danau Toba pada Jumat malam dalam kondisi hujan deras. Selain itu, disertai dengan kabut. Akibat cuaca buruk itu, banyak pengendara kendaraan roda empat yang melintas dari Pelabuhan Tigaras Kabupaten Simalungun menuju Kota Prapatan terpaksa berhenti, gara-gara jarak pandang yang sangat pendek yakni hanya 10 meter.

Proses pencarian terhadap satu anak buah kapal, akan dilanjutkan pada hari ini.

Topik:

  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya